sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

Panduan Mengisi Singapore Arrival Card, Syarat Wajib Masuk Singapura

Salah satu hal yang perlu diketahui oleh para pelancong yang akan mengunjungi Singapura adalah kartu kedatangan (arrival card). Sebuah dokumen yang harus diisi oleh setiap orang yang memasuki Singapura dengan tujuan kunjungan sementara.

Kartu kedatangan diperlukan oleh pihak imigrasi Singapura untuk mendata setiap orang yang masuk ke negara tersebut. Ini membantu pihak berwenang dalam mengontrol arus masuk dan keluar negara serta memastikan keamanan nasional. Informasi yang tercantum dalam kartu kedatangan juga dapat digunakan untuk keperluan statistik dan pemantauan oleh pemerintah Singapura.

MyICA SG Arrival Card

Kapan Harus Mengisi SGAC

Dalam era digital seperti saat ini, mengisi Singapore Arrival Card (SGAC) tidak lagi dilakukan secara manual, melainkan dengan cara online. Pengisian bisa melalui situs resmi ataupun melalui aplikasi yang tersedia di App Store maupun Play Store.

Para calon pelancong bisa mengisi arrival card sejak 3 hari sebelum keberangkatan. Jika lupa mengisi, tidak perlu khawatir, karena tetap bisa di isi on the spot di lokasi sebelum menghadap imigrasi. Untuk mempersingkat waktu, lebih baik kamu mengisi sebelum keberangkatan ya!

Langkah-langkah Mengisi Singapore Arrival Card (SGAC)

Mengisi Singapore arrival card wajib hukumnya bagi siapa saja yang hendak datang ke Singapura. Penting juga untuk mengisi kartu kedatangan (arrival card) dengan cermat dan akurat. Setiap informasi yang disampaikan harus sesuai dengan data yang tercantum dalam paspor.

Pada artikel ini saya akan coba memberikan panduan mengenai tata cara pengisian SGAC melalui website dan melalui aplikasi MyICA.

Baca Juga: Panduan Naik MRT di Singapura dan Cara Pembayarannya

Mengisi SGAC Melalui Website

Berikut langkah demi langkah mengisi Singapore arrival card melalui website.

1. Kunjungi Situs Web Resmi

Kunjungi halaman website resmi Imigrasi dan Bea Cukai Singapura yaitu https://www.ica.gov.sg/.

Cara Mengisi Singapore Arrival Card
Website resmi Imigrasi dan Bea Cukai Singapura

2. Pilih Tipe Kunjungan

Di halaman muka pilih menu Visitor lalu SG Arrival Card lalu Sumbit SGAC dan terakhir pilih Foreign Visitor / In-Principle Approval Holder.

Panduan Mengisi Singapore Arrival Card atau SGAC

3. Isi Data Diri

Pada halaman selanjutnya terdapat formulir yang berisi data diri. Data-data berupa tanggal kedatangan (maximal 3 hari sebelum hari-H), nama, no paspor dan data-data basic lainnya. Isi dan sesuaikan dengan data pada paspor.

Langkah-langkah Mengisi Singapore Arrival Card (SGAC)

Jika datang rombongan dengan keluarga atau teman, isi data masing-masing dimulai dari leader atau ketuanya, setelah itu isi data anggota satu per satu melalui menu Add Traveller. Setelah mengisi semua data kelompok, kemudian klik Next.

4. Isi Informasi Perjalanan

Di halaman ini terdapat intruksi untuk mengisi informasi-informasi perjalanan, seperti kota terakhir sebelum ke Singapore (bisa di isi Jakarta atau kota lain di Indonesia), keperluan kunjungan, mode transportasi (udara, laut atau darat), akomodasi selama di Singapura (jika tidak menginap pilih Other lalu Day Trip), tanggal kedatangan, dan kota selanjutnya setelah Singapura.

Tata Cara Isi SGAC untuk Masuk Singapura

Kamu bisa mengisi sampai 3 trip pada satu sumbission atau pengajuan. Jika semua data sudah terisi dengan benar klik Next.

