sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

Panduan Lengkap Liburan ke Ujung Genteng Sukabumi

Selain pilihan wisata alam, Sukabumi juga terkenal dengan wisata baharinya. Garis pantai yang membentang di selatan Sukabumi menjadikan daerah ini memiliki destinasi wisata pantai yang beragam dan terkenal akan keindahannya. Sebut saja pantai di Palabuhan Ratu, Ciletuh Geopark dan Ujung Genteng.

Bagi teman-teman yang menyukai wisata Pantai, Sukabumi adalah pilihan yang tepat. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Jabodetabek, kamu bisa menikmati keindahan pantai yang memesona di Sukabumi. Beberapa pantai-pantai terindah di Sukabumi ada di Ujung Genteng.

Panduan Lengkap Wisata ke Ujung Genteng

Info Lengkap Wisata Ujung Genteng (Lokasi, Rute, Akses, Penginapan, Destinasi)

Mungkin masih banyak yang salah mengira kalau Ujung Genteng ini merupakan nama pantai, yang padahal adalah nama wilayah. Untuk pantai-pantainya memiliki nama-nama sendiri yang berbeda. Di artikel ini saya akan bahas lebih lengkap seputar wisata Ujung Genteng, mulai dari rute kendaraan, penginapan dan akomodasi, harga tiket masuk, destinasi, berikut daya tariknya.

Rute dan Akses Menuju Wisata Ujung Genteng Sukabumi

Ujung Genteng terletak di Kabupaten Sukabumi. Akses dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan elf dari Kota Sukabumi maupun dari kota Palabuhan Ratu. Elf dengan jurusan Ciracap.

Kendalanya ketika sudah tiba di lokasi mungkin akan sedikit kesulitan mengexplore wisata-wisata pantai yang jaraknya lumayan berjauhan. Jadi, untuk memudahkan aktivitas wisata dan supaya lebih puas mengexplore saya sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja.

Jika teman-teman datang dari arah Jabodetabek dan Bandung rute menuju Ujung Genteng bisa mengakses jalan provinsi menuju Cibadak. Dari Cibadak masuk ke jalur menuju Warung Kiara, sama hal seperti arah ke Palabuhan Ratu dan rute ke Geopark Ciletuh. Yang membedakan nanti di daerah Bagbagan (jembatan kuning). Kalau mau ke Geopark, beberapa meter setelah jembatan kuning belok kanan ke jalur trans loji, sedangkan kalau ke Ujung Genteng lurus saja mengikuti jalan.

Ikuti jalan sekitar 25KM, nanti akan melewati perkebunan teh dan sampai ke pertigaan Kiara Dua. Di pertigaan belok kanan menuju arah Jampang Kulon. Ikuti jalan terus karena jaraknya masih sekitar 50KM dan masih akan melewati beberapa kecamatan (Waluran, Jampang Kulon, Surade, Ciracap).

Destinasi dan HTM

Destinasi wisata di Ujung Genteng didominasi wisata pantai. Tapi ada juga wisata perbukitan dan air terjun. Untuk pengalaman wisata yang lebih lengkap, saya akan merekomendasikan wisata searah yang bisa dijadikan rekomendasi itinerary ketika berkunjung ke Ujung Genteng.

Curug Cikaso

Searah jalan ke atau dari Ujung Genteng, kamu bisa mampir dulu ke wisata air terjun Cikaso. Lokasinya berada di Desa Ciniti, Kec. Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43172. Tepatnya setelah melewati kecamatan Jampang Kulon arah Ujung Genteng, belok dipertigaan sebelum terminal Surade. Mengikuti maps cukup akurat kok.

Curug Cikaso menjadi salah satu air terjun terindah di Sukabumi. Berjejer 3 air terjun indah yang terbentuk dari aliran sungai Cikaso. Kalau debit air sedang besar air terjun ini sangat menakjubkan.

