sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

#4 Panduan Lengkap Jalan-jalan Hemat 3 Negara (Singapore, Malaysia, Thailand)

Hal paling sering ditanyakan dari pengalaman traveling adalah soal biaya perjalanan. Apalagi untuk perjalanan 3 negara ini banyak sekali (maksudnya beberapa orang) yang bertanya baik secara langsung maupun di media sosial soal biaya yang perlu dipersiapkan. Dan seperti janji saya di artikel pertama, saya akan buka 'rahasia dapur' mengenai biaya perjalanan saya mengunjungi 3 negara.

Akhirnya sudah sampai di artikel terakhir mengenai trip 3 negara. Sebenarnya untuk biaya trip ke Singapura, Malaysia, Thailand itu relatif murah. Paling tidak jika dibandingkan dengan biaya negara-negara asean lain. Meski semua tergantung style atau gaya perjalanan itu sendiri ya.

Misalnya saja harga open trip 3 negara melalui para travel agent, rata-rata harganya lebih murah dibanding Open Trip ke negara lain. Diluar itu, biaya perjalanan ke 3 negara tersebut memang cukup murah dan sangat mungkin untuk dicari alternatif terhematnya.

Biaya Perjalanan 3 Negara (Singapura, Malaysia, Thailand)

Rincian Biaya Perjalanan Tour 3 Negara (Singapura, Malaysia, Thailand)

Jika kamu termasuk yang masih bertanya-tanya soal biaya traveling mandiri ke Singapura, Malaysia dan Thailand sekali jalan itu perlu biaya yang besar atau tidak, Tenang guys, saya sudah buktikan dengan hanya 2 jutaan saja. Ya, 3x lipat lebih murah dari tour melalui jasa agen yang rata-rata 6 jutaan itu. Sebagai gambaran, berikut rincian biaya perjalanan traveling ke 3 negara saya selama 8 hari 7 malam.

Baca Juga: Trik Perjalanan Darat Paling Murah dari Malaysia ke Thailand

Sebelumnya, mau disclaimer dulu nih. Biaya yang saya rincikan dibawah adalah biaya akomodasi dan transport saja, yang mana menjadi kebutuhan primer kita saat merencanakan atau melakukan perjalanan. Biaya ini belum termasuk makan, jajan dan belanja ya, karena untuk hal itu budget setiap orang akan berbeda-beda dan bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Kemudian, biaya dibawah ini dimulai dari saat berangkat ke negara pertama, tidak termasuk biaya dari rumah ke Airport dan sejenisnya, karena kembali lagi, kebutuhan setiap orang akan berbeda. Contohnya saya, yang tinggal jauh dari Airport, perlu 200 ribu sendiri untuk damri (Sukabumi - Soekarno Hatta) sekali jalan. Mungkin berbeda dengan teman-teman yang tinggal di sekitar jakarta, jabodetabek atau daerah lainnya, ongkos bisa lebih murah atau lebih mahal.

Biaya Trip Mandiri ke 3 Negara ASEAN
Rincian Biaya Perjalanan 3 Negara

Itu dia rincian biaya perjalanan saya mengunjungi 3 negara sekaligus. Totalnya hanya 2 juta lebih sedikit. Berikut untuk penjelasannya.

Tiket Pesawat

Untuk tour kemarin saya melakukan 4x perjalanan dengan pesawat, yaitu dari Jakarta ke Singapura (Rp. 550.000), lalu Johor Bahru ke Penang (Rp. 120.000), Penang ke Kuala Lumpur (Rp. 115.000) dan terakhir Kuala Lumpur ke Jakarta (Rp. 300.000). Total 4x perjalanan tersebut menghabiskan biaya Rp. 1.085.000.

Hotel

Untuk menginap selama 7 malam, saya menghabiskan biaya kurang lebih Rp. 400.000 atau jika dirata-ratakan 55 ribu per malam. Memang iya penginapan di luar negeri semurah itu?

Baca Juga: Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Liburan ke Hatyai

Sebenarnya harga penginapan-penginapan di luar negeri khususnya negara tetangga (kecuali Singapura) tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Mungkin sedikit lebih tinggi tergantung kurs. Tentu saja kamu bisa memilih rate dan tipe paling bawah untuk mendapatkan harga bawah, atau bisa juga di mix. Seperti saya, kadang di dormitory, kadang shared bathroom, kadang juga di hotel beneran. Hehe. Alhamdulillah, tidak ada pengalaman buruk dengan tipe yang berbeda-beda itu, tempatnya nyaman-nyaman saja kok untuk transit. Jangan lupa cari promoan di OTA supaya bisa dapat harga lebih murah.

