sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

Singapura ke Malaysia via Darat (Mudah dan Murah)

Menyebrang dari Singapura ke Malaysia atau sebaliknya adalah hal yang umum terjadi, mengingat kedua negara ini berdekatan dan memiliki ikatan sejarah yang kuat. Banyak orang melakukan perjalanan ini untuk tujuan bisnis, kunjungan keluarga dan tentu saja untuk liburan.

Ya, setiap hari ada banyak turis yang melakukan perjalanan antara 2 negara ini, tidak terkecuali para turis asal Indonesia, biasanya mereka yang sedang melakukan perjalanan tour 3 negara.

Cara Murah dari Singapura ke Malaysia via Darat

Perjalanan Darat dari Singapura ke Malaysia

Meski dari Singapura ke Malaysia hanya perlu 1 jam penerbangan. Namun perjalanan darat antara ke-2 negara ini sangat populer dan lebih banyak dipilih. Tentu saja karena jarak yang tidak terlalu jauh antara ke-2 negara ini yang paling tidak hanya perlu 6-8 jam perjalanan darat untuk menjangkau pusat kota Malaysia (Kuala Lumpur) dari pusat kota Singapura, begitupun sebaliknya.

Selain karena jaraknya yang relatif dekat, pilihan transportasi yang beragampun andil besar dan menjadi nilai plus dalam mempermudah perjalanan darat antar ke-2 negara tetangga ini. Banyak opsi transportasi umum yang bisa di pilih seperti naik bus ataupun kereta. Tarifnyapun beragam, bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Untuk efektifitas waktu, ada cara yang bisa dipakai untuk perjalanan darat dari Singapura ke Malaysia, yaitu menggunakan bus langsung menuju Kuala Lumpur, ibukota Malaysia. Tarifnya sekitar 300-500 ribuan (tergantung operator bus yang dipilih).

Beberapa operator bus dari Singapore - Malaysia (dan sebaliknya) antara lain: Billion Stars, City Express, Cityline Global Pte Ltd, Eltabina Express, Golden Coach Express, KKKL Singapore, Sri Maju Group, Star Qistna, Starmart Express, Super Nice Grassland, The One Travel & Tours, Transtar Xtras.

Untuk lokasi naik dan turun penumpangpun ada banyak sekali tergantung operator bus yang dipakai. Kalau di Indonesia hanya akan turun dan naik di terminal tujuan dan yang disinggahi, disana tidak. Jadi harus dipastikan tidak salah lokasi.

Untuk lokasi naik dan turun penumpang di Singapura yaitu di Beach Road, Boon Lay, Bugis MRT Exit D, Concorde Shopping Centre (Havelock MRT Exit 5), Downtown East (Pasir Ris), Golden Mile Complex, Golden Mile Tower, Grantral Mall (Macpherson), Jurong East (Venture Ave No:5 Bus Bay), Katong V Mall, Katong V Mall (Village Hotel Katong), Kitchener Complex (Lavender MRT), Kovan Hub 206, Lavender MRT, Little India, Our Tampines Hub, The Plaza.

Baca Juga: 1 hari di Singapura Bisa Kemana Aja? Cek Yuk Rutenya Biar Searah!

Sedangkan lokasi naik dan turun penumpang di Malaysia ada di Terminal Bersepadu Selatan (TBS / terminal utama di kuala lumpur), KL Sentral, Berjaya Time Square, 1 Utama Shopping Centre (1U Bus Terminal), Ancasa Hotel, Klang Sentral, Kuala Selangor, Petronas Petrol Station (After Sungai Besi Toll), Plaza Berjaya, Sabak Bernam, Sekinchan, Sungai Besar, Tanjung Karang, Terminal Shah Alam.

Dengan harga yang agak pricey, direct bus Singapore - Malaysia ini jarang dipilih. Kecuali oleh mereka yang memang sedang mengejar waktu dan ingin simple saja. Sedangkan untuk mereka yang ingin menekan biaya, lebih sering menggunakan cara lain, yaitu dengan estafet. Caranya adalah transit di perbatasan wilayah Malaysia bagian Johor. Yuk simak caranya!

Singapura - Johor Bahru via Bus

Dari Singapura ke Malaysia naik bus menjadi alternatif yang paling banyak dipilih untuk menuju Johor Bahru (perbatasan Malaysia - Singapura). Cara ini mungkin lebih populer dibandingkan kereta, sehingga ada banyak bus yang melayani rute ini tergantung dari lokasi keberangkatan di Singapura. Rutenya antara lain sebagai berikut:

1. MRT Kranji - Johor Bahru

Lokasi pertama untuk naik bus ke Malaysia dan yang paling mudah adalah dari stasiun MRT Kranji, bisa naik bus SBS dengan nomor 170 atau 170X, atau bus Causewaylink dengan nomor CW1. Tarifnya hanya sekitar SGD1,5 dengan pembayaran ez-link (kalau cash lebih mahal 1SGD biasanya). Kalau dikonversi ke rupiah sekitar 20-25 ribuan. Bus ini akan mengantar penumpang dari MRT Kranji sampai JB Sentral Check Point melewati Woodland Check Point.

2. Resort World Sentosa - Johor Bahru

Lokasi selanjutnya untuk naik bus ke Johor Bahru yaitu bisa dari Resort World Sentosa atau lebih dikenal dengan Universal Studio Singapore. Dari RSW menuju Johor Bahru bisa menggunakan bus Transtar Cross-Border dengan nomor TS8 yang berangkat tiap jam. Harga tiketnya SGD 7 cash dan SGD 6 memakai Ez-Link. Bus ini juga akan mengantar penumpang dari RSW dan berhenti di JB Sentral Check Point.

3. Queen Street - Johor Bahru

Selanjutnya ada bus yang start dari Queen Street Singapura yaitu dengan bus Causewaylink nomor CW2 (kalau yang dari kranji tadi CW1 ya). Harganya sekitar 5SGD atau kalau dikonversi ke rupiah sekitar 50 ribuan lebih. Berbeda dengan bus CW1 yang hanya mengantar sampai JB Sentral Check Point, bus CW2 ini akan mengantar penumpang hingga terminal utama di Johor Bahru yaitu Terminal Larkin.

Baca Juga: Panduan Mendaki Gunung Ciremai dari Jakarta atau Bandung Pake Kendaraan Umum

4. Bandara Changi - Johor Bahru

Dari lokasi airport atau bandara ada juga lho bus yang langsung menuju ke perbatasan Malaysia (Johor Bahru Check Point). Bisa menggunakan bus Transtar Cross-Border dengan nomor TS1. Untuk naik bus ini bisa dari terminal 2 dan 4, jika mendarat di terminal 1 atau 3 bisa pakai skytrain menuju terminal 2 dulu. Untuk tarifnya sekitar 10 SGD atau kurang lebih 100 ribuan.

Itulah beberapa pilihan bus dari Singapura untuk menuju perbatasan atau JB Sentral Check Point melewati Woodland Check Point. Selain dengan bus, bisa juga menggunakan kereta, simak infonya berikut ini:

Singapura - Johor Bahru via Kereta

Cara mudah dan murah ke Malaysia dari Singapura yaitu menggunakan kereta. KTMB Shuttle Tebrau adalah kereta yang melayani rute antar negara antara Malaysia dan Singapura. Kereta ini berhenti di stasiun JB Sentral dan Stasiun Woodland di Singapura. Tarifnya adalah 5SGD dari Singapore (Woodland) dan 5RM dari Malaysia (JB Sentral). Karena perbedaan kurs, tarifnya jadi lebih murah kalau dari Malaysia, ya.

