sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

4 Pintu Masuk dan Cara Menuju Kebun Raya Bogor

Ini merupakan artikel pertama saya membahas mengenai wisata Bogor. Meskipun tempat tinggal saya berada tidak jauh dari Kota Bogor, saya jarang sekali mengunjungi Bogor untuk berwisata. Padahal di Bogor cukup banyak tempat-tempat wisata yang sudah lama ataupun baru diramaikan. Misalnya curug-curug yang berada di Sentul, yang mulai ramai dikunjungi, wisata pabangbon, dll.

Beberapa waktu lalu, iseng saya datang ke kota Bogor. Tujuannya hanya untuk One Day Trip karena bosan dengan rutinitas. Seperti biasa saya pergi saat weekday. Alasan pergi weekday tidak lain & tidak bukan agar lebih leluasa menikmati perjalanan. Saya tipe orang yang tidak terlalu suka keramaian, apalagi saat berwisata. Antri yang panjang, tempat penuh sesak dan tidak leluasa untuk saya adalah hal yang kurang menyenangkan dan membuang waktu. Maka dari itu, sebisa mungkin saya tidak pergi saat weekend ataupun libur panjang (kecuali ikut trip orang hehehe).

Tidak ada itinerary untuk perjalanan kali itu, hanya untuk sekedar jalan-jalan saja. Bisa sekedar nonton atau berwisata kuliner fikir saya.

Saya pergi bersama sahabat menggunakan kereta pagi dari Sukabumi selepas subuh, dan sampai di stasiun Bogor sekitar pukul 07 pagi. Sesampai disana kami berniat untuk mencari sarapan terlebih dahulu, karena kami berangkat sangat pagi dan belum sempat sarapan. Kami menuju Food Court gang selot atau yang lebih dikenal dengan Sentra Kuliner Gang Selot. Kebetulan lokasinya tidak terlalu jauh dari stasiun tempat kami singgah. Katanya ditempat ini terkenal banyak jajanan, lokasinya berada di sebelah komplek SMP dan SMA Negeri 1 Bogor. Tapi ternyata kalau pagi masih sangat sepi, pedagang-pedagang masih sebagian saja yang sudah buka.

Karena masih belum ada tujuan dan mumpung masih sangat pagi, selepas sarapan akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor (KRB) saja. KRB adalah salah satu atau mungkin satu-satu nya tempat wisata terdekat dari pusat kota bogor (mungkin ya). Akses menuju KRB sangat mudah dijangkau dari terminal ataupun stasiun Bogor.

Nah, di Artikel ini saya akan sharing informasi prihal akses menuju Kebun Raya dari Stasiun & Terminal. Berikut pintu-pintu masuk Kebun Raya yang mungkin akan sedikit membingunkan untuk para pemula. Semoga informasi ini berguna, terutama untuk kalian yang pertama kali mengunjungi Kebun Raya Bogor.

Baca Juga: Informasi Pendakian Gunung Kencana Bogor

Cara Berlibur Asik Ke Kebun Raya Bogor

Langsung saja, informasi pertama: Kebun Raya Bogor memiliki 4 pintu masuk, yaitu pintu I, II, III, IV. Informasi lengkapnya akan saya jelaskan lebih terperinci dibawah. Sebelumnya, saya akan infromasikan terlebih dahulu cara menuju ke Kebun Raya Bogor dari stasiun dan terminal.

Cara Menuju Kebun Raya Bogor dan Stasiun dan Terminal Bogor

Bagi kalian yang bepergian ke Bogor dengan kereta maupun angkutan umum lain seperti bus, berikut informasinya:

1. Cara Menuju Kebun Raya dari Stasiun Besar Bogor

Dari stasiun Bogor bisa diakses menggunakan angkot ataupun berjalan kaki. Untuk menggunakan angkot bisa menggunakan angkot 29 trayek Pabuaran – Terminal Merdeka. Bisa naik di depan Taman Topi Square. Dengan menggunakan angkot tersebut, kita bisa memilih turun di 3 pintu masuk KRB. Yakni Loket III, IV, dan pintu masuk utama.

Nah untuk yang hobi menikmati wisata kota dengan berjalan kaki (seperti saya), boleh loh dicoba ke KRB dengan berjalan kaki. Tidak terlalu jauh kok, paling tidak hanya perlu waktu 10-15 menit saja menuju loket II KRB. Bahkan mungkin lebih cepat daripada naik angkot disaat lalulintas bogor sedang padat.