Baca Juga: Cara Mudah dan Murah dari Singapura ke Malaysia via Darat

5. Mengisi Data Kesehatan

Di halaman berikutnya adalah menu untuk mengisi data kesehatan. Apakah sedang menderita suatu penyakit seperti batuk, demam atau lainnya. Jika tidak, pilih NO lalu Next.

Cara Isi Singapore Arrival Card via Website

6. Konfirmasi

Halaman terakhir sebelum selesai adalah halaman konfirmasi. Lihat dan pastikan lagi data sudah diisi dengan benar. Jika sudah yakin bisa langsung klik Next, dan Singapore arrival card sudah berhasil diajukan. Kamu akan mendapatkan konfirmasi ke email yang kamu isikan pada menu data diri tadi.

Cara Isi Singapore Arrival Card via Aplikasi

Mengisi SGAC Melalui Aplikasi

Pada dasarnya langkah langkah mengisi SGAC melalui website maupun aplikasi sama. Bedanya melalui aplikasi dianggap lebih simple karena tinggal buka aplikasinya saja. Paling tidak hemat beberapa step, seperti tidak perlu menggunakan browser pihak ketiga dan tidak perlu mencari websitenya dulu.

Selain itu tampilan aplikasi juga lebih user friendly dan barcode pengajuan tersimpan sehingga bisa dilihat ulang (tidak perlu lihat email). Berikut langkah demi langkah mengisi Singapore arrival card melalui aplikasi.

1. Unduh Aplikasi MyICA

Unduh atau download aplikasi MyICA di Play Store atau App Store.

Aplikasi MyICA Singapore Arrival Card
Aplikasi MyICA di Play Store

2. Pilih Tipe Kunjungan

Seperti hal pengisian melalui website, langkah pertama pilih tipe kunjungan. Menunya ada di halaman muka aplikasi. Pilih Foreign Visitor - SG Arrival Card lalu pilih Individual (jika sendiri) atau Group (jika rombongan) kemudian Add Profile.

Cara Mengisi MyICA Mobile

3. Membuat Profile dengan Mengisi Data Diri

Salah satu kelebihan dari aplikasi adalah bisa mengisi data langsung dengan scan paspor. Jadi gak perlu isi manual. Scan kode atau number paspor di bagian depan (data diri). Jika berhasil maka data langsung terisi dan profile berhasil dibuat.

Baca Juga: Contoh Itinerary One Day Trip di Singapura (Rute Lengkap)

Singapore Arrival Card Online Application

4. Mengisi Informasi Perjalanan

Klik nama profile, lalu akan muncul formulir untuk mengisi informasi perjalanan. Seperti halnya pengajuan melalui website, pada menu ini harus isi beberapa informasi antara lain: tanggal masuk, tanggal keluar, mode transportasi dll.

Kapan Isi SG Arrival Card

5. Selesai

Setelah mengisi informasi-informasi perjalanan, klik next-next saja hingga menu terakhir sampai halaman menampilkan konfirmasi Submission Successfull.

Cara Isi MyICA Untuk Keluarga

Bagaimana, menurut kamu lebih simple pengajuaan melalui website atau aplikasi nih?

Penutup

Kartu kedatangan Singapura (Singapore arrival card) adalah bagian penting dari proses kedatangan ke Singapura. Mengisi Singapore arrival card bisa dilakukan secara online melalui situs web atau aplikasi. Cara ini akan sangat mempermudah untuk kamu mempersiapkan kedatangan ke Singapura.

Dengan mengisi formulir secara online sebelum keberangkatan, kamu dapat menghemat waktu dan mengurangi kerumitan proses imigrasi di bandara. Dan dengan mengisi kartu ini dengan benar serta memberikan informasi yang akurat, kamu dapat memastikan proses imigrasi berjalan lancar dan dapat menikmati kunjungan ke negara yang indah ini tanpa masalah. Jadi, pastikan untuk mengisi kartu kedatangan dengan hati-hati ya dan selamat menikmati petualanganmu di Singapura!

Posting Komentar

Posting Komentar