sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Persiapkan 4 Hal Ini Sebelum Kamu Ke Luar Negeri Untuk Pertama Kalinya

Kondisi pandemi COVID-19 yang mulai mereda memberikan sedikit angin segar bagi kita semua, tidak terkecuali untuk sektor pariwisata. Setelah kurang lebih 2 tahun sektor wisata tidak bisa beroperasi, kini mulai dibuka kembali secara bertahap.

Persiapan Sebelum Berlibur ke Luar Negeri
Gambar: Pexels.com - @gustavo-fring

Dalam beberapa bulan terakhir para wisatawan sudah diperbolehkan untuk bekunjung ke tempat wisata dalam negeri. Begitupun dengan wisata luar negeri, beberapa negara sudah bersiap untuk kembali menyambut para wisatawan mancanegara.

Momen seperti ini tentu bisa Anda manfaatkan untuk segera berlibur ke luar negeri, baik bersama pasangan, keluarga, dan bahkan teman-teman. Akan tetapi, sebelum keberangkatan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, terlebih jika Anda pergi untuk yang pertama kali. Mulai dari identitas diri, dokumen perjalanan, rencana perjalanan dan tidak ketinggalan kamera untuk mengabadikan perjalanan.

Persiapan Penting Sebelum Berlibur ke Luar Negeri

Bukan hal yang sepele, persiapan ke luar negeri bagi Anda yang baru pertama kali harus dilakukan dari jauh-jauh hari. Persiapan yang tepat bermanfaat supaya perjalanan Anda berjalan seperti yang direncanakan. Untuk itu, berikut kami hadirkan beberapa daftar persiapan ke luar negeri untuk Anda.

Persiapkan Paspor

Paspor adalah identitas diri yang penting untuk dibawa ketika bepergian ke luar negeri. Hal ini dikarenakan paspor berfungsi sebagai akses di saat Anda melintasi perbatasan sebuah negara. Selain itu, dengan adanya paspor Anda dapat menunjukkan bahwa diri Anda adalah warga negara yang sah.

Pada umumnya paspor memiliki beberapa data pribadi, seperti foto, nama lengkap, tanggal lahir, serta negara asal Anda. Setiap negara mempunyai regulasi tersendiri terkait masa berlaku sebuah paspor, di Indonesia sendiri paspor berlaku selama lima tahun sejak dibuat.

Apabila belum memiliki paspor, Anda dapat mengurus penerbitan paspor ini di kantor Imigrasi yang terdekat di kota Anda. Permohonan untuk pembuatan paspor kini sudah dapat dilakukan secara online. Namun, disarankan mengajukan permohonan paspor jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan supaya tidak terburu-buru.

Cek Kebutuhan Visa

Dalam merencanakan perjalanan ke luar negeri, tentu Anda harus menentukan ke mana tujuannya terlebih dahulu. Ini berguna untuk mengetahui apakah negara yang Anda ingin kunjungi memerlukan visa kunjungan. Nantinya visa akan diperiksa secara bersamaan saat Anda melewati pos imigrasi di tiap bandara.

Visa berbeda dengan paspor yang Anda miliki. Visa memiliki peran sebagai penentu alasan seseorang dapat mengunjungi sebuah negara. Walaupun biasanya visa ini diberikan kepada individu yang ingin bekerja ataupun sekolah di sebuah negara, tetapi ada beberapa negara yang mengharuskan Anda mempunyai visa wisata khusus untuk liburan.

Jika tidak ingin repot, ada beberapa negara yang tidak memerlukan visa untuk berkunjung. Di antaranya Anda dapat mengunjungi Malaysia, Singapura, Hong Kong, Thailand, atau Anda bisa cek negara bebas visa kunjungan di internet. Beberapa negara tersebut menawarkan bebas visa mulai dari 14 hari hingga 90 hari setiap kunjungannya.

Persiapkan Keuangan di Negara Tujuan

Mempersiapkan keuangan tidak hanya saat Anda berada di negara tujuan saja. Jauh sebelum keberangkatan Anda juga sudah harus memperkirakan pengeluaran dan mulai menabung. Hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari berapa lama Anda berlibur, transportasi, akomodasi, dan biaya lainnya.

Pastikan Anda sudah mengetahui mata uang negara tujuan dan sudah memiliki rencana untuk melakukan penukaran uang. Di samping memiliki mata uang yang akan digunakan nantinya, Anda juga perlu memeriksa apakah kartu debit atau kredit Anda dapat diakses di negara tersebut.

Terkadang para pelancong suka tergiur akan barang-barang dengan harga promosi di luar negeri. Bahkan tak jarang yang membeli dengan jumlah banyak dan pada akhirnya menyadari keuangan yang menipis. Untuk menghindari hal seperti ini ada baiknya Anda mengatur pengeluaran yang sesuai dengan kebutuhan.

Periksa Barang Bawaan

Persiapan terakhir yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan barang bawaan dan memeriksa kembali itinerary yang efektif selama berlibur di luar negeri. Menentukan barang yang akan Anda bawa harusnya disesuaikan dengan kegiatan dan keperluan Anda selama liburan.

Membawa barang secara berlebihan bukan saja akan merepotkan, Anda juga harus membayar ekstra untuk sebuah tiket pesawat dengan bagasinya. Anda juga dapat membuat sebuah daftar barang bawaan agar memudahkan Anda untuk mengemasinya.

Barangkali itulah 4 hal yang harus Anda persiapkan sebelum berlibur ke luar negeri untuk pertama kalinya. Anda juga dapat mencari tahu persiapan lainnya melalui orang yang sudah pernah ke luar negeri atau pun di internet. Selamat berlibur!

Kamu Pasti Suka
Zoetami
Sharing while doing // I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Artikel Terkait

Posting Komentar