sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Pentingnya Tulang yang Sehat Bagi Pendaki

Aktifitas mendaki gunung termasuk kepada kategori olahraga minat khusus. Aktifitas yang dilakukan di alam ini memerlukan effort yang cukup besar, begitupun dengan resikonya. Meski begitu, aktifitas ini sangat digemari khususnya oleh para anak muda, bahkan sudah menjadi tren akhir-akhir ini.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Sebenarnya mendaki gunung tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang tanpa persiapan yang cukup. Meski bisa dibilang sebagai aktifitas olahraga, namun tidak bisa dilakukan dengan modal nekat. Perlu fisik yang kuat untuk melakukan pendakian gunung terutama bagian kaki dan pundak. Berjalan di ketinggian sambil mengangkat beban di carrier bukanlah perkara mudah, perlu persiapan dan latihan terus, juga tentu saja kondisi fisik yang baik. Oleh karena itu, latihan dan menjaga kesehatan wajib hukumnya untuk para pendaki, salah satunya menjaga kesehatan tulang.

Menjaga Kesehatan Tulang Demi Mendaki Gunung yang Aman

Beberapa waktu yang lalu saya melakukan pendakian Gunung Salak, salak satu gunung yang ada di Jawa Barat. Gunung yang tidak terlalu tinggi namun terkenal dengan trek atau jalurnya yang kejam. Selain jalurnya, gunung ini juga terkenal keangkerannya. Banyak kejadian janggal yang sering dialami para pendaki, tapi skip, kali ini saya tidak akan membahas soal itu.

Pendakian Gunung Salak ini merupakan pendakian ke-2 saya kesana, setelah pertama kali tahun 2017 lalu. Saya ingat sekali saat turun gunung kala itu, kaki tidak berdaya pasca digempur trek gunung salak. Tulang-tulang kaki rasanya remuk dan linu parah. Awalnya saya tidak mengerti kenapa, karena bukan pertama kali saya mendaki gunung namun tidak pernah separah itu. Hampir 1 minggu sampai akhirnya kaki ini bisa berjalan normal kembali.

Belajar dari pengalaman, untuk pendakian ke-2 ini saya melakukan banyak sekali persiapan. Dengan lebih banyak latihan dan menjaga kesehatan agar tubuh lebih fit, terutama kesehatan otot dan tulang. Ya, otot dan tulang adalah yang paling berperan penting dan mendapat tugas berat dalam aktifitas mendaki gunung. Selain olahraga dengan rutin, yang saya lakukan untuk menjaga kesehatan tulang adalah mengkonsumsi makanan yang sehat dibantu dengan suplemen untuk memenuhi kebutuhan kalsium per hari.

Hasilnya? benar-benar sesuai harapan. Setelah pendakian Gunung Salak ke-2 ini, tulang kaki saya tidak terlalu kelelahan. Hanya linu-linu biasa khas turun gunung yang bisa normal dengan istirahat 2-3 hari.

7 Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Berkat pengalaman dari pendakian tadi, saya menjadi lebih aware lagi untuk lebih menjaga kesehatan tulang dan otot, bukan hanya untuk kegiatan mendaki gunung namun untuk kesehatan jangka panjang. Apalagi seiring bertambahnya usia kesehatan tulang akan menurun sehingga rentan terkena masalah-masalah tulang seperti osteoporosis, daripada mengobati lebih baik mencegah ya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang, beberapa dibawah ini juga yang rutin saya lakukan, sangat simple dan bisa dilakukan sehari-hari.

1. Rutin Berolahraga

Banyak diantaranya orang tidak melakukan olahraga karena merasa sibuk dengan rutinitas, merasa tidak ada waktu dan tenaga. Saya rasa itu hanya alasan klasik, karena faktanya olahraga sama sekali tidak menyita waktu. Saya sendiri jarang melakukan olahraga berat seperti jogging di lapangan, apalagi angkat beban di gym. Hanya olahraga ringan setiap pagi di dalam ruangan, kurang lebih 30-60 menit saja (kadang kurang). Saya rasa olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan jika harus pergi ke kantor setiap hari.