Jika berangkat dari Singapura, untuk menggunakan kereta ini bisa menuju Woodland Check Point terlebih dahulu, caranya hampir sama seperti diatas yaitu menggunakan bus dulu, bisa dari MRT Kranji, MRT Woodland atau daerah lain di Singapore. Yang perlu diketahui adalah stasiun MRT Woodland berbeda dengan stasiun kereta KTMB di Woodland checkpoint, meskipun sama-sama bernama woodland. Dari stasiun MRT woodland perlu naik bus dulu dengan no 856 tujuan Woodland Check Point.

Setibanya di Woodland Check Point, naik ke lantai 2 untuk menemukan stasiun KTMB Woodland. Beli tiketnya lalu urus imigrasi keluar Singapura dan masuk Malaysia. Karena tiket seringkali habis di hari H, lebih baik memesan online via website KTMB yaitu https://shuttleonline.ktmb.com.my/Home/Shuttle.

Singapura to Malaysia via Bus
Website KTMB Shuttle Tebrau

Untuk jadwalnya sendiri lumayan banyak, lebih dari 10 perjalanan PP setiap hari. Yaitu di mulai pukul 8 pagi dari Singapore dan 5 pagi dari Malaysia, ada setiap jam hingga pukul 23:00.

Keuntungan dari naik kereta adalah saat di imigrasi. Karena imigrasi kereta ini khusus, sehingga tidak terlalu antri seperti imigrasi bagian bus. Sedangkan kekurangannya harga yang relatif lebih mahal dengan waktu tempuh yang hanya 5 menit saja.

Baca Juga: Pemula Harus Baca! Panduan Naik MRT di Singapura (Cara Bayar, Rute, Tarif)

Johor Bahru - Kuala Lumpur

Baik menggunakan bus atau kereta, semua penumpang akan berhenti di JB Sentral (kecuali bus dari Queen Street finis di terminal larkin). JB Sentral adalah pusat kegiatan ekonomi dan transportasi antar negara yang ada di Johor Bahru.

Malaysia ke Singapura naik Kereta
JB Sentral

Jika tujuan kamu adalah ibukota Malaysia yaitu Kuala Lumpur, kamu masih perlu lanjut perjalanan menggunakan bus atau pesawat. FYI, pesawat dari Johor Bahru lebih ekomonis dibanding langsung dari Singapura, sehingga cara ini lebih sering dipilih. Tarif pesawat lokal Malaysia sekitar 200-500 ribuan aja, atau bahkan lebih murah jika sedang promo.

Jika menggunakan pesawat maka selanjutnya perlu menuju Bandara International Senai dengan menggunakan bus AA, tarif dari JB Sentral yaitu 8RM atau sekitar 25.000 rupiah. Enaknya naik pesawat gak sampe sejam sudah sampai di Kuala Lumpur International Airport. Sedangkan kalau naik bus perlu 4-6 jam perjalanan lagi. Jika akan menggunakan BUS, dari JB Sentral menuju Terminal bus Larkin dan lanjut bus menuju Kuala Lumpur. Tarif bus ke KL termurah dari 100 - 250 ribuan. Masih jauh lebih murah daripada bus langsung Singapura - Kuala Lumpur, bukan?

Penutup

Jika menggunakan bus langsung dari Singapura ke Malaysia penumpang perlu menyiapkan paling sedikit Rp. 350.000,-, sedangkan dengan transit di perbatasan bisa menekan biaya hampir setengahnya. Wajar jika cara ini sering dipilih oleh para penumpang terutama para wisatawan, tidak terkecuali turis-turis dari Indonesia.

Memang sih lebih banyak effort yang dikeluarkan seperti waktu yang panjang dan tenaga extra karena harus naik turun transportasi. But everyone have a choice. Melintasi perbatasan negara akan tetap menjadi pengalaman yang mengasyikan sekaligus mendebarkan. Kalau kamu mau coba cara yang mana?

Semoga informasi tentang cara mudah dan murah melintasi perbatasan Singapura dan Malaysia ini berguna untuk teman-teman semua. Terutama yang akan melakukan perjalanan lintas negara dalam waktu dekat. Selamat mencoba ya!

Posting Komentar

Posting Komentar