sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

Malaysia ke Thailand via Darat (Mudah dan Murah)

Malaysia dan Thailand merupakan dua negara yang memiliki perbatasan darat yang cukup luas. Dengan jarak yang tidak begitu jauh antara satu sama lain, kedua negara ini memiliki ikatan sejarah dan ekonomi yang kuat.

Sama hal seperti Singapura ke Malaysia, melintas dari Malaysia ke Thailand juga hal yang umum terjadi. Banyak orang melakukan perjalanan ini untuk tujuan bisnis, kunjungan keluarga dan tentu saja untuk liburan. Transportasi darat dari Malaysia ke Thailand menawarkan berbagai pilihan yang memudahkan perjalanan antar kedua negara tersebut.

Malaysia ke Thailand via Darat

Perbatasan Darat Malaysia Thailand

Setidaknya ada 7 Border atau pintu perbatasan antar negara Malaysia dan Thailand, namun 3 titik berikut menjadi perlintasan perbatasan utama yang digunakan oleh wisatawan dan penduduk lokal untuk melakukan perjalanan antar kedua negara ini. Berikut informasi mengenai 3 titik perbatasan Malaysia dan Thailand paling populer.

7 Pintu Perbatasan Malaysia - Thailand
7 Border Malaysia - Thailand

1. Bukit Kayu Hitam (Malaysia) - Sadao (Thailand)

Lokasi:

  • Bukit Kayu Hitam terletak di Kedah, Malaysia.
  • Sadao terletak di Provinsi Songkhla, Thailand.

Fasilitas:

  • Pintu masuk utama untuk perjalanan darat dari utara Malaysia ke Thailand.
  • Pemeriksaan imigrasi dan bea cukai dilakukan di kedua sisi perbatasan.
  • Terdapat pusat perbelanjaan bebas bea cukai di sekitar perbatasan.

Baca Juga: Cara Mudah dan Murah dari Singapura ke Malaysia, Cukup 25 Ribu Aja

2. Padang Besar (Malaysia) - Padang Besar (Thailand)

Lokasi:

  • Padang Besar di Malaysia terletak di Perlis.
  • Padang Besar di Thailand terletak di Provinsi Songkhla.

Fasilitas:

  • Salah satu titik perlintasan tengah antara Malaysia dan Thailand.
  • Pemeriksaan imigrasi dan bea cukai dilakukan di kedua sisi perbatasan.
  • Terdapat stasiun kereta api internasional yang menghubungkan Malaysia dan Thailand.

3. Wang Kelian (Malaysia) - Wang Prachan (Thailand)

Lokasi:

  • Wang Kelian terletak di Perlis, Malaysia.
  • Wang Prachan terletak di Provinsi Satun, Thailand.

Fasilitas:

  • Titik perlintasan selatan yang kurang populer dibandingkan dengan dua yang lain.
  • Pemeriksaan imigrasi dan bea cukai dilakukan di kedua sisi perbatasan.
  • Area perbatasan yang melibatkan perpaduan hutan dan pegunungan.

Pilihan Transportasi Darat PP Malaysia - Thailand

Transportasi darat dari Malaysia ke Thailand menawarkan berbagai pilihan yang memudahkan perjalanan antar kedua negara tersebut. Rute perjalanan darat dapat diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi, bus, van, atau kereta api. Setiap opsi memiliki keunggulan dan kelemahanannya masing-masing.

1. Malaysia - Thailand via Bus

Menggunakan bus dari Malaysia ke Thailand (atau sebaliknya) bisa menjadi pilihan tepat karena berbagai kemudahan. Salah satunya adalah terdapat banyak perusahaan bus yang menyediakan rute antara Malaysia dan Thailand. Namun kekurangan menggunakan bus tentu saja karena ketidakpastian diperjalanan seperti disebabkan macet dan kendala lainnya.

Rute bus yang melayani perjalanan Malaysia - Thailand PP ada di beberapa kota berikut.

  • Malaysia: Kuala Lumpur, Malacca, Johor Bahru, Negeri Sembilan, Ipoh.
  • Thailand: Sadao Check Point, Hatyai, Dan Nok.

