sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Tips dan Strategi Marketing Instagram Untuk Bisnis

Berbisnis di jaman sekarang ini sebetulnya gampang-gampang susah. Kemudahannya ada pada banyaknya platform yang bisa dimaksimalkan untuk menunjang bisnis kita, namun terkadang kemudahan tersebut justru menjadi hambatan tak kala kita sebagai pelaku bisnis tidak bisa mengexplore dan bergerak cepat sehingga banyak kompetitor yang justru sudah lebih dulu mengambil peluang tersebut.

Instagram merupakan salah satu platform yang untuk saat ini paling banyak digunakan dibanding media sosial sejenis, khususnya di Indonesia. Generasi milenial sebagai generasi paling konsumtif bisa dipastikan juga para pengguna Instagram aktif. Jika anda seorang pelaku bisnis mencoba peruntungan lewat Instagram Bisnis adalah peluang yang tidak boleh dilewatkan.

Cara Membuat Instagram Bisnis
Gambar: pexels.com

Sejak tahun 2016 lalu Instagram secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah merilis fitur Instagram for Bussines. Dimana seluruh akun Instagram bisa dijadikan akun bisnis secara gratis. Tentunya akun bisnsi ini dilengkapi dengan fitur dari Instagram yang lebih lengkap dan sangat menunjang kegiatan promosi dari bisnis yang dikelola.

Optimasi akun Instagram bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik pribadi maupun perusahaan. Atau bisa juga menggunakan jasa kelola instagram yang banyak ditawarkan untuk mengelola akun bisnis anda supaya lebih optimal. Dariapa bingung, yuk simak langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan bisnis lewat Instagram berikut ini:

Cara Maksimalkan Instagram Bisnis Agar Penjualan Meningkat

  1. Buat Akun Instagram Bisnis

    Jika anda ingin melakukan optimasi sendiri, langkah pertama tentu saja buat akun instagram bisnis anda terlebih dahulu. Membuat akun bisnis sama saja seperti membuat akun instagram pada umumnya. Bahkan jika anda telah memiliki akun instagram personal sebelumnya, anda bisa langsung merubah akun instagram tersebut menjadi akun bisnis. Bisa di lihat pada menu Pengaturan lalu pilih Akun lalu klik Beralih ke Akun Profesional di menu paling bawah.

  2. Tentukan Target Audiens

    Menentukan target yang tepat adalah salah satu faktor penting dalam optimasi akun instagram bisnis. Karena sekalipun anda jago dalam hal membuat konten yang menarik, namun tidak ditujukan kepada target yang tepat, ya untuk apa? Misalnya anda menjual produk baju anak-anak, target audiens anda tentu ibu-ibu yang memiliki anak-anak. Maka carilah target perempuan usia 25-40 tahun, berstatus menikah, dan memiliki interest pada fashion anak. Atau anda juga bisa mengecek kompetitor yang memiliki bisnis serupa, lihat bagaimana mereka menarik audiens dan konsep apa yang digunakan untuk menguatkan branding.

  3. Buat Konten yang Menarik
    Kelebihan Instagram Untuk Bisnis
    Gambar: pexels.com

    Seperti yang anda ketahui bahwasanya Instagram adalah semua hal yang berhubungan dengan visual. Oleh karena itu penting untuk membuat konten yang eye-cathing di instagram guna menarik perhatian para target audiens. Buatlah konten yang benar-benar merepretasikan bisnis yang sedang dikelola. Anda juga bisa membuat variasi dari konten-konten yang dimuat sesuai tren yang sedang berlangsung, misalnya sesekali membuat IG TV, Reels, Instagram Story, atau merepost ulang unggahan dari para audiens.

  4. Rajin Posting Konten di Instagram

    Algoritma instagram sering berubah-ubah, namun biasanya bagi yang rutin membuat konten diberikan keistimewaan tersendiri. Jadi menjaga konsistensi publikasi konten di instagram bisnis anda sangat penting, sehingga postingan anda selalu muncul di halaman depan audiens. Selain harus rajin, anda juga harus memperhatikan waktu pengunggahan atau posting konten, pastikan anda posting di jam-jam para audiens online, misalnya sore atau malam hari. Untuk mengetahuinya anda harus melakukan percobaan berkali-kali, misalnya dengan posting pagi, siang, sore dan malam, lalu menganalisa fitur insight pada instagram bisnis anda.

  5. Promosi Berbayar

    Untuk menjangkau audiens yang lebih luas alangkah lebih baiknya melakukan promosi berbayar. Promosi berbayar bisa dengan bantuan iklan berbayar dari Instagram sendiri yang disebut Instagram ads. Atau anda juga bisa beriklan atau promosi berbayar menggunakan jasa para influencer atau selebgram, biasa disebut endorsment.

  6. Menyewa Jasa Kelola Instagram

    Yang terakhir sebuah pilihan opsional untuk kalian para pelaku bisnis yang ingin melakukan optimasi namun memiliki berbagai kendala seperti pengetahuan yang kurang atau waktu yang terbatas. Kalian bisa menggunakan jasa konten instagram yang banyak ditawarkan di internet. Biasanya mereka akan menawarkan paket pengelolaan akun instagram, mulai dari membuat konten yang menarik sampai optimasi seo dan menggaet target audiens.

    Dengan memakai jasa pengelola akun diharapkan anda bisa menjangkau lebih banyak target yang sesuai dengan jenis bisnis yang anda kelola, karena langsung dikerjakan oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya.

Mungkin itu saja beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan marketing akun instagram untuk mendongkrak penjualan bisnis kita. Semoga bermanfaat sehingga sedikit memberikan pencerahan dan referensi untuk kalian yang sedang mencari informasi terkait.

Kamu Pasti Suka
Zoetami
Sharing while doing // I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Artikel Terkait

Posting Komentar