sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Mau Bikin Kolam Renang di Rumah? Pahami Dulu Hal-hal ini

Berenang adalah suatu aktifitas yang menyenangkan. Siapa sih yang tidak suka berenang? Mulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua saya rasa suka jika diajak berenang. Bahkan jika tidak bisa teknik berenang sekalipun, hanya bermain-main air juga seru kok. Hal itu terbukti dengan menjamurnya kolam renang umum (watter park) dan seringkali penuh oleh semua kalangan, apalagi di hari libur. Artinya berenang tidak hanya dijadikan olahraga, namun juga sarana untuk quality time bersama keluarga.

Membuat Kolam Renang di Rumah
Gambar: pexels.com

Memiliki rumah dengan fasilitas kolam renang seringkali menjadi impian banyak orang. Apalagi jika si pemilik rumah memiliki hobi berenang (baik untuk olahraga atau have fun). Selain sebagai hiburan dan penunjang hobi, kolam renang di rumah juga bisa memberikan kesan estetik dan mewah pada sebuah hunian. Sayangnya, membuat kolam renang di rumah bukan perkara mudah yang bisa dilakukan siapa saja. Banyak pertimbangan yang mesti dipikirkan secara matang sebelum memutuskan membuat kolam renang di rumah.

4 Pertimbangan Sebelum Membuat Kolam Renang di Rumah

Sebelum kamu memutuskan untuk membuat kolam renang di rumah, banyak hal yang perlu diperhatikan. Bukan hanya tentang biaya, namun jauh lebih kompleks seperti soal lahan hingga perawatan jangka panjang. Berikut hal-hal yang mesti dipertimbangkan ketika ingin membuat kolam renang di rumah.

Baca Juga: Tahapan Membangun Rumah Idaman dari Nol

1. Lahan

Pertimbangan yang pertama mengenai lahan atau lokasi pembuatan kolam renang di rumah. Lahan untuk membuat kolam renang tentu saja harus luas dan leluasa, karena selain untuk lubang kolam, banyak elemen pendukung yang harus ada saat membuat kolam renang seperti sirkulasi dan pembuangan air kolam.

Untuk lokasi kolam renang sendiri kebanyakan berada di halaman belakang, halaman samping dan halaman depan. Jika kamu memiliki halaman yang luas, mungkin permasalahan lahan sudah teratasi. Namun untuk kamu yang tidak memiliki halaman yang luas, tidak perlu khawatir, kamu bisa memanfaatkan lahan lain seperti lahan kosong di dalam rumah atau di rooftop (jika rumah bertingkat).

Selain lahan, ukuran kolam renang juga harus diperhatikan. Nantinya ukuran kolam sangat menentukan besaran biaya yang diperukan untuk membangun kolam renang di rumah.

2. Fitur Pendukung Kolam Renang

Berikutnya, hal yang harus diperhatikan untuk membuat kolam renang di rumah mengenai fitur atau elemen tambahan. Membuat kolam renang bukan hanya membuat lobang lalu mengisinya dengan air. Namun, ada banyak tambahan yang perlu ada seperti sirkulasi air, filter air, penghangat air, hingga seluncuran anak (jika perlu).

Dengan banyaknya fitur tambahan tersebut tentunya akan menambah biaya pembuatan dan perawatan. So, pikirkan matang-matang ya.

3. Anggaran dan Perencanaan

Lebih penting dari segalanya. Hal yang mesti dipikirkan sebelum memutuskan membuat kolam renang adalah mengenai anggaran. Tentu ini bukan perkara mudah dan murah. Anda perlu menyiapkan anggaran yang tidak sedikit dan perencaan yang matang.

Kamu bisa menghubungi kontraktor kolam renang untuk berkultasi mengenai anggaran yang akan dihabiskan untuk membuat kolam renang di rumah. Nantinya jasa kontraktor kolam renang tersebut akan membantu dan memberikan informasi yang lengkap mengenai perencanaan seperti membuat desain kolam, menyarankan ukuran kolam, kedalaman kolam, pelapis internal kolam dan informasi penting lainnya. Pastikan kamu memilih kontraktor yang berkualitas dan handal ya.

Baca Juga: Tata Cara Merawat Cat Tembok Supaya Tahan Lama

4. Perawatan Kolam Renang

Terakhir, yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat kolam renang di rumah adalah mengenai perawatannya. Perawatan bukan hanya sekali atau dua kali, namun jangka panjang selama kolam renang digunakan. Mulai dari yang mudah seperti membersihkan permukaan air dari dedaunan atau serangga, sampai hal yang rumit seperti pengecekan filter, balancing tank, cek kadar klorin sampai membersihkan lantai kolam.

Sebagian mungkin tidak bisa dilakukan sendiri melainkan harus menggunakan jasa atau tukang, sehingga lagi-lagi akan membuat biaya atau anggaran bertambah.

Biaya Pembuatan Kolam Renang di Rumah
Gambar: pexels.com

Penutup

Setelah membaca beberapa hal penting diatas, apakah kamu masih tertarik membuat kolam renang di rumah? Jika poin pertama, kedua, ketiga sampai keempat sudah oke, artinya memiliki kolam renang pribadi bukan sekadar impian lagi.

Semoga pembahasan ini bisa memberikan pencerahan dan membuat kamu lebih siap untuk membuat kolam renang impian di rumah ya.

Kamu Pasti Suka
zoetami
I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Artikel Terkait

Posting Komentar