Untuk ongkos dari rute-rute di atas berkisar 200-400 ribuan. Pembelian tiket bisa datang langsung ke terminal pilihan atau booking online via aplikasi seperti Redbus, easybooking atau sejenisnya.

2. Malaysia - Thailand via Kereta

Cara kedua adalah menggunakan jasa kereta. Keuntungannya biasanya dalam hal kenyamanan. Perjalanan kereta selalu lebih menyenangkan dan didukung fasilitas yang nyaman. Selain juga sangat mendukung efektivitas waktu karena perjalanan kereta cenderung tepat waktu dan lebih cepat.

Baca Juga: Panduan Naik MRT di Singapura Untuk Pemula

Untuk kekurangannya adalah rute yang terbatas. Seperti dari Malaysia ke Thailand hanya Border Padang Besar yang menyediakan perpindahan angkutan kereta antar negara. Stasiun antar negara bernama Stasiun Padang Besar. Berikut rute perjalanan menuju Thailand dari kota-kota di Malaysia.

Kuala Lumpur - Padang Besar

Jika berangkat dari Malacca, Negeri Sembilan, Kuala Lumpur dan Ipoh, gunakan ETS Intercity yang berangkat dari stasiun KL Sentral sampai Padang Besar (perbatasan).

ETS Intercity Kuala Lumpur - Padang Besar
ETS Intercity Malaysia (Kuala Lumpur - Padang Besar)
  • Rute: KL Sentral, Kuala Lumpur, Rawang, Tanjung Malim, Kampar, Batu Gajah, Ipoh, Kuala Kangsar, Taiping, Bukit Mertajam, Sungai Petani, Gurun, Alor Setar, Anak Bukit, Arau, Padang Besar.
  • Jadwal: 6 kali perjalanan perhari dengan tarif mulai 76 - 101 MYR atau sekitar 300 ribuan (tergantung kelas dan jarak) dengan lama perjalanan sekitar 7 jam.

Butterworth - Padang Besar

Rute ini menggunakan KTM Komuter Utara yang berangkat dari stasiun Butterworth sampai ke stasiun Padang Besar. Stasiun Butterworth adalah stasiun terdekat jika kamu berangkat dari Penang. Tentunya kalau dari Penang, kamu perlu keluar pulau dulu menggunakan ferry atau Jetty dengan tarif 1,20 MYR ke Stasiun Butterworth.

KTM Komuter Utara Malaysia
KTM Komuter Utara Malaysia
  • Rute: Butterworth, Bukit Tengah, Bukit Mertajam, Tasik Gelugor, Sungai Petani, Gurun, Kobah, Alor Setar, Anak Bukit, Kodiang, Arau, Bukit Ketri, Padang Besar.
  • Jadwal: 18 kali perjalanan perhari mulai dari pukul 5:20 sampai 21:30 (setiap jam). Tarifnya 11.40 MYR dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.

Padang Besar - Hatyai

Kereta Padang Besar - Hatyai adalah salah satu rute kereta menuju Thailand yang berangkat dari perbatasan Malaysia. Perjalanan hanya 2 kali perhari (PP) yaitu pukul 09:00 dan 15:45 (GMT +7). Kereta ini akan berhenti di Stasiun Hatyai, province Songkhla, Thailand Selatan. Perjalanan dari Padang Besar hanya sekitar 1 jam saja, dengan tarif 50 Baht atau setara 20.000 rupiah.

Kereta Padang Besar - Hatyai
Kereta Padang Besar - Hatyai

Padang Besar - Bangkok

Selain tujuan Hatyai, Thailand Selatan, kereta dari Padang Besar juga tersedia untuk tujuan ke Bangkok. Perjalanan hanya satu kali perhari dengan lama perjalanan 15 jam 50 menit. Salah satu rute kereta terpanjang di Asia Tenggara.

Baca Juga: Itinerary Wisata Hatyai, Thailand Selatan

Karena perjalanan yang panjang, tipe seat dari kereta ini dibuat sleeper supaya perjalanan lebih nyaman. setiap pasang kursi dilipat dengan gaya tempat tidur susun untuk membuat tempat tidur atas dan bawah. Tempat tidur atas dapat diakses melalui tangga logam pendek. Setiap tempat tidur memiliki tirai privasinya sendiri serta bantal, seprai, dan selimut. Cukup nyaman meskipun mungkin akan sedikit bising dari penumpang lain di malam hari karena sekitar 40 orang akan berbagi gerbong yang sama. Tersedia fasilitas toilet di ujung gerbong yang bisa di akses 24 jam.