Untuk mencapai Curug Cikaso, pengunjung harus melakukan treking ringan dari parkiran selama sekitar 15 menit melalui jalur setapak yang aman. Tapi tenang saja, jika malas jalan, kamu bisa menggunakan perahu kayu menyusuri sungai cikaso selama 5 menit saja dengan tarif sekitar 60.000/kapal (negoitable).

Untuk tiket masuknya sendiri cukup murah hanya dikenakan 5 ribu perorang, ditambah motor 10 ribu dan mobil 20 ribu rupiah.

Pantai Karang Gantungan

Beranjak dari Curug Cikaso, destinasi selanjutnya yang bisa disinggahi sebelum ke Ujung Genteng adalah Pantai Karang Gantungan. Beberapa waktu lalu destinasi ini cukup populer di kalangan para wisatawan, khususnya wisatawan lokal.

Ya, sejujurnya akses menuju destinasi ini masih cukup membingungkan karena medan cukup sulit, sehingga disarankan datang dengan guide lokal. Lokasinya berada di Jl. Surade - Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dari terminal surade lanjut ke arah Ujung Genteng. Setelah melewati Komplek Satrad TNI AU, perhatikan persimpangan ke arah kiri menuju jalan setapak berbatu. Nah, untuk ke Pantai Karang Gantungan masuk kesana menyusuri jalanan berbatu (kendaraan roda empat tidak direkomendasikan).

Villa Asabaland

Jika ke Pantai Karang Gantungan terlalu membingungkan, kamu bisa melipir ke wisata sampingnya saja, yaitu Villa Asabaland. Sesuai namanya lokasi ini merupakan bekas vila tua yang sudah terbengkalai dan tidak digunakan lagi. Lokasi vila yang langsung mengarah ke samudera lepas membuat lokasi ini sangat disukai karena memiliki pemandangan yang indah.

Lokasi villa tidak jauh dari persimpangan jalan ke karang gantungan tadi, lurus saja melewati jembatan panjang cikarang dan beberapa meter kemudian akan ada plang besar berikut gerbang bertuliskan Asabaland. Masuk ke Gerbang tersebut menyusuri bekas jalanan vila sejauh 500 meter hingga tiba di portal vila yang dijaga oleh warga setempat. HTM motor 10 ribu dan mobil 20 ribu.

tempat ini cocok untuk ngaso, istirahat sejenak dalam perjalanan menuju Ujung Genteng. Lokasi yang adem karena banyak pohon kelapa cocok untuk gelar tikar dan membuka perbekalan yang dibawa dari rumah. Di lokasi juga ada pedangan kelapa muda kalau mau cari yang segar-segar sambil menikmati pemandangan laut yang indah.

Pantai-pantai Ujung Genteng

Lepas dari Asabaland, jarak menuju tujuan utama kita yaitu Pantai Ujung Genteng semakin dekat, hanya sekitar 10KM lagi. Lanjut lurus sampai menemukan pertigaan dan sampai deh. Pas pertigaan kita sebenarnya sudah tiba di salah satu pantai di Ujung Genteng, sebut saja Pantai Ujung Genteng karena tepat di plang ini.

Pantai disini tipe pantai karang, bukan pantai pasir. Cocok untuk dijadikan tempat main air karena lokasi ombak yang jauh ditengah.

Seperti sudah saya infokan di awal kalau pantai-pantai di Ujung Genteng itu ada banyak dengan namanya masing-masing. Selain pantai tadi, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pantai Cibuaya

Dari lokasi pertigaan belok kanan menyusuri jalanan tanah dan pasir sejauh kurang lebih 3KM. Sebelum masuk ke wilayah Cibuaya, akan melewati portal dan membayar HTM 5 ribu perorang.

Pantai Cibuaya terkenal dengan pantainya yang aman untuk berenang, bahkan paling direkomendasikan karena keamanannya. Tetap perhatikan sekitar ya, kalau ombak sedang ganas jangan nekat untuk berenang.

