sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Pentingnya Menjaga Tulang Saat Usia 30-an

Tulang merupakan organ penting dalam tubuh manusia. Berfungsi sebagai penopang dan pembentuk postur tubuh, juga sebagai alat penggerak tubuh. Selain itu, tugas tulang di dalam sistem tubuh manusia sebagai tempat menyimpan kalsium, sebuah mineral yang sangat penting dan dibutuhkan untuk berbagai fungsi tubuh.

Sejak kita berusia anak-anak, masa tulang akan terus meningkat dan mencapai puncaknya hingga usia 25 tahun. Oleh karena itu, waktu tersebut merupakan jangka waktu yang tepat untuk kita berupaya memperkuat tulang. Kemudian di usia 25-30 tahun kepadatan tulang akan cenderung stabil. Namun setelah melewati usia tersebut, kepadatan tulang akan berangsur menurun. Mengapa demikian?

Hal itu disebabkan karena pada usia 30 tahun, proses regenerasi tulang sudah tidak bisa berjalan secara seimbang. Proses regenerasi sendiri terjadi dimana zat yang bertugas untuk menghancurkan sel tulang lama, digantikan dengan zat yang berfungsi membentuk sel tulang baru. Pada usia 30-an, kemampuan zat penghancur bisa saja semakin meningkat atau tetap, sedangkan zat pembentuk tulang baru performa-nya semakin menurun. Akibatnya hasil kepadatan tulangpun akan berkurang atau menurun.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi
Gambar: pexels.com

Baca Juga: Pentingnya Tulang yang Sehat Untuk Pendaki Gunung

Kondisi tersebut sangat wajar dialami semua manusia akibat penuaan yang terjadi pada tubuhnya. Tetapi ada banyak faktor yang menyebabkan keadaan buruk tersebut datang lebih awal, salah satunya karena gaya hidup yang kurang sehat. Selain itu faktor gender juga sangat berpengaruh, dimana wanita lebih rentan terkena masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis dibandingkan pria. Lalu, apa dong yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang? Terutama untuk kita yang sudah atau menjelang usia 30 tahun.

Cara Menjaga Kepadatan Tulang di Usia 30 Tahun

Bagi saya pribadi tulang merupakan bagian tubuh penting yang mendukung segala aktifitas saya sehari-hari. Saya seorang wanita dan hampir menginjak kepada-3, ditambah kegiatan saya yang aktif berkegiatan outdoor, seperti olahraga, bersepada hingga mendaki gunung. Oleh karena itu saya sangat aware terhadap isu kesehatan tulang dan berusaha sekali untuk menjaganya.

Memang belum ada formula khusus untuk menghindari penurunan kepadatan tulang. Namun, ada banyak cara yang paling tidak dapat menghambat proses tersebut. Ya, dengan pola hidup sehat. Beberapa cara berikut bisa saya dan kamu lakukan dalam menjaga tulang agar tetap dalam kondisi prima.

1. Olahraga Teratur

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang Saat Usia 30
Gambar: pexels.com

Olahraga dipercaya dapat merangsang proses regenerasi tulang. Apalagi untuk kita yang sudah menginjak angka 30-an, proses regenerasi tulang perlu diupayakan secara maksimal sehingga kepadatan tulangpun maksimal. Tidak perlu olahraga berat, kamu bisa mencoba dengan olahraga-olahraga ringan yang melatih ketahanan tulang seperti jalan cepat, jogging, aerobik, tennis, naik turun tangga, angkat beban dan lainnya.

Baca Juga: Tips Make Up Awet Buat Berkegiatan Outdoor

2. Perbaiki Pola dan Asupan Makanan

Jaga Kepadatan Tulang Agar Tak Menurun di Usia 30
Gambar: pexels.com

Kalsium, protein dan vitamin D adalah zat yang sangat diperlukan oleh tulang. Salah satu cara memenuhinya yaitu melalui makanan. Mulai sekarang, konsumsi makanan dengan gizi seimbang agar kebutuhan akan zat-zat pemelihara tulang terpenuhi. Kalsium dan vit D banyak ditemukan pada bahan makanan seperti susu, kedelai, keju, gandum, ikan laut, daging merah, yogurt dan jamur.

3. Hindari Rokok dan Alkohol

Tips Menjaga Kesehatan Tulang
Gambar: pexels.com

Selain berbagai efek buruk lain, rokok dan alkohol juga berdampak buruk untuk tulang. Rokok dan alkohol dapat mempercepat penurunan kepadatan tulang. Hal itu disebabkan karena penyerapan kalsium dan nutrisi yang diperlukan tubuh terhambat, sehingga tubuh menyerap kalsium dari tulang. Oleh sebab itu, yuk berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol mulai sekarang agar kesehatan tulang lebih terjaga.

4. Konsumsi Suplemen Kesehatan Tulang

Baca Juga: Upaya Mengatasi Gizi Buruk Anak Indonesia

Selain dari makanan, kalsium dan nutrisi untuk tulang bisa didapatkan dari suplemen pendamping makanan. Jika kamu rasa makanan yang kamu konsumsi belum memenuhi kebutuhan tulang, maka tidak ada salahnya untuk menambahnya dengan mengkonsumsi suplemen.

Tentu saja suplemen yang diperlukan yang mengandung banyak kalsium, vit D, vit C, vit B6 dan lain-lain. Banyak jenis suplemen yang memenuhi kandungan tersebut, seperti yang mungkin tidak asing lagi seperti CDR. Selain kandungannya yang lengkap untuk kebutuhan vitamin tulang dan sendi, CDR juga tersedia diberbagai tempat baik toko online, toko obat offline, minimarket dan lainnya, sehingga sangat memudahkan.

Suplemen Untuk Kesehatan Tulang dan Sendi
Gambar: cdr.co.id

Menjaga kesehatan tulang merupakan tugas penting bagi kita dalam hal menjaga tubuh agar tetap fit. Apalagi fungsi tulang dalam tubuh kita sangatlah vital. Menjaga tulang bukan pekerjaan sulit kok, kita hanya perlu disiplin dan konsisten dalam melakukannya.

Kamu Pasti Suka
zoetami
I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Artikel Terkait

Posting Komentar