sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

Camping Sunyi di Danau Situ Gunung Sukabumi

Pastinya teman-teman sudah tidak asing bukan dengan wisata Situ Gunung? Ya, tempat wisata yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango ini sudah menjadi primadona wisata di Sukabumi sejak lama. Mendengar namanya, pikiran kita akan langsung tertuju pada suspension bridge atau jembatan gantung fenomenal itu. Tapi, tahukah kamu, di Situ Gunung juga bisa camping lho!

Sebenarnya fasilitas camping atau berkemah sudah ada sejak dulu di area wana wisata Situ Gunung. Namun dulu masih sangat jarang para pengunjung yang mencoba aktivitas ini. Palingan acara-acara kemah bersama dari sekolah saja yang memilih Buper Situ Gunung. Mungkin karena kurangnya promosi, penataan dan tentu saja kalah dengan daya tarik wisata lain disekitarnya seperti danau dan air terjun.

Camping Situ Gunung Sukabumi

Informasi Lengkap Tentang Camping di Danau Situ Gunung

Lahan camping di Situ Gunung itu ada beberapa, ada bumi perkemahan biasa dan juga lahan camping glamping. Malahan sekarang nambah lagi lahan glamping sepaket dengan jembatan gantung khusus untuk pengunjung yang enggak mau ribet. Tapi, namanya glamour camping harganya juga tidak murah ya, sesuai dengan kenyamanan yang didapat.

Terus kalau mau yang murah bisa gak? Tenang, bisa dong. Buat teman-teman yang ingin camping ceria di alam situ gunung, kalian bisa coba camping di area sekitar danaunya. Dengan peralatan sendiri, biaya camping di danau situ gunung pastinya lebih murmer.

Baca Juga: Camping AKhir Pekan Seru dan Menantang di Bukit Bodogol Sukabumi

Mungkin banyak yang baru tau kalau ternyata bisa camping di area danau situ gunung. Soalnya lokasi ini belum lama dibuka untuk umum, yang awalnya terkenal di kalangan lokal saja. Sekarang, kalau weekend, lokasi itu dijamin penuh dengan wisatawan camping lokal maupun dari luar kota. Memang, suasana sejuk dan hening di lokasi danau ini menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi, Rute dan Akses Menuju Situ Gunung

Informasi lokasi, rute dan akses menuju Situ Gunung sudah pernah di bahas di artikel panduan mengunjungi jembatan Situ Gunung. Patokannya adalah alun-alun cisaat. Dari arah Jakarta atau Kota Sukabumi dan Bandung bisa menuju Cisaat terlebih dahulu. Stasiun terdekat adalah stasiun Cisaat.

Tersedia angkutan umum sampai pintu masuk, yaitu angkot trayek Cisaat - Kadudampit (warna merah), naiknya dari pasar cisaat. Atau kalau ingin lebih simple lagi sih menggunakan taxi atau ojek online.

HTM dan Fasilitas

Untuk menikmati suasana camping yang syahdu di Danau Situ Gunung, pengunjung akan dikenakan biaya 35.000/orang. Tapi biasanya ada biaya tambahan di pintu masuk Wana Wisata Situ Gunung 18.500/orang (kalau sore atau malam sudah tidak ada petugas, jadi biasanya masuk gratis). Untuk biaya camping yang 35 ribu itu dibayar di lokasi camping kepada pengurusnya langsung (warga setempat yang punya warung), jadi tidak dibayar di depan pintu masuk ya, dan tidak mendapat karcis. Tapi parkir dilokasi Insyaa Allah aman.

Camping di danau Situ Gunung ini ramah anak dan lansia, karena kendaraan roda dua bisa sampai lokasi camping. Jadi tidak perlu treking-treking dulu. Selain itu terdapat fasilitas toilet dan mushola yang bisa diakses 24 jam.

Malam di Camping Ground Danau Situ Gunung
Malam di Camping Ground Danau Situ Gunung

Daya Tarik Camping di Situ Gunung

Camping di danau Situ Gunung ini sangat cocok untuk penyegaran dari penatnya aktifitas sehari-hari. Berada di kaki Gunung Gede dengan hutan yang rimbun disekelilingnya, camping disini menawarkan suasana yang adem dan segar. Jika malam hening dan dingin. Siapkan pakaian tebal ya. Selain itu karena cukup jauh dari pemukiman disini tidak ada signal. Pokonya cocok untuk menyepi dan healing.

Baca Juga: Cara Tour 3 Negara dengan Budget Akomodasi 2 juta!

Danau berkabut akan menjadi pemandangan syahdu di pagi hari. Jika cerah, bisa juga melihat dua gunung kembar yaitu Gede dan Pangrango dibalik rimbunnya hutan.

Pemandangan Danau Situ Gunung di Pagi Hari
Pemandangan Danau Situ Gunung di Pagi Hari

Penutup

Berkemah tidak pernah salah, selalu bisa menjadi alternatif yang menyenangkan menikmati alam dengan cara yang lain. Jika bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja, camping bisa menjadi pilihan.

Berkemah di danau Situ Gunung bagi saya adalah pengalaman yang menyenangkan. Tempatnya yang nyaman dan fasilitas yang memadai membuat camping jadi seru, apalagi jika datang beramai-ramai dengan teman, pasangan atau keluarga, tempatnya kids friendly juga. Berminat untuk coba?

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga selesai. Senang bisa berbagi info dengan teman-teman semua. Semoga informasi tentang camping di danau Situ Gunung ini bisa menjadi referensi khususnya bagi teman-teman yang ingin camping di sekitar Sukabumi. Selamat mencoba dan rasakan kesegaran camping di danau Situ Gunung!

Posting Komentar

Posting Komentar