sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

Panduan Mengisi Malaysia Digital Arrival Card (MDAC) Online

Malaysia telah memperkenalkan terobosan baru dalam pengalaman kedatangan wisatawan dengan meluncurkan Malaysia Digital Arrival Card (MDAC). Ini merupakan langkah revolusioner dalam upaya negara tersebut untuk meningkatkan proses masuk dan keluar bagi para pengunjung internasional.

Malaysia Digital Arrival Card (MDAC) adalah platform digital yang memungkinkan wisatawan untuk mengisi informasi pribadi dan data perjalanan mereka secara online sebelum kedatangan ke Malaysia.

Kapan Harus Mengisi MDAC

Para calon pelancong bisa mengisi arrival card sejak 3 hari sebelum keberangkatan. Jika lupa mengisi, tidak perlu khawatir, karena tetap bisa di isi on the spot di lokasi sebelum menghadap imigrasi. Untuk mempersingkat waktu, lebih baik kamu mengisi sebelum keberangkatan ya!

Sejak diluncurkan, Malaysia Digital Arrival Card telah menerima tanggapan positif dari para wisatawan dan industri pariwisata. Banyak yang mengapresiasi kemudahan penggunaannya dan dampak positifnya terhadap proses kedatangan di Malaysia.

Baca Juga: Tata Cara Mengisi SGAC atau MY ICA, Syarat Masuk Singapore

Langkah-langkah Mengisi MDAC, Syarat Wajib Masuk Malaysia

Pada artikel ini saya akan coba memberikan panduan mengenai tata cara pengisian MDAC melalui website resmi imigrasi dan bea cukai Malaysia.

1. Kunjungi Situs Web Resmi

Buka browser web di perangkat kamu (ponsel pintar, tablet, atau komputer) dan ketikkan alamat URL resmi Malaysia Digital Arrival Card, yaitu www.imi.gov.my.

Cara Mengisi Malaysia Digital Arrival Card
Website resmi Imigrasi dan Bea Cukai Malaysia

Di halaman muka pilih menu MDAC (Kad Ketibaan Digital Malaysia) lalu klikRegister.

2. Isi Data Diri

Baca Juga: Rekomendasi Itinerari Johor Bahru 2 Hari 1 Malam (Kuliner dan Belanja)

Pada halaman selanjutnya terdapat formulir yang berisi data pribadi. Data-data berupa nama, no paspor, tanggal lahir, jenis kelamin dan informasi kontak seperti email dan no hp. Isi dan sesuaikan dengan data pada paspor.

Cara Mengisi MDAC Online

Berbeda dengan Singapore Arrival Card yang bisa mengisi langsung untuk rombongan, MDAC hanya bisa satu orang saja. Jika datang dengan teman atau keluarga bisa mengisi ulang sesuai jumlah calon pengunjung.

3. Isi Informasi Perjalanan

Di halaman ini terdapat intruksi untuk mengisi informasi-informasi perjalanan, seperti tanggal kedatangan, kota terakhir sebelum ke Malaysia, mode transportasi (udara, laut atau darat), akomodasi selama di Malaysia dll.

Imigresen Malaysia MDAC

4. Terima Konfirmasi

Baca Juga: Contoh Itinerari Kuala Lumpur 3 Hari 2 Malam Beserta Rute

Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan, pastikan untuk meninjau kembali formulir dengan cermat. Periksa setiap detail untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan atau ketidakcocokan dalam informasi yang Anda berikan. Jika sudah klik Submit dan kamu akan menerima konfirmasi bahwa Malaysia Digital Arrival Card telah berhasil diisi dan disampaikan. Konfirmasi ini biasanya ditampilkan di layar, dan kamu mungkin juga akan menerimanya melalui email.

Cara Isi MDAC Untuk 1 Keluarga

Pastikan untuk menyimpan bukti konfirmasi ini dengan baik, entah itu mencetaknya atau menyimpannya dalam format digital. Konfirmasi ini mungkin diperlukan oleh petugas imigrasi saat kamu tiba di Malaysia.

Penutup

Malaysia Digital Arrival Card adalah langkah inovatif dalam mendorong pengalaman kedatangan yang lebih baik bagi para wisatawan internasional. Dengan menggunakan teknologi digital, Malaysia menghadirkan solusi modern untuk mempercepat proses imigrasi dan meningkatkan efisiensi di pintu masuk negara.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, mengisi MDAC sangat mudah bukan? Cukup 4 langkah saja. Pastikan untuk melakukannya sebelum keberangkatan kamu ke Malaysia, ya. Demi memastikan proses kedatangan berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga selesai. Senang bisa berbagi info dengan teman-teman semua. Semoga informasi tentang tata-cara mengisi Malaysia Digital Arrival Card ini bisa menjadi referensi khususnya bagi teman-teman yang akan pergi ke Malaysia dan masih bingung cara mengisi MDAC. Sekarang tidak bingung lagi, kan? Selamat berlibur dengan aman dan nyaman.

Posting Komentar

Posting Komentar