Kereta Padang Besar Bangkok
Kereta Sleeper Padang Besar - Bangkok (Gambar: thaitrainguide.com)

Kereta sleeper Padang Besar - Hatyai ini dibandrol dengan tarif sekitar 450 ribuan. Setiap harinya berangkat dari Stasiun Padang Besar pukul 16:40 dan dijadwalkan tiba di stasiun Krung Thep Aphiwat Central Terminal Station, Bangkok sekitar pukul 07:30 keesokan harinya.

3. Malaysia - Thailand via Van

Selain dua pilihan diatas (bus dan kereta), Malaysia ke Thailand juga bisa diakses dengan menggunakan angkutan van atau minibus. Angkutan ini bisa kamu temukan di Penang, berupa mobil Hi-ace atau kadang mobil fortuner. Rutenyapun cukup bervariasi, mulai tujuan Hatyai, Songkhla, Krabi, Koh Lipe, Koh Phangan, Koh Samui, Satun, Trang, Phuket.

Kamu juga bisa mix van dengan kereta, semisal kamu sudah berada di perbatasan dan ketinggalan kereta ke Hatyai atau jadwal kereta berikutnya masih lama, kamu bisa menggunakan van dari Padang Besar ke Hatyai. Tarifnya sekitar 60-100 baht.

Penutup

Thailand, dengan kekayaan budayanya yang unik, keindahan alam yang memukau, dan keramahan penduduknya, menjadi destinasi populer bagi wisatawan dari seluruh dunia. Bagi para pelancong yang berada di Malaysia, menjelajahi Thailand melalui jalur darat adalah pengalaman yang menarik dan penuh petualangan.

Salah satu rute utama untuk perjalanan darat dari Malaysia ke Thailand adalah melalui perlintasan Bukit Kayu Hitam di Malaysia dan Sadao di Thailand, atau perlintasan Padang Besar.

Dengan persiapan yang matang serta pengetahuan yang memadai tentang rute dan pemilihan transportasi yang sesuai kebutuhan, perjalanan darat dari Malaysia ke Thailand dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan penuh petualangan.

Catatan

Berikut beberapa kesimpulan atau poin penting yang bisa dirangkum dari cara melintas dari Malaysia ke Thailand.

  • Rute paling mudah dan murah Malaysia - Thailand, adalah rute Penang, Malaysia ke Hatyai, Thailand cukup dengan 65.000 saja. Pertama naik Ferry ke Butterworth dengan tarif 1,20 RM (Rp. 5000) sekitar 10 menit (tiap jam ada). Dari Butterworth Naik KTM Komuter ke Padang Besar dengan tarif RM 11.40 (Rp. 40.000) sejauh 168.8km atau sekitar 2 jam (tiap jam ada - 18 trip per hari). Cap imigrasi di gedung yang sama. Lalu terakhir Dari Padang Besar Naik kereta api SRT tarif 50 Baht (Rp. 20.000) sejauh 41km atau sekitar 1 jam (2x per hari).
  • Rute lain bisa menggunakan BUS, tersedia dari hampir semua wilayah Malaysia tujuan Thailand Selatan. Tarif 200-400 ribuan.
  • Terdapat perbedaan waktu antara Malaysia dan Thailand. Waktu di Penang, Malaysia = GMT +8, Padang Besar, Malaysia = GMT +8, Padang Besar, Thailand = GMT +7, Hatyai, Thailand = GMT +7. Jadwal keberangkatan kereta mengikuti zona waktu masing-masing.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga selesai. Senang bisa berbagi info dengan teman-teman semua. Semoga informasi tentang tata cara melakukan perjalanan darat dari Malaysia ke Thailand bisa menjadi referensi, khususnya untuk teman-teman yang akan melakukan perjalanan darat Malaysia - Thailand dalam waktu dekat. Selamat bertualang, jangan lupa selalu mengikuti peraturan setempat, menjaga keamanan, dan membuat kenangan indah selama perjalanan.

Posting Komentar

Posting Komentar