Transportasi

Biaya transportasi lain yang diperlukan selain pesawat adalah, MRT/Bus keliling Singapura, trasnportasi darat Singapura ke Malaysia, transportasi keliling Malaysia, transportasi darat ke Thailand dan transportasi di Thailand. Untuk semua itu kurang lebih saya habiskan 1 jutaan.

Yang menarik adalah biaya transportasi darat antara negara dari Singapura ke Malaysia dan Malaysia ke Thailand ternyata sangat murah meriah. Bahkan saya tidak menyangka sehemat itu. Dari Singapura hanya perlu naik Bus Antar Negara seharga 2,60 SGD atau setara 30 ribuan. Lalu dari Malaysia (Penang) ke Thailand (Hatyai) dengan kereta cukup dengan 60 ribuan saja. Murah banget, kan?

Biaya Lainnya

Untuk biaya-biaya lain yang tidak saya rinci di atas tetapi perlu disiapkan dalam perjalanan 3 negara antara lain:

  1. Makan dan Jajan; jujur saya tidak menghitung biaya yang saya keluarkan untuk makan dan jajan selama melakukan perjalanan 3 negara kemarin. Apalagi saat di Thailand, street food-nya lumayan membuat saya kalap. Hehehe. Tapi untuk gambaran, harga makanan di Malaysia dan Thailand tidak jauh berbeda dengan Indonesia, seperti untuk menu nasi di Malaysia rata-rata 10-15 RM atau setara 30-50 ribu. Lalu di Thailand makan rata-rata 50-100 baht atau setara 20-40 ribuan. Berbeda dengan Singapura yang sedikit lebih mahal, menu makan rata-rata 75-100 ribuan.
  2. Baca Juga: Panduan Mendaki Gunung Sumbing via Dusun Garung

  3. Oleh-oleh; biaya yang perlu dipersiapkan selanjutnya untuk belanja oleh-oleh. Tentu saja untuk yang ini juga unpredictable ya, sesuaikan saja kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Jangan lupa survey tempat belanja oleh-oleh paling recommended supaya bisa mendapatkan harga lebih murah. Bisa baca di artikel saya sebelumnya untuk tempat belanjaoleh-oleh Singapura, Malaysia dan Thailand.
  4. Kartu Internet; ini termasuk penting sih, dan perlu disiapkan. Meski banyak public area di Singapura dan Malaysia hampir selalu tersedia free wifi, tapi kadang diperlukan dibeberapa tempat yang tidak tercover. Misalnya untuk pesen grab. Untuk kartu internet sudah saya bahas di BAB persiapan, saya menggunakan Digitravel dengan masa aktif 7 hari, harga sekitar 100 ribu (tinggal pake aja).

Penutup

Menghitung dan memperkirakan biaya sangat penting sebelum kita melakukan perjalanan. Apalagi untuk perjalanan ke luar negeri yang memiliki mata uang dan kurs yang berbeda, sudah seharusnya diperhitungkan dengan matang. Pilih alternatif biaya sesuai kemampuan masing-masing. Jangan sampai saat melakukan perjalanan biaya yang dikeluarkan membengkak, tidak sesuai dengan kemampuan dan terlalu memaksakan.

Untuk tour 3 negara sebenernya sudah banyak travel agen yang menyediakan trip ini, biaya juga terbilang murah. Kabar baiknya, untuk perjalanan mandiri bisa diatur agar bisa sehemat mungkin. Bisa cuma setengah harga lho, cocok lah untuk kaum mendang-mending seperti kita. Bagaimana? Sudah siap untuk merencakan trip mandiri ke 3 negara (Singapura, Malaysia, Thailand)?

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga selesai, juga artikel tentang trip 3 negara dari pertama sampai terakhir. Senang bisa berbagi info dengan teman-teman semua. Semoga informasi tentang biaya tour mandiri 3 negara ini bisa menjadi referensi dan memberi gambaran khususnya bagi teman-teman yang akan melakukan perjalanan mandiri ke Singapura, Malaysia dan Thailand dalam waktu dekat. Semoga perjalanannya sukses ya, selamat mencoba!

Posting Komentar

Posting Komentar