Di sekitar lokasi Pantai Cibuaya terdapat banyak penginapan mulai dari losmen sampai hotel. Juga terdapat banyak warung-warung kelontong dan warung makan. Jadi lokasi cukup strategis untuk stay menurutku.

2. Pantai Pangumbahan (Penakaran Penyu)

Menjelang sore, kamu bisa mengunjungi pantai lain di Ujung Genteng yaitu Pantai Pangumbangan. Disini adalah tempat konservasi penyu. Kamu bisa melihat proses penyu bertelur sampai pelepasan tukik (anak penyu). Proses pelepasan tukik ini ada jam operasionalnya yaitu setiap pukul 5 sore dan setiap weekend.

Pantai Pangumbahan tidak cocok untuk berenang, karena ombak yang sangat ganas. Sekedar foto-foto dan menikmati sunset sangat indah disini. Tiket masuknya adalah 5 ribu perorang dan parkir motor 5 ribu, mobil 10 ribu.

3. Pantai Muara Cipanarikan

Pantai indah dengan pasir putih membentang yang ada di Ujung Genteng adalah Pantai Muara Cipanarikan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Pangumbahan atau penakaran penyu.

Selain pantai-pantai diatas sebenarnya masih banyak pantai lain yang ada di Ujung Genteng namun dengan akses dan penunjuk yang belum ramah wisatawan (harus didampingi warga atau guide lokal) seperti Pantai Ombak Tujuh, Pantai Cikepuh, Pantai Tenda Biru dan lainnya.

Penginapan

Info selanjutnya mengenai akomodasi atau penginapan. Di sepanjang garis pantai Ujung Genteng berjejer penginapan-penginapan tipe losmen atau homestay yang bisa dipesan on the spot. Untuk lokasi saya merekomendasikan di daerah Cibuaya.

Penginapan-penginapan tersebut biasanya tidak ada di OTA. Harga berkisar 150 - 500 ribu tergantung kapasitas. Jika tidak high session, pesan on the spot lebih direkomendasikan karena bisa nego di tempat. Tapi kalau sedang musim liburan jangan harap dapat murah ya, selain mahal pilihannya juga tidak banyak karena biasanya full booked.

Jika butuh informasi mengenai penginapan-penginapan atau homestay saya akan berikan kontak lokal yang bisa mencarikan penginapan sesuai keinginan dan budget.

Kang Azzam:

Kalau mencari pengianpan sekelas hotel dan resort juga ada di Ujung Genteng. Teman-teman bisa cek di OTA kesayangan kamu saja ya.

Penutup

Pantai Ujung Genteng menjadi destinasi wisata pantai terjauh yang ada di Sukabumi. Dari pusat kota Sukabumi saja jaraknya kurang lebih 100KM dengan perjalanan sekitar 5 jam non stop. Namun meski cukup jauh, keindahan Ujung Genteng tidak bisa didapatkan di pantai-pantai lain yang ada di Sukabumi.

Pantai Ujung Genteng mungkin tidak segemerlap pantai di kota-kota lain. Tidak cocok untuk hedon. Lokasinya yang berada di perkampungan membuat pengunjung lebih berasa mudik sambil liburan. Selain berwisata, disana bisa berbaur dengan warga lokal, membeli ikan dari nelayan setempat dan aktivitas menyenangkan lainnya.

Meski berada diperkampungan, kalau soal keindahan alamnya jangan ditanya, sangat memesona. Dari pantai pasir putih yang indah hingga hamparan sawah dan pegunungan yang menakjubkan, Ujung Genteng menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Dengan infrastruktur yang semakin baik dan promosi wisata yang intensif, diharapkan Ujung Genteng dapat terus menjadi destinasi wisata yang banyak dimintai wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar kota.

Itulah ulasan mengenai wisata Ujung Genteng. Semoga artikel ini memuat banyak informasi yang bisa dijadikan referensi khususnya bagi teman-teman yang berencana liburan ke Ujung Genteng Sukabumi. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga selesai. Senang bisa berbagi info dengan teman-teman semua.

Posting Komentar

Posting Komentar