sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Silancur Highland, Spot Instagenic Baru di Magelang

Destinasi wisata yang terbilang baru yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Saat menyambangi Jawa Tengah dan mampir ke kota Magelang, saya menyempatkan untuk mengunjungi Silancur Highland.


Silancur Highland, Tempat Wisata Baru di Magelang

Mungkin nama objek wisata ini masih asing untuk sebagian orang, termasuk saya saat itu. Saya mendapat informasi tentang wisata yang satu ini dari salah satu guide lokal yang mana beliau adalah owner penyewaan kendaraan motor di Magelang. Katanya dicoba deh ke Silancur Highland, keren dan tidak banyak yang tau. Tanpa berpikir panjang saya setuju karena kebetulan saya memang lebih tertarik kepada destinasi-destinasi wisata yang tidak terlalu ramai. Kalau disuruh pilih antara Candi Borobudur atau Silancur, tentu saja saya memilih ke Silancur Highland. Padahal saya belum pernah ke Borobudur juga lho, FYI. Hehe.



Tempat Camping dan Spot Sunrise di Lereng Gunung Sumbing

Menurut info yang saya dapat, waktu paling tepat mengunjungi Silancur Highland adalah saat matahari terbit alias sunrise. Untuk itu, jika ingin kesana harus datang pagi-pagi ya. Moment matahari terbit atau sunrise menjadi salah satu daya tarik dari Silancur Highland. Sehingga sebagian besar pengunjung yang datangpun untuk berburu sunrise. Jika beruntung dan cuaca cerah, pengunjung bisa merasakan sunrise yang super cantik di Silancur Highland sangat indah atau biasa disebut Golden Sunrise.

Tempat Instagramable di Kaki Gunung Sumbing
Gambar: Instagram @agil.iqbal

Daya tarik dari Silancur Highland selanjutnya tentu saja panorama dataran tingginya. Kesan pertama sesampainya di lokasi yang akan teman-teman rasakan adalah sejuk banget. Ya, seperti daerah lereng gunung kebanyakan, di sana didominasi perkebunan hijau yang luas membentang. Lokasi dari Silancur Highland sendiri berada di tengah perkebunan. Terdapat lahan yang tidak terlalu luas yang kemudian dibentuk menjadi spot-spot foto.

Silancur Highland Magelang yang Instagramble
Panorama alam di Silancur Highland

Selain pemandangan perkebunan yang sedap dipandang mata, di lokasi juga ada taman bunga yang cantik yang siap menambah keren koleksi foto kita para pengunjung.

Daya tarik dari Silancur Highland yang selanjutnya adalah tempat berkemah yang nyaman. Untuk mendapatkan pengalaman yang lengkap di Silancur Highland emang paling pas dengan berkemah. Di lokasi disediakan lahan berkemah. Dengan berkemah atau camping kita tidak akan ketinggalan moment emas pagi hari di Silancur Highland yaitu sunrise nya.

Silancur Highland Spot Instagenic di Magelang
Tempat Camping. Gambar: Facebook Azis Javanica

Karena saya datang hari kerja saat itu, sehingga tidak banyak pengunjung disana termasuk juga yang berkemah. Malah loket tiketpun tidak ada penjaganya, sehingga kami bebas masuk alias gratis. Hehe.

HTM dan Fasilitas di Silancur Highland

Saya sangat menikmati kunjungan saya ke Silancur Highland. Meski saat itu sunrise tidak datang dengan sempurna, namun tidak mengurangi keindahan pemandangan di sekitar yang sangat mempesona. Gunung Sumbing yang gagah terlihat jelas dari Silancur Highland, dipadukan hijaunya perbukitan dan udara yang segar yang dinikmati pagi itu. Sungguh sesuatu yang tidak ternilai dan tidak bisa didapat di kota.

Silancur Highland Tempat Indah dan Sejuk di Kaki Gunung
View Gunung Sumbing

Meski terbilang destinasi baru, Silancur Highland sudah sangat lengkap secara fasilitas. Ada tempat parkir yang lumayan luas untuk kendaraan roda dua, toilet yang bersih dengan air yang berlimpah dan warung untuk jajan makanan-makanan ringan.

Dengan tiket masuk yang sangat murah yakni Rp. 5000,- /orang, berwisata silancur highland sangat worth it dan sesuai dengan apa yang kita dapat.


Alamat dan Rute Menuju Silancur Highland

Perjalanan menuju Silancur Highland saya mulai lepas shalat subuh dari tempat saya menginap di kota Magelang. Menggunakan kendaraan roda dua, saya dan teman-teman menerobos dinginnya pagi menuju lereng Gunung Sumbing. Dengan hanya mengandalkan maps, dari kota Magelang menuju barat ke arah Bandongan. Setelah sampai pasar Bandongan lurus saja hingga pertigaan Tonoboyo lalu berbelok ke arah Kalegan. Setelahnya kita akan menemukan 1 pertigaan lagi dan ambil arah Mangli. Nah, dari pertigaan yang membentuk Y itu tinggal lurus saja mengikuti jalan.

perjalanan ditempuh sekitar 1 jam dari kota Magelang. Sebenarnya hanya berjarak 18KM saja, namun medan jalan menuju Silancur Highland cukup menantang. Seperti jalanan menuju dataran tinggi pada umumnya, didominasi tanjakan dan turunan serta belokan tajam. Udah gitu minim penerangan. Hati-hati ya.

Alamat lengkap Silancur Highland berada di Dusun Dadapan, Ds. Mangli, Kec. Kaliangkrik, Magelang, Jateng. Tepat di dekat basecamp pendakian Gunung Sumbing via Mangli.

Koleksi foto lain di Silancur Highland
Tempat Berburu Sunrise di Magelang
Info Lengkap Cara Berwisata ke Silancur Highland
Silancur Highland Tempat Menyepi di Kaki Gunung
Silancur Highland Magelang yang Mempesona

Mungkin itu dulu ulasan dari saya tentang destinasi wisata baru yang cantik dan Instagenic di Magelang, Silancur Highland. Semoga bisa menjadi referensi dan memberikan tambahan informasi untuk kawan-kawan yang akan mengunjungi Silancur Highland.

Silancur Highland sangat cocok untuk alternatif wisata jika mengunjungi Magelang ataupun Yogyakarta. Terutama bagi yang senang beraktifitas di alam terbuka dan ingin merasakan nuansa pegunungan jauh dari hiruk pikuk kota. Bukan hanya itu, Silancur Highland juga cocok untuk para fotogtafer maupun model yang senang foto-foto. Setiap sudutnya cantik dan Instagramable banget pokonya.

Budayakan Komentar Setelah Membaca :)

Petualangan Terkait
Zoetami
Travelogger // sharing while doing.
SHARE

Petualangan Lainnya

Subscribe untuk mendapatkan update gratis!

6 komentar

  1. Indah juga ya suasana disana. Bisa lapang menatap dari ketinggian. Ada bambu berbentu jembatan menjulur untuk berfoto, eh seperti di Gunung Sunda ya.

    Btw, jalan-jalan terus ini ya. Asik banget deh...

    Salam bumiblogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indah sekali kang, selain itu seger dan asri banget suasana paginya.
      Salam

      Hapus
  2. Terimakasih teteh buat referensi buat liburannya, next mungkin bisa kunjungi kesini
    salam backpacker

    BalasHapus
  3. Ka, kira-kira ramah anak ga ya semisal mau ikut kemah disana? Thank you sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga teh untuk kemah dengan anak,. Fasilitasnya cukup dan dekat dari parkiran, gak perlu acara trekking dulu.

      Hapus

Posting Komentar