sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Offroad Seru ke Bukit Bodogol Camping Ground Sukabumi

Menghabiskan libur akhir pekan dengan berkemah selalu menjadi pilihan yang asyik setelah kesibukan seminggu penuh yang melelahkan. Mencari lokasi pegunungan yang sejuk dan indah seringkali dilakukan oleh para camper yang ingin mencari suasana baru saat weekend tiba.

Jika hendak menghabiskan akhir pekan dengan berkemah, mungkin bisa mencoba campground yang satu ini, Bukit Bodogol. Salah satu tempat camping yang berada di perbatasan Bogor - Sukabumi ini menambah panjang daftar tempat camping di sekitar Bogor sampai Sukabumi. Tempat camping ini masih terbilang baru sehingga belum banyak yang tahu, namun akhir-akhir ini mulai naik daun berkat para camper yang membagikan pengalaman seru camping disana melalui media sosial.

Bukit Bodogol Campground Sukabumi

Camping dengan Suasana Berbeda di Bukit Bodogol Sukabumi

Ada banyak sekali tempat camping di Sukabumi. Selain dengan nuansa bukit dan pegunungan, ada juga tempat camping dengan suasana sungai atau riverside, camping samping kendaraan atau campervan sampai camping pinggir pantai. Untuk Bukit Bodogol sendiri menawarkan pengalaman camping dengan nuansa pegunungan dan pemandangan indah khas perbukitan.

Lokasi, Rute dan Akses Menuju Bukit Bodogol

Bukit Bodogol secara administratif berada di wilayah Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Kp.Nangerang, Desa. Benda, Kec. Cicurug, Kab. Sukabumi. Kurang lebih 8KM dari exit toll Cigombong atau dari perbatasan Sukabumi - Bogor. Karena lokasinya yang berada dekat perbatasan, sehingga tempat ini menjadi buruan para camper bukan hanya dari Sukabumi namun juga dari Bogor dan Jakarta.

Dari exit toll Cigombong bisa mengakses jalan Hawai Benda dan Jalan Anternatif Tenjoayu - Manggis untuk menuju Bukit Bodogol Camping Ground. Kalau masih bingung bisa pakai maps ya.

Rute Menuju Bukit Bodogol Camp Ground
Rute Menuju Bukit Bodogol Camp Ground

Yang perlu menjadi perhatian adalah akses jalan menuju Bukit Bodogol Campground masih banyak yang rusak. Selain itu, jalanan juga melewati perkampungan sehingga agak sempit. Selepas melewati kampung terakhir atau beberapa kilometer menjelang sampai lokasi, pengunjung akan disuguhkan jalan tanah dan bebatuan yang cukup menyulitkan. Terlebih jika hujan, siap-siap deh kendaraan ngesot dan mandi lumpur. Kendaraan trail dan 4x4 sangat direkomendasikan untuk kesana.

Jalur Menuju Bukit Bodogol Sukabumi
Setelah menjajal Trek ke Bukit Bodogol nih!
Cara Menuju Bukit Bodogol Sukabumi
Kaya gini jalurnya (dari kampung terakhir)

Semoga terus ada pembenahan dari pengurus juga perhatian dari pemerintah setempat untuk kemajuan tempat ini. Harapannya jika fasilitas semakin baik, pengembangan tempat wisata inipun semakin maksimal.

HTM dan Fasilitas

Untuk menikmati suasana camping yang asyik di Bukit Bodogol pengunjung hanya dikenakan biaya 25.000/orang. Sudah termasuk lahan camping, parkir aman dan toilet yang bisa diakses 24 jam. Namun sebaiknya booking terlebih dahulu jika hendak kesana melalui contact pengurusnya. Berhubung lahan camping yang tidak terlalu luas yang paling tidak hanya muat 20-30 tenda saja. Takutnya kepenuhan kalau weekend.

Contact Bukit Bodogol Campground: 0812-8304-3163 / 0857-2080-0014

Suasana malam disana lumayan dingin karena berada di kaki gunung. Lokasinya berdekat dengan PPKA Bodogol (Pusat Pelatihan Konservasi Alam) di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Pengunjung atau camper yang sedang camping di Bukit Bodogol bisa sekalian berkunjung ke PPKA untuk forest trekking, menikmati alam sekaligus belajar mengenai berbagai macam satwa salah satunya hewan endemik Owa Jawa yang banyak berkeliaran disana. Ada paket khusus yang disediakan oleh pengurus camping ground Bodogol, yaitu dengan cukup mebayar 50.000 saja untuk berkunjung ke PPKA Bodogol (tarif normal 75.000).

Daya Tarik Bukit Bodogol Sukabumi

Meski harus menempuh jalan yang tidak mudah, setelah sampai kesana semua kelelahan akan terbayar. Bicara soal pesonanya, Bukit Bodogol ini menawarkan keindahan yang luar biasa. Di area camping yang tidak terlalu luas tersebut, pengunjung bisa mendirikan tenda menghadap lembah-lembah hijau dengan pemandangan hampir 360 derajat, yaang jika malam hari pemandangan lembah akan berubah menjadi pemandangan gemerlap lampu kota yang tidak kalah indah. Disana juga sangat memungkinkan untuk pengunjung yang ingin berkemah dengan kendaraannya atau sering disebut dengan istilah campervan.

Campervan di Bukit Bodogol Sukabumi
Campervan
Bukit Bodogol Camping Ground Sukabumi
Area Camping Ground Bukit Bodogol

Selain bisa camping dengan nyaman, pemandangan pagi di Bukit Bodogol juga sangat indah memanjakan mata. Jika cuaca cerah, pemandangan sunrise serta 2 gunung penopang Sukabumi yakni Gunung Gede Pangrango dan Salak terlihat jelas dari sana. Juara deh pokoknya!

Sunrise Bukit Bodogol Sukabumi
Good Morning
Suasana Pagi di Bukit Bodogol Sukabumi
Sunrise Bukit Bodogol dari balik Gunung Gede
Daya Tarik Bukit Bodogol Sukabumi
Gunung Salak yang Tertutup Kabut
Gunung Salak Sukabumi

Keren banget kan?! Gimana, tertarik berkunjung ke Bukit Bodogol? Semoga informasi ini berguna untuk teman-teman yang sedang mencari info mengenai Bukit Bodogol Camping Ground Sukabumi. Dan juga semoga bisa menjadi referensi untuk teman-teman yang sedang bingung mau camping kemana weekend ini.

Saya sih kurang merekomendasikan untuk datang kesana saat musim hujan seperti sekarang, karena akses jalannya tadi. Tapi kalau maksa, gaslah! worth it kok :)

Kamu Pasti Suka
Zoetami
Sharing while doing // I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Artikel Terkait

Posting Komentar