sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

Camping dengan View Terlengkap di Puncak Peuyeum Sukabumi

Bicara tempat camping di Sukabumi, ada banyak pilihan tempat camping dengan karakteristik yang berbeda-beda. Mulai dari camping di perbukitan, gunung, pantai, sungai hingga danau. Mulai dari camping biasa, motocamp, campervan sampai camping glamour.

Kali ini saya akan memperkenalkan salah satu tempat camping perbukitan yang bisa menjadi alternatif kalau mau camping di Sukabumi. Dengan menawarkan view berupa lautan awan, citylight di malam hari, sunset, sunrise dan pemandangan Gunung Gede Pangrango di kejauhan, camping disini akan memberikan pengalaman yang memuaskan.

Camping Puncak Peuyeum Sukabumi

Informasi Lengkap Camping Ceria di Puncak Peuyeum Sukabumi

Ya, tempat tersebut bernama Puncak Peuyeum. Mungkin masih terdengar asing di telinga, terutama bagi para wisatawan luar kota. Namun paling tidak, tempat ini sudah lumayan terkenal untuk warga lokal Sukabumi terutama yang senang melakukan kegiatan outdoor seperti camping.

Baca Juga: Camping View Waduk Jatiluhur di Gunung Lembu, Treking Mudah Cocok Untuk Pemula

Rute dan Akses Menuju Puncak Peuyeum Sukabumi

Puncak Peuyeum terletak di Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dari pusat kota Sukabumi perlu berkendara sekitar 60 menit dengan jarak kurang lebih 25 KM.

Jika teman-teman datang dari luar kota, dari arah Bogor/Jakarta maupun Cianjur/Bandung patokan pertama tujulah jalur lingkar selatan atau terminal Sukabumi. Tidak perlu ke wilayah pusat kota dulu karena jadi memutar.

Dari jalur lingkar selatan lanjut melewati daerah Baros menuju daerah Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Kalau teman-teman pernah mendengar lokasi wisata Goa Buni Ayu, ke Puncak Peuyeum juga searah. Namun sebelum sampai ke Goa Buni Ayu, ada persimpangan jalan menuju daerah Ciengang, Gegerbitung.

Tidak banyak penunjuk arah menuju kesana. Bahkan saya tidak yakin maps pun akurat. Jangan sungