sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

Rekomendasi Itinerary Johor Bahru 2 Hari 1 Malam

Johor Bahru merupakan sebuah kota yang terletak di ujung selatan Semenanjung Malaysia. Ibu kota dari negara bagian Johor ini menjadi gerbang utama antara Malaysia dan Singapura, sehingga aktivitas di Johor Bahru cukup padat dan menjadikan pariwisata sebagai salah satu sumber ekonominya.

Dengan letak yang terpisah hanya beberapa kilometer, Johor Bahru sering dijadikan tempat transit untuk para wisatawan yang hendak atau kembali dari Singapura. Hal itu membuat pariwisata di Johor Bahru juga cukup berkembang dan mulai terkenal.

Itinerary Johor Bahru 2 Day 1 Night

Contoh Itinerary 3 Day 2 Night di Johor Bahru

Baca Juga: Rekomendasi Itinerari Kuala Lumpur 3 Hari 2 Malam (Searah, Transportasi Umum)

Dengan perpaduan budaya, sejarah, dan modernitas, Johor Bahru menjadi destinasi yang menarik untuk disinggahi. Biasanya Johor Bahru dikunjungi dalam waktu singkat atau transit saja. Lagipula kota ini tidak terlalu luas, sehingga 2 hari 1 malam sudah cukup untuk mengunjungi beberapa tempat iconic di Johor Bahru.

Bagi para wisatawan yang ingin merencanakan perjalanan di Johor Bahru, saya akan bantu rekomendasikan itinerary 2 hari di JB yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan di kota ini.

Hari Pertama (Itinerary Johor Bahru 2D1N)

  • Pagi (Istana Bukit Serene)
    Contoh Itinerari Johor Bahru 2 Hari 1 Malam
    Istana Bukit Serena. Gambar: www.tripadvisor.com

    Saya asumsikan teman-teman sudah ada di Johor Bahru sejak pagi. Hari pertama, saya rekomendasikan untuk langsung mengunjungi Istana Bukit Serene. Istana ini merupakan kediaman resmi Sultan Johor. Istana ini menjadi salah satu contoh arsitektur mewah dan megah yang mencerminkan keagungan monarki Malaysia. Saksikan keindahan bangunan dan taman sekitarnya sambil mempelajari sejarah keluarga kerajaan Johor.

  • Siang (Masjid Sultan Abu Bakar)
    Masjid Sultan Abu Bakar Johor Bahru
    Masjid Sultan Abu Bakar

    Selepas dari istana, siang hari kunjungi Masjid Sultan Abu Bakar, bisa sambil shalat dzuhur bagi yang muslim. Masjid Sultan merupakan salah satu masjid paling ikonik di Malaysia. Dibangun pada awal abad ke-20, masjid ini menampilkan arsitektur Mughal yang memukau dengan kubah-kubah berwarna-warni dan detail ukiran yang rumit. Nikmati keindahan masjid ini sambil menjelajahi sejarah dan kepercayaan Islam di Johor.

  • Sore (Danga Bay)

    Baca Juga: Seharian pake MRT di Singapura, Bisa Kemana Aja?

    Selanjutnya menjelang gelap, bisa datang ke Danga Bay. Tepi laut yang menawarkan pemandangan indah kota Johor Bahru. Nikmati sunset yang spektakuler sambil menikmati berbagai hiburan seperti restoran, kafe, dan taman hiburan. Berjalan-jalan di sepanjang tepi pantai sambil menikmati angin laut yang menyegarkan adalah cara sempurna untuk melepas lelah setelah seharian beraktifitas.