Loket Kebun Raya Bogor terdekat dari stasiun yaitu loket II. Cara menuju ke pintu masuk KRB II dari (pintu keluar) stasiun besar Bogor kita bisa belok kiri ikuti trotoar (tidak perlu naik jembatan penyebrangan). Jalan terus sampai ada tempat menyebrang. Kalau dulu kita bisa menyebrang di zebra cross depan taman topi, tertutup pagar semua. Kita bisa lanjut berjalan sampai menemukan tempat penyebrangan yang terbuka, biasanya depan polres atau sedikit sebelum pertigaan. Setelah menyebrang, ikuti terus trotoar sampai menemukan pertigaan di depan sana. Kemudian belok ke kanan memasuki Jl. Juanda.

Jl. Juanda ini adalah jalan dimana pintu masuk Kebun Raya Bogor II berada. Lebih kurang 300 meter saja dari pertigaan kita akan sampai loket II Kebun Raya Bogor. Letaknya berada disebelah kiri jalan, jadi kita perlu menyebrang lagi. Loket masuk berada di sebelah Kantor Pos.

Menurut informasi, pintu tersebut tidak lagi buka setiap hari. Hanya di hari minggu saja. Jadi jika kalian datang saat weekday, mungkin tidak bisa masuk melalui loket II ini.

Tapi tidak usah khawatir, kita bisa menuju pintu masuk lain yaitu loket I atau pintu utama. Jarak antara Loket II ke loket utama lumayan dekat, tapi lumayan jauh juga. Loh? Hehehehe. Tergantung selera masing-masing. Jika hobi berjalan kaki, sepertinya jarak tersebut tidak terlalu bermasalah. Hanya saja untuk yang tidak begitu hobi jalan kaki, pasti kelelahan juga sih. Caranya tinggal menyusuri trotoar mengikuti pagar Kebun Raya Bogor. Jaraknya sekitar 700m. Perjalanan akan menyenangkan kok, bisa sambil melihat-lihat bangunan-bangunan sekitar sana. Apalagi trotoar seputar Kebun Raya sangat lebar & nyaman untuk berjalan kaki.

2. Cara Menuju Kebun Raya Bogor dari Terminal Baranang Siang

Setelah bis yang anda gunakan untuk menuju Bogor tiba di terminal Baranangsiang. Cara menuju Kebun Raya bisa menggunakan angkot ataupun berjalan kaki. Saya lebih merekomendasikan untuk berjalan kaki karena lokasi Baranangsiang lumayan dekat dengan loket Kebun Raya IV.

Tapi jika ingin menggunakan angkot boleh-boleh saja. Caranya, jalan kaki dahulu ke belakang terminal (dimana angkot biasa ngetem). Pilih angkot no 09 trayek Baranangsiang – Pasar Baru. Jika tidak ingin ngetem terlalu lama, bisa juga naik di sekitar Jl. Pajajaran dan mencari angkot yang mengarah ke jalur yang sama. Sebelumnya, kita harus jalan kaki terlebih dahulu keluar terminal menuju Jl. Pajajaran.

Perjalanan angkot ini sebetulnya singkat karena jarak tidak terlalu jauh, yang memakan waktu adalah ngetem dan macetnya. Malah bisa jadi akan lebih lama daripada berjalan kaki menuju pintu masuk KRB IV. Angkot bisa berhenti dipertigaan Jl. Suryakencana, di sisi kanan adalah pintu utama Kebun Raya Bogor.

Apabila memiliki cukup waktu dan akan berjalan kaki, cukup mudah dari terminal Baranangsiang. Dengan tujuan loket IV atau pintu masuk khusus pejalan kaki, hanya berjarak sekitar 300 meter dari terminal Baranangsiang.

Pintu masuk tersebut berada di Jl. Pajajaran. Jadi, yang pertama harus dilakukan ketika turun dari bis adalah keluar dari terminal menuju depan. Kita akan menemukan landmark “Welcome Bogor” di muka terminal. Selanjutnya tinggal menyusuri trotoar (tidak perlu naik jempatan penyebrangan). Kurang lebih lurus 100 meter sampai menemukan Tugu Kujang. Dari posisi Tugu Kujang hanya tinggal sedikit lagi kita akan menemukan loket IV pintu masuk KRB (khusus pejalan kaki). Kita harus menyebrang terlebih dahulu dan menuju utara (sebrang kampus lama IPB).

Cukup mudah bukan? Jarak tempuh mungkin hanya perlu 10-15 menit saja. Akan lebih singkat dari ngetem dan macetnya angkot dari terminal.

Itu tadi adalah berbagai cara menuju Kebun Raya Bogor dari stasiun dan terminal dengan menggunakan angkot ataupun berjalan kaki. Bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Mau ke spot mana dan mau masuk dari pintu mana. Karena pintu masuk KRB menentukan lokasi terdekat yang akan didatangi. Baik, informasi selanjutnya yang akan saya share adalah tentang pintu masuk Kebun Raya Bogor.

