sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Tips Memilih Koper yang Bagus Untuk Traveling

Untuk para pelancong atau yang senang pelesiran, koper sudah menjadi sahabat karib yang tidak bisa dipisahkan. Meski saya pribadi lebih sering liburan dengan cara backpacker, yaitu hanya menggunakan tas punggung, namun dibeberapa kesempatan saya akan pergi menggunakan koper dengan alasan tertentu. Misalnya, karena akan pergi dalam jangka waktu yang lama, barang bawaan yang banyak dan lainnya.

Cara Memilih Koper Terbaik Untuk Traveling
Gambar: pexels.com

Ya, membawa barang bawaan menggunakan koper memang lebih efektif. Apalagi jika bawaannya cukup banyak, mengemas dengan koper lebih mudah dan simple dibanding masuk tas backpack yang berukuran besar. Apalagi saat membawanya nanti, hanya perlu di dorong saja, berbeda dengan tas backpack atau tas jinjing yang mesti diangkat. Jadi, memakai koper juga memhemat tenaga ya. Selain secara fungsional, penggunaan koper juga bisa menunjang penampilan kamu saat traveling.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Koper Terbaik

Koper bagi para traveler bisa dikatakan sebuah investasi, karena bisa digunakan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, sebaiknya membeli koper dengan kualitas baik sehingga awet dan tahan lama. Bukan berarti harus yang mahal, karena belum tentu bagus dan sesuai kebutuhan kamu. Selain harga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih atau ingin membeli koper sebagai properti liburan kamu.

Baca Juga: Pertama Kali ke Luar Negeri? Siapin Hal-hal ini ya

1. Ukuran Koper

Yang pertama kali harus ditentukan saat akan memilih atau membeli koper adalah ukurannya. Kamu harus tau dulu koper sebesar apa yang kamu butuhkan. Tentunya ini harus disesuaikan dengan durasi perjalanan yang akan atau sering dilakukan, karena berpengaruh pada banyaknya barang bawaan dan daya tampung koper yang dibutuhkan.

Beberapa ukuran koper yang umum digunakan untuk bepergian:
  • 16” (30x17x47 cm): koper ini paling kecil dan paling sering digunakan; bisa masuk kabin; biasanya untuk perjalanan singkat 1-3 hari
  • 20” (37x22x56 cm): masih tergolong ukuran kecil namun bisa memuat cukup banyak barang; berat maksimal bisa mencapai 16 kg
  • 22” (38x22x48 cm): koper ini berukuran sedang; berat maksimal 16-20 kg
  • 24” (43x23x63 cm): masih berukuran sedang namun bisa memuat barang lebih banyak lagi; berat maksimal sampai 26kg
  • 28” (47x32x73 cm): termasuk ukuran besar, daya tampung maksimal hingga 35kg
  • 32” (51x35x81 cm): salah satu koper terbesar dan jarang digunakan, paling tidak hanya oleh orang-orang yang pergi dalam jangka waktu lama dan jauh.

2. Bahan Koper

Ada 2 jenis bahan yang umumnya digunakan untuk membuat koper, yaitu hardcase dan softcase. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Koper berbahan hardcase disebut lebih aman karena tidak mudah terkoyak benda tajam dan tahan benturan sehingga melindungi barang bawaan. Namun kekurangannya dia tidak memiliki kantong sehingga daya ruang lebih sedikit.

Sedangkan koper berbahan softcase adalah kebalikannya, dia lebih ringkas, ringan dan mudah disimpan juga dibawa keluar masuk kendaraan. Selain itu banyak kantong yang bisa digunakan untuk mengelompokan bawaan sehingga tidak tercampur. Namun bahan softcase yang lentur mudah sobek jika tekena benda tajam sehingga lebih rawan pencurian.

Seperti itulah jika kamu mau melihat dari kekurangan dan kelebihannya. Tapi, faktanya orang memilih bahan koper biasanya bergantung pada selera masing-masing saja. Karena model dan motifnya bagus atau suka dengan warnanya. Bicara soal warna, sebaiknya memilih koper dengan warna cerah ya. Alasanya, supaya memudahkan untuk mengenali koper kamu, karena koper berwarna hitam atau monokrom sangat banyak sehingga akan sedikit membingungkan ketika antri di bagasi.

3. Roda dan Handle Koper

Baca Juga: Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Passport Baru Biar Lolos Imigrasi

Tips berikutnya saat memilih koper adalah cek bagian roda dan handle. Jenis roda pada koper ada yang beroda empat (spinner) dan ada juga jenis koper beroda dua (upright). Tentunya jenis spinner lebih memudahkan karena bisa didorong selain bisa diseret seperti roda dua, selain itu biasanya roda empat bisa berputar 360 derajat.

Selain roda, pastikan juga kamu memilih koper yang memiliki handle atau jinjing di atas dan samping koper. Bagian tersebut berguna untuk menurunkan barang dari mobil atau tangga.

Tips Memilih Koper yang Bagus Untuk Liburan
Gambar: pexels.com

4. Sistem Penguncian Koper

Koper-koper keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan TSA Lock (Travel Sentry Approved), yaitu sistem penguncian otomatis sehingga tidak perlu lagi menambah gembok secara terpisah.

5. Merk dan Harga

Yang terakhir dan yang paling penting adalah soal harga. "ada harga, ada kualitas" begitu menurut slogan yang sudah tidak asing di telinga kita. Memang benar, seringkali kualitas berbanding lurus dengan harga. Namun sebelum memilih koper dengan kualitas dan harga yang bagus, pastikan sudah sesuai kebutuhan ya.

Ada banyak sekali merk koper terbaik yang bisa menjadi pilihan. Untuk memudahkan, pilihlah merk-merk yang sudah terkenal, mengapa demikian? Karena selain sudah terjamin kualitasnya, barang-barangnya mudah didapatkan. Selain itu after sales juga terjamin, misalnya untuk klaim garansi dan lainnya.

Merk koper terkenal antara lain: Samsonite, Baller, Tumi, Eminent, Karabar, Polo Milano, President dan lain sebagainya.

Penutup

Melengkapi semua kebutuhan sebelum melakukan perjalanan adalah salah satu bagian dari mempersiapkan perjalanan yang baik. Memilih koper yang bagus adalah salah satunya. Agar traveling berjalan lancar pastikan semua kebutuhan sudah terpenuhi, baik itu sebelum dan selagi traveling berjalan.

Meskipun terlihat simple, memilih koper juga perlu teliti lho. Jangan sampai koper yang kamu pilih tidak sesuai dengan kebutuhan traveling kamu, dari segi ukuran, bahan, sistem penguncian dan sebagainya. Semoga artikel ini bisa membantu dan memberikan pencerahan untuk kamu dalam memilih koper yang traveling untuk modal traveling. Selamat berlibur!

Kamu Pasti Suka
zoetami
I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Artikel Terkait

Posting Komentar