sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Pengalaman Pakai by.U - Provider Digital yang Serba Gampang

Mungkin kamu pernah mendengar tentang provider baru bernama by.U yang sedang menjadi perbincangan hangat dikalangan netizen terutama para milennial. by.U memang menyasar para anak muda atau Gen Z sebagai calon pelanggannya karena membawa inovasi baru dalam dunia operator seluler.

Inovasi seperti apa sih? Bagi yang baru mendengar nama by.U silakan disimak ya, karena saya akan coba mengulas sekaligus berbagi pengalaman menggunakan by.U beberapa waktu belakangan ini.



Review Provider by.U

Apa itu by.U?

Baru dirilis sekitar akhir tahun 2019, maka wajar jika belum semua kalangan mengenal provider satu ini. Saya sendiri pertama mendengar tentang by.U dari salah seorang teman ditengah obrolan santai. Katanya ada provider keluarga Telkomsel yang unik banget, kartunya dianterin ke rumah dan bisa pilih nomor sendiri. Kederangannya menarik namun belum ada niatan untuk mencobanya saat itu. Seiring waktu, karena semakin sering mendengar dan melihat iklan maupun mendapat rekomendasi, akhirnya saya kepincut juga untuk mencobanya.

Semuanya serba digital. Mulai dari pembelian kartu, pembayaran kartu hingga penerimaan kartu dilakukan dengan online dan melalui aplikasi lho. Tidak ada lagi ceritanya harus datang ke counter untuk beli kartu atau beli kuota. Dengan by.U, sambil rebahan pun jadi! Sesuai dengan taglinenya "Semuanya Semaunya".

by.U merupakan provider serba digital pertama di Indonesia. Semua aktivitas dilakukan melalui aplikasi, baik itu membeli nomor, pulsa, atau kuota. Tidak perlu mendatangi counter atau gerai untuk mendapatkannya.

Cara Mendapatkan Kartu by.U

Buat kamu yang penasaran mau coba, berikut saya jelaskan langka-langkahnya. Prosesnya simple banget dan bisa langsung selesai dalam 5 menit.

1. Download Aplikasi by.U

Untuk yang ingin mencoba menggunakan provider by.U bisa langsung request kartu perdana by aplikasi. Caranya tentu saja dengan download aplikasi by.U terlebih dahulu. Sudah tersedia di PlayStore maupun AppStore kok. Atau untuk memudahkan, langsung klik ya download aplikasi by.U.

Aplikasi by.U di PlayStore
Download aplikasi di Playstore

Setelah aplikasi terinstal, langsung saja dibuka. Klik Lanjutkan atau bisa juga klik Lewati.

Tampilan Aplikasi by.U
Tampilan awal aplikasi by.U
Tampilan Aplikasi by.U

2. Membeli Paket Data / Kuota

Pada tahap awal dalam proses memesan kartu, kita harus membeli paket internet terlebih dulu yang akan disertakan ke kartu kita ketika aktif nanti. Oh ya sebelumnya kamu harus daftar member dulu ya, bisa dengan email atau facebook. Untuk paket internet sendiri jangan khawatir, paket tersedia dari harga paling rendah yaitu hanya Rp. 9.000,- saja. Harga maximal adalah Rp. 50.000 dengan kuota yang sebanyak 10GB dan masa aktif kartu 30 hari sejak kartu diaktifkan.

Daftar Paket Kuota Provider by.U
Paket Kuota 1
Daftar Paket Kuota Provider by.U
Paket Kuota 2
Daftar Paket Kuota Provider by.U
Paket Kuota 3
Daftar Paket Kuota Provider by.U
Paket Kuota 4

3. Tambahkan Topping (Opsional)

Setelah memilih paket utama, kamu juga bisa menambahkan variasi paket internet lain yang disebut topping. Macam makanan saja ya. Penamaan ini juga merupakan bentuk marketing yang unik. Topping ini berupa tambahan kuota seperti kuota khusus Youtube, Instagram, WhatsApp ataupun lainnya. Ada juga pilihan paket telpon dan pulsa yang tersedia di topping.