Olahraga Untuk Kesehatan Tulang
Gambar: pexels.com

Olahraga seperti ini jika dilakukan rutin setiap hari hasilnya akan maximal, bisa jadi lebih optimal daripada olahraga berat yang dilakukan 1-2 minggu sekali. Hasilnya badan bisa lebih fit setiap hari. Jika ada rencana mendaki gunung, baru lah saya akan menambah porsi olahraga saya, terutama dengan latihan untuk ketahanan tulang kaki.

2. Berjemur Dibawah Matahari Pagi

Berjemur Untuk Kesehatan Tulang
Gambar: pexels.com

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami yang berfungsi untuk membantu menyerap kalsium. Jangan lewatkan kesempatan untuk benjemur jika cuaca pagi sedang cerah ya.

3. Banyak Makan Sayuran

Sayuran Untuk Kesehatan Tulang
Gambar: pexels.com

Sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk juga untuk kesehatan tulang. Saya termasuk yang tidak terlalu suka sayur, namun demi kesehatan tubuh dan terutama tulang, saya lebih rutin mengkonsumsi sayur. Kandungan vitamin C pada sayur sebagai antioksidan yang bisa merangsang sel pembentuk tulang. Kepadatan tulang sangat penting agar tulang tidak mudah keropos.

4. Penuhi Nutrisi dengan Suplemen

Memberikan tubuh nutrisi setiap hari bisa menjaga kesehatan tulang. Asupan yang diperlukan oleh tulang antara lain protein, kalsium, vit D dan K, Magnesium dan Zinc. Semua bisa di dapatkan dari makanan-makanan sehat yang kita konsumsi sehari-hari.

Selain dari makanan yang bergizi, kebutuhan nutrisi untuk tulang bisa dipenuhi dari suplemen. Sebut saja CDR salah satu produk suplemen yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tulang. Ada beberapa varian produk suplemen dari CDR yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Klaimnya sendiri produk ini bisa menjaga kepadatan tulang, memenuhi kebutuhan kalsium wanita hamil, mendukung gaya hidup aktif dan menguatkan tulang dan gigi.

5. Tidak Merokok dan Minum Alkohol

Tentu saja, merokok dan menkonsumsi alkohol adalah ciri dari gaya hidup kurang sehat. Efek buruk pada tulang sendiri, alkohol terbukti bisa menghilangkan kepadatan tulang dan menggangu proses penyerapan kalsium.

6. Kurangi Kafein

Kurangi Kafein Untuk Kesehatan Tulang
Gambar: pexels.com

Bagi saya sih ini bukan masalah besar, kebetulan saya bukan pecinta kopi. Namun untuk penyuka kopi, mungkin sedikit sulit untuk melakukan cara menjaga kesehatan tulang yang 1 ini. jangan khawatir, kalian tetap bisa menikmati kopi favoritmu dengan porsi yang wajar ya. Karena jika mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang besar sangat berpengaruh untuk kesehatan tulang dikarenakan menggangu proses penyerapan kalsium.

7. Menjaga Berat Badan

Menjaga Berat Badan Untuk Kesehatan Tulang
Gambar: pexels.com

Menjaga berat badan tetap stabil merupakan salah satu cara menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Beberapa studi menunjukan bahwa orang dengan berat badan berlebih (overweight) lebih rentan terkena resiko cendera pada tulang. begitupun untuk yang kekurangan berat badan. Jadi pastikan berat badanmu ideal ya!


Nah, mungkin itu diantaranya cara menjaga kesehatan tulang yang bisa saya share. Gimana? apa sudah banyak yang teman-teman lakukan atau belum? Menjaga kesehatan tulang penting dilakukan oleh siapa saja, terlebih bagi kalian yang sering melakukan aktifitas berat di luar ruangan baik untuk bekerja ataupun berolahraga seperti contohnya mendaki gunung.

Semoga artikel ini bisa menambah ilmu dan informasi untuk teman-teman sehingga lebih menyadari untuk menjaga kesehatan tulang mulai dari sekarang!

Kamu Pasti Suka
Zoetami
Sharing while doing // I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Artikel Terkait

Posting Komentar