sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Kiat Jitu agar Makeup Tahan Lama Seharian saat Beraktivitas

Penggunaan makeup bukan sekadar upaya mempercantik diri agar tampak memesona. Lebih dari itu, makeup juga merupakan bentuk apresiasi yang menunjukkan bahwa Anda mencintai diri sendiri. Oleh sebab itu, penggunaan makeup harus dilakukan dengan cermat supaya membuat Anda semakin memukau saat beraktivitas.

Tips agar Makeup Tahan Lama
Gambar: pexels.com

Salah satu masalah yang kerap dialami kaum hawa ketika menggunakan makeup adalah kondisi riasan yang mudah luntur. Hal ini tentu sangat mengganggu, khususnya saat Anda harus menghadiri acara penting dan bertemu banyak orang. Namun, kini Anda tak perlu terlalu resah dengan masalah tersebut.

7 Tips Menjaga Makeup agar Tidak Mudah Luntur

Banyak alasan yang menyebabkan makeup mudah luntur, salah satunya karena cuaca. Cuaca yang panas bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah berkeringat. Makeup yang digunakan pun akan rentan luntur apabila badan sedang bermandikan keringat. Anda dapat mengikuti beberapa kiat berikut ini agar makeup tahan lama seharian saat beraktivitas.

1. Melakukan Proses Eksfoliasi dan Pembersihan

Baca Juga: Tips Maksimalkan Instagram Untuk Berbisnis

Produk makeup biasanya sukar menempel pada kulit yang kering dan tertutupi sel-sel kulit mati. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda melakukan eksfoliasi satu hingga dua minggu sekali supaya permukaan kulit jadi sehat dan siap dirias. Selain eksfoliasi, proses membersihkan kulit wajah juga tak kalah penting. Pastikan bahwa Anda senantiasa mencuci muka sesaat sebelum menggunakan makeup agar tidak ada kotoran yang mengganggu proses merias.

2. Membersihkan Alat makeup Secara Rutin

Pemilihan produk makeup berkualitas saja rupanya belum cukup untuk menghasilkan riasan yang cantik dan tahan lama. Anda juga harus telaten menjaga kebersihan alat makeup karena kotoran yang tertinggal pada peralatan tersebut dapat membuat hasil riasan kurang maksimal.

Luangkan waktu untuk mencuci alat makeup seperti kuas, sponge, dan beauty blender secara rutin. Jemurlah peralatan makeup tersebut hingga kering sempurna sebelum menggunakannya kembali. Jangan gunakan peralatan makeup yang masih basah sebab hal tersebut memicu pertumbuhan bakteri dan jamur serta menimbulkan bau tak sedap.

3. Mengandalkan Primer untuk Wajah dan Area Mata

Primer adalah produk kosmetik yang penting untuk membuat makeup tahan lama seharian. Jenis primer yang tahan air dan bebas minyak adalah pilihan terbaik untuk menjaga makeup agar tak mudah luntur. Jangan lupa menggunakan primer pada area sekitar mata, khususnya kelopak. Sehingga riasan eye shadow dan eye liner lebih tahan lama ketika Anda beraktivitas seharian.

4. Menggunakan Foundation Bebas Minyak (Oil Free)

Selain primer, kosmetik lainnya yang tak kalah penting untuk menghasilkan riasan tahan lama adalah foundation. Alangkah lebih baik bila Anda memilih foundation yang bebas minyak (oil free) sehingga riasan tahan lama meskipun terkena keringat atau air hujan. Proses pengaplikasian foundation pada wajah juga tak boleh dilakukan sembarangan.

Oleskan foundation dengan gerakan memutar lalu tepuk-tepuk permukaan wajah menggunakan beauty blender. Anda juga bisa menyemprotkan sedikit setting spray pada beauty blender supaya hasil riasan tampak lebih natural dan awet seharian.

5. Memilih Maskara dan Eyeliner yang Tahan Air (Waterproof)

Baca Juga: Pilihan Wisata dan Villa Paling Rekomended di Seminyak, Bali

Rekomendasi jenis kosmetik lainnya yang dapat membantu Anda mendapatkan riasan tahan lama adalah maskara dan eyeliner waterproof. Kedua kosmetik tersebut akan awet seharian ketika digunakan sehingga tidak membuat makeup terkesan berantakan. Anda tak perlu khawatir dengan risiko riasan mata luntur akibat air mata, keringat, atau air hujan bila sudah memilih maskara dan eyeliner berkualitas.

6. Memakai Bedak Tabur Transparan

Ada satu produk lagi yang tak boleh terlewatkan setelah Anda menggunakan semua kosmetik secara lengkap, yaitu bedak tabur transparan (translucent). Meskipun terkesan biasa saja, bedak tabur transparan berperan penting untuk menyerap kelebihan minyak pada permukaan wajah sekaligus membuat riasan terkesan matte. Gunakan bedak tabur transparan secara perlahan-lahan untuk menyempurnakan hasil makeup Anda yang sudah istimewa.

7. Melakukan Proses Touch Up untuk Menjaga Riasan

Hasil riasan yang sempurna tetap membutuhkan proses touch up setiap 2 hingga 3 jam sekali. Tujuannya tentu saja untuk mempertahankan kualitas riasan supaya tidak terkesan luntur atau memudar. Anda hanya perlu menggunakan bedak tabur dengan cara menepuk-nepukkannya pada permukaan kulit wajah memakai sponge. Cara touch up sederhana ini tetap efektif menjaga riasan bila sebelumnya Anda sudah melakukan langkah-langkah merias wajah secara tepat.

Anda tak perlu khawatir bila hasil riasan yang tahan seharian jadi sulit dibersihkan. Kini, ada rangkaian double cleansing kit persembahan barenbliss yang terdiri dari barenbliss K.O! Kombucha Omega Deep Cleansing Balm dan 10 Elements! Amino Acid Rich Foam Cleanser. Produk pembersih barenbliss Deep Cleansing dan barenbliss Foam Cleanser dirancang formulator profesional dengan bantuan rekomendasi dokter kulit.

Tips Makeup Tahan Lama
Gambar: id.barenbliss.com

Proses membersihkan makeup waterproof memang membutuhkan double cleansing agar hasilnya maksimal. Tahap pertama menggunakan cleanser berbahan minyak, kemudian tahap kedua menggunakan cleanser berbahan air.

Kombinasi produk Double Cleansing Kit dari barenbliss adalah solusi terbaik sebab Anda hanya butuh waktu 15 detik untuk membersihkan wajah sekaligus menutrisi kulit. Segera dapatkan barenbliss K.O! Kombucha Omega Deep Cleansing Balm dan 10 Elements! Amino Acid Rich Foam Cleanser dan rasakan manfaat spesialnya bagi kesehatan kulit Anda.

Produk barenbliss diatas bisa dengan mudah ditemukan di Official Store atau melalui toko online dan offline. Di toko online, Anda bisa mendapatkan produk ini melalui Shopee, Lazada, Tokopedia, Tiktok Store dan Sociolla.

Sementara untuk toko offline, Anda bisa mengunjungi KKV, Guardian, Watson dan Transmart. Semua toko tersebut menyediakan produk barenbliss ini dengan kualitas terjamin.

Kamu Pasti Suka
zoetami
I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Artikel Terkait

Posting Komentar