    Country Garden, Danga Bay, Johor Bahru
    Country Garden. Gambar: www.tripadvisor.com
  • Malam (Jalan Tan Hiok Nee)

    Untuk mengakhiri hari pertama, sebelum kembali ke hotel, nikmati suasana malam Johor Bahru dengan mengunjungi Jalan Tan Hiok Nee. Jalan ini terkenal dengan bangunan-bangunan warisan Tionghoa yang klasik, restoran, kafe, dan toko-toko suvenir. Jika malam sekitar jl. Tan Hiok Nee juga tersedia bazzar di jalan ini, tepatnya Pasar Karat Night Market. Temukan kelezatan kuliner lokal sambil berinteraksi dengan penduduk setempat dan merasakan kehidupan malam Johor Bahru.

    Pasar Karat Night Market Johor Bahru
    Bazzar di Jalan Tan Hiok Nee. Gambar: www.thegeestravel.com

Hari Kedua (Itinerary Johor Bahru 2D1N)

Hari kedua sekaligus hari terakhir di Johro Bahru saya rekomendasikan untuk mengkhususkan cafe hopping dan belanja saja.

Johor Bahru menawarkan berbagai pilihan kafe yang menarik untuk dinikmati oleh para pecinta kopi dan pengunjung yang mencari tempat untuk bersantai. Dari kafe dengan suasana yang santai hingga kafe dengan dekorasi yang unik, setiap kafe memiliki daya tarik dan karakteristiknya sendiri yang membuat pengalaman berkunjung menjadi lebih berkesan. Beberapa diantaranya adalah: Faculty of Caffeine, Bev C, Shakespeare Milkshakes, Flowers in the Window Cafe, The Replacement - Lodge & Kitchen, Palladium Cafe atau kafe-kafe di sepanjang jalan Tan Hiok Nee.

Sedangkan untuk berbelanja, JB juga terkenal dengan beragam mall-mall yang menarik untuk membeli oleh-oleh dan suvenir. Dari outlet perbelanjaan dengan merek-merek terkenal hingga pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern, setiap pengunjung dapat menemukan berbagai macam produk yang sesuai dengan selera dan anggaran.

Baca Juga: Pesona Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Pusat perbelanjaan yang paling terkenal dikalangan para pelancong adalah JPO (Johor Premium Outlets). Terletak di Indahpura, kawasan Iskandar Puteri, outlet ini menawarkan berbagai merek terkenal dengan harga diskon yang menarik. Pengunjung dapat menemukan pakaian, aksesoris, tas, sepatu, dan barang-barang lainnya dari merek-merek internasional dan lokal.

Johor Premium Outlet Johor Bahru
Johor Premium Outlet. Gambar: www.klook.com

Selain JPO, kamu juga mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan lain untuk berburu oleh-oleh, antara lain: Johor Bahru City Center (JBCC), KSL City Mall, The Mall Mid Valey Southkey, Plaza Pelangi, dll.

Penutup

Johor Bahru adalah kota yang dinamis dan berkembang pesat di ujung selatan Semenanjung Malaysia. Dikenal sebagai gerbang utama antara Malaysia dan Singapura, Johor Bahru menawarkan berbagai atraksi wisata, kemungkinan ekonomi, dan konektivitas transportasi yang baik.

Mengunjungi Johor Bahru dalam 2 hari 1 malam sangat mungkin untuk dilakukan. Berhubung kota ini tidak terlalu besar sehingga dengan waktu singkatpun cukup untuk mengunjungi beberapa tempat menarik yang ada disana. Johor Bahru terkenal dengan wisata belanja dan menjadi surga untuk para pecinta shopping. Jika kamu bosan mengunjungi Kuala Lumpur, mungkin perlu dipertimbangkan untuk datang ke Johor Bahru dan jangan lupa sempatkan waktu untuk berbelanja di sana.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga selesai. Senang bisa berbagi info dengan teman-teman semua. Semoga informasi tentang itinerary Johor Bahru ini bisa menjadi referensi khususnya bagi teman-teman yang ingin berwisata di JB tapi bingung harus kemana. Jangan bingung lagi, ya, dan selamat berwisata seru di Johor Bahru!

Posting Komentar

Posting Komentar