Pada tahap ini topping bersifat opsional ya, jadi tidak wajib kok. Kalau ingin beli paket utama dulu silahkan dilanjutkan. Kalau saya pribadi sih ingin merasakan pengalaman nikmat dan maximal ya dalam mencoba si provider kekinian ini, jadi kasih topping yang banyak ahhh.

4. Memilih Nomor

Nah ini bagian paling penting dalam proses request kartu by.U. Layaknya saat kita datang ke konter pulsa, kita akan dihadapkan pada pilihan nomor kartu virtual di layar ponsel. Ada 4 nomor yang akan muncul di layar, dan nomor tersebut akan otomatis berganti setiap 5 menit. Kalau berharap nomor cantik, silahkan tunggu tampilan me-refresh ya. Atau kalau dirasa ada yang cocok atau males nunggu, langsung pilih aja deh.

Memilih Nomor di Aplikasi by.U
Memilih Nomor

5. Memilih Metode Pengiriman

Selain pemesanan kartu yang online, hal lain yang menjadi pembeda antara by.U sebagai provider serba digital adalah proses penerimaan kartunya. Ada 2 pilihan yang bisa dipilih yaitu diantar atau diambil. Sebagai generasi rebahan yang mageran, sudah pasti pilih opsi pertama dong. Apalagi pengantarannya tidak dipungut biaya alias gratis (Pulau Jawa).

Tapi jika teman-teman kebetulan sedang keluar rumah dan lewat counter atau boot by.U mungkin bisa pilih opsi kedua, supaya kartu pun lebih cepat diterima. Namun disini saya asumsikan teman-teman memilih opsi pertama seperti yang saya pilih, Sim Card Diantar. Ketuk untuk memilih kemudian kita akan disuruh mengisi alamat pengiriman berupa nama, nomor handphone dan alamat.

Pilihan Pengantaran Kartu by.U
Pilihan penerimaan kartu
Pilihan Pengantaran Kartu by.U
Isi data diri

6. Metode Pembayaran

Langkah berikutnya sekaligus yang terakhir dari proses permintaan kartu by.U adalah pembayaran. Layaknya sedang berbelanja online, metode pembayarannya cukup beragam. Bisa melalui transfer bank atau virtual account, kartu kredit, dompet digital dan minimarket.

Pilihlah metode pembayaran yang diinginkan. Kalau untuk pengalaman saya kemarin, saya melakukan pembayaran dengan dompet digital LinkAja.

Pilihan Pembayaran by.U
Pilihan Pembayaran by.U
Pilihan Pembayaran by.U

7. Pembelian Berhasil

Kalau semua proses diatas sudah dilakukan, artinya pembelian atau perminataan nomor by.U sudah berhasil. Selanjutnya tinggal nunggu pak kurir ketuk pintu deh.

Pembelian Kartu by.U Berhasil
Pembayaran dan pembelian berhasil
Pembelian Kartu by.U Berhasil

Kita juga bisa melacak kiriman melalui applikasi by.U lho. Wah lengkap banget ya!

Melacak Kiriman via Aplikasi by.U
Melacak kiriman melalui aplikasi by.U

Setelah menunggu seminggu lamanya, akhirnya pak kurir datang mengetuk pintu. Lumayan lama ya, katanya sih keselip. Mentang-mentang paketnya kecil. Yowis yang penting sudah ditangan, selanjutnya yuk mari kita buka.

Satu bundle berisi kartu perdana seperti biasanya. Packaging yang super simple yaitu berupa sebuah amplop kecil yang didominasi warna biru, hijau dan orange, warna-warna yang mungkin bisa menggambarkan jiwa anak muda yang bebas serta enerjik. Hal unik yang pertama adalah tidak terdapat nomor handphone tertera pada packaging, karena nomor kita sudah tersimpan di aplikasi.