Baca Juga: Keistimewaan Museum Diorama Nusantara Purwakarta

Seperti yang sudah saya infokan di atas, pintu masuk Kebun Raya Bogor ada 4 (empat). Banyak sekali ya. Tentu saja, secara luas Kebun Raya Bogor saja sekitar 87 hektar, meliputi beberapa jalan protokol di Kota Bogor. Pintu masuk Kebun Raya Bogor ini terdiri dari pintu masuk khusus pejalan kaki & pintu masuk yang bisa dilalui mobil pribadi (motor tidak diperbolehkan masuk Kebun Raya Bogor).

Langsung saja berikut ini adalah letak dan lokasi pintu masuk Kebun Raya Bogor.

1. Loket I (Pintu Masuk Utama Kebun Raya)

Pintu Utama Kebun Raya Bogor
pintu masuk utama / loket 1 Kebun Raya Bogor

Pintu masuk utama Kebun Raya Bogor ini berada di pertigaan Jl. Juanda - Jl. Suryakencana – Jl. Otista. Bangunan nya cukup bagus dan artistik. Untuk menuju pintu masuk utama bisa diakses dengan menggunakan angkot ataupun berjalan kaki dari stasiun maupun terminal, dengan jarak yang tidak terlalu dekat pun tidak terlalu jauh (masih wajar untuk jalan kaki).

Sebelah pintu masuk utama ada pintu masuk untuk kendaraan pribadi, hanya saja di hari minggu pintu masuk (khusus kendaraan) tersebut akan di tutup.

Bagian atau spot dari Kebun Raya yang terdekat jika kita masuk melalui Pintu Masuk Utama antara lain: Monumen Laddy Raffles, Museum Zoologi, Danau Gunting, Patung Lembu Nandi, dll.

2. Pintu Masuk II Kebun Raya Bogor

pintu masuk loket 2 Kebun Raya Bogor *nyempil*

Pintu masuk 2 ini detail lokasinya sudah dijelaskan diatas (ketika berjalan kaki dari stasiun). Pintu masuk 2 terletak di Jl. Juanda samping kantor pos, dan hanya di buka setiap hari minggu saja.

Spot atau bagian menarik dari Kebun Raya Bogor yang terdekat jika kita masuk melalui Pintu Masuk 2 antara lain: Taman Teijsman, Pemakaman Belanda Kuno, Danau Gunting, dll.

3. Pintu Masuk III Kebun Raya Bogor

pintu masuk / loket III Kebun Raya Bogor

Lokasi pintu masuk 3 Kebun Raya Bogor terletak di Jl. Pajajaran (pertemuan antara Jl. Pajajaran & Jl. Jalak Harupat). Pintu 3 Kebun Raya berada tepat di sebrang Pangrango Plaza. Pintu masuk ini bisa dilalui oleh pejalan kaki maupun pengguna kendaraan pribadi. Hanya saja untuk hari minggu, khusus kendaraan pribadi di tutup.

Baca Juga: Panduan Naik Bus Wisata Semarang yang Mewah dan Gratis

Spot atau bagian menarik dari Kebun Raya Bogor yang terdekat jika kita masuk menggunakan pintu masuk 3 antara lain: Taman Lebak Soedjana Kassan, Rumah Anggrek dan Taman Astrid.

4. Pintu Masuk IV Kebun Raya

Pintu Keempat Kebun Raya Bogor
pintu masuk / loket 4 Kebun Raya Bogor

Lokasi pintu masuk 4 Kebun Raya terletak di Jl. Pajajaran, lokasi ini paling dekat dijangkau dari terminal Baranangsiang. Lokasinya tepat besebrangan dengan kampus IPB, dan dekat dengan Landmark kota Bogor yaitu Tugu Kujang. Selain itu juga, lokasi pintu masuk 4 terhubung dengan terowongan penyebrangan bawah tanah. Pintu ini khusus pejalan kaki, dengan arsitektur gerbang yang bagus dan menarik mirip dengan Monumen Lady Raffles.

Spot menarik dari Kebun Raya Bogor yang terdekat jika kita masuk melalui pintu 4, antara lain: Taman Astrid dimana terdapat teratai raksasa di kolamnya.

Mungkin hanya itu dulu informasi yang bisa saya bagi mengenai Kebun Raya Bogor. Pintu masuk KRB dan cara menuju Kebun Raya dari stasiun dan terminal. Semoga informasi tersebut bermanfaat yang membantu untuk kalian yang akan berwisata ke Bogor atau ke Kebun Raya Bogor.<

Budayakan Comment Setelah Membaca :)