Isi Amplop Paket by.U
Isi dari paket amplop by.U

Terdapat kartu sim 4G dalam amplop yang sudah siap dalam bentuk macro maupu micro alias tidak perlu dipotong lagi. Yang unik lagi adalah terdapat SIM ejector yang disertakan pada bundle. Benda ini kelihatan remeh tapi penting banget karena berfungsi untuk memasukkan kartu ke dalam ponsel. Lumayan kan tidak perlu beli. Baru kali ada provider yang ngasih SIM ejector gratis.

Sim Ejector dari by.U
SIM Ejector

Cara Aktivasi Kartu by.U

Oke, langsung saja kita lanjut ke cara registrasi sim card by.U yang sudah siap digunakan ini. Seperti sudah disinggung diatas, semua aktivitas by.U dilakukan dari aplikasi, termasuk juga mengaktifkannya.

Buka aplikasi by.U lalu klik Aktifkan SIM.

Aktivasi Kartu Perdana by.U

Tahapan aktivasi ini sangat simple dan gampang banget. Seperti layaknya aktivasi kartu perdana biasa, kita harus menyiapkan nomor KTP dan KK (kartu Keluarga). Bedanya, ini tidak melalui SMS melainkan aplikasi. Setelah mengisi data yang dibutuhkan dan submit, selanjutnya kita akan diminta menunggu sampai aplikasi masuk ke halaman utama by.U.

Aktivasi Kartu by.U
Isi data
Aktivasi Kartu by.U
Tunggu beberapa saat
Aktivasi Kartu by.U
Halaman utama

Kita juga akan menerima pesan melalui SMS ketika kartu sudah berhasil di aktifkan.

Aktivasi Kartu by.U
Notifikasi melalui SMS

Jangan lupa restart dulu handphonenya ya sebelum digunakan supayan jaringan lebih optimal.

Koneksi dan Kecepatan

Selain dari segi kemudahan, aspek lain yang bisa dijadikan tolak ukur dalam melihat sebuah provider baik atau tidak tentu kestabilan koneksinya. Sependek pengalaman saya mencoba provider by.U selama kurang lebih 1 minggu belakangan, tidak ada kendala berarti yang dihadapi. Bahkan saya merasa jaringan by.U ini sangat baik sekali jika dibandingkan dengan provider saya sebelumnya. Karena jaringan by.U ini milik Telkomsel yang merupakan salah satu provider dengan jaringan yang dapat diandalkan, jadinya koneksinya stabil banget.

Saya coba test di beberapa kesempatan untuk melihat kecepatan by.U.

Kecepatan Jaringan by.U
Kecepatan terendah selama dilakukan test
Kecepatan Jaringan by.U
Kecepatan tertinggi selama dilakukan test

Sangat bagus bukan? Dimana kecepatan terendahnya saja sudah termasuk lumayan. Test itu saya lakukan disekitar tempat tinggal saya di pusat kota Sukabumi. Kerennya, kecepatan tertinggi yang berhasil saya capture diatas saya lakukan malam hari sekitar pukul 8 malam. Masih jam-jam sibuk aktivitas orang di internet, tapi udah kayak speed tengah malem aja ya!

Yang paling gokil dan mencengangkan yaitu ketika saya coba melakukan speed test kecepatan internet di kampung halaman yang berjarak lebih kurang 60 KM dari pusat kota Sukabumi. Kalau lagi mudik biasanya males sama koneksi yang bikin mumet, jadi tidak bisa kerja. Pas pakai by.U, hasilnya...

Kecepatan Jaringan by.U
Wuzzzz.. masih ngebut juga

Memang koneksi dan kecepatan itu akan tergantung lokasi dan koordinatnya. Jadi, hasil koneksi dan kecepatan tidak akan selalu seperti saya saya capture diatas. Namun dari beberapa percobaan bisa saya simpulkan bahwa rata-rata koneksi by.U ini sangat stabil.

Harga

Agak risih sih kalau harus membanding-bandingkan harga. Karena gimana ya, harga alias norminal akan berbanding lurus dengan kualitas. Kadang harga murah tapi kualitas kurang memuaskan, kan untuk apa. Sebaliknya kalau kualitas bisa diandalkan meski dengan harga yang lumayan tinggi akan worth it saat menggunakan. Nah untuk si by.U ini dengan kualitas dan kecepatan bagus, harganya pun bisa dibilang sangat bersaing.

Belum lagi ada tambahan beragam topping yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan berbeda. Kamu jadi bisa memilih untuk membeli kuota yang benar-benar dibutuhkan saja. Untuk cek kuota tinggal buka aplikasinya, super simple kan?

Topping

Ini adalah variasi yang cukup asik dan unik. Kalau kuota utama habis, kita bisa membeli paket sesuai kebutuhan budget. Kuota khusus ini disebut dengan Topping. Pilihannya sangat lengkap seperti topping khusus Facebook, Instagram, Youtube, Twitter sampai khusus Spotify dan Joox pun ada.

Untuk cara menambah kuota topping ini langsung saja masuk ke aplikasi dan klik Beli Topping.

Fitur Topping di Aplikasi by.U
Pilih Paket Internet yang di inginkan

Fitur Tambahan Seru di Aplikasi by.U

Selain fitur utama yang sudah saya buka tadi. Ada lagi fitur tambahan yang cukup menarik perhatian.

1. Promo Referral

Fitur yang paling saya suka nih. Biasanya suka nemu di aplikasi booking hotel atau transportasi, eh di by.U ada juga. Rewardnya lumayan lho, dapat kuota 2GB setiap 1 orang yang mendaftar melalui link refferal kita.

Promo Aplikasi by.U
Promo Referral

Kalau teman-teman mau berbaik hati untuk download melalui referral milik saya bisa klik melalui link ini ya.

2. MIXtape

Fitur yang tidak kalah unik dan anak muda banget yaitu ada fitur MIXtape yang fungsinye memutarkan lagu. Playlistnya berganti tiap hari dan pastinya up-to-date dong.

Fitur Mixtape di App by.U
Fitur MIXtape

Mungkin hanya itu saja review tentang provider di Indonesia by.U sesuai pengalaman saya pribadi. Kesimpulannya, by.U ini sangat saya rekomendasikan untuk yang mencari kuota berlimpah dengan harga bersaing dan didukung koneksi yang stabil.

Kalau bicara kemudahan yang ditawarkan, untuk saya pribadi by.U ini juara banget. Terutama karena tidak perlu repot keluar rumah atau datang ke gerai untuk membelinya. Dan sebagai orang yang berkecimpung di dunia teknologi, saya pun tidak mengalami kesulitan berarti saat melakukan semua aktivitas yang serba mobile dan digital ini

Tapi tidak selalu demikian, untuk sebagian kalangan terutama yang awan dan gagap akan teknologi mungkin hal itu bisa menjadi sebuah kekurangan.

Mohon maaf jika ada salah kata dari tulisan review saya ini. Jika ingin menambahkan atau ada pendapat yang berbeda bisa komentar dibawah ya.

Petualangan Terkait
Zoetami
Travelogger // sharing while doing.
SHARE

Petualangan Lainnya

Subscribe untuk mendapatkan update gratis!

4 komentar

  1. Banyak hal baru saya temukan dari byU ini, seperti pembelian perdananya yg on line, harga kuota yang murah dan ada toping-toping.
    Saya saat ini memakai simpati-telkomsel, yang notabene seperusahaan dg byU, tapi harga kuota di byU ini lebih murah kalau saya bandingkan.

    Jadi, akan pindah ke provider byU atau sekarang sudah full menggunakan byU, Teh?

    Salam bumiblogger,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sekarang sih masih menggunakan By.U dan mulai nyaman kang :) Apalagi kecepatannya yang sangat lumayan utk saya yang keseharian sangat butuh koneksi untuk kerja.

      Salam bumiblogger

      Hapus
  2. Kalo isi ulang bisa seperti kartu biasa kan ya?

    BalasHapus
  3. Wahhhhh... Jadi pengen pindah

    BalasHapus

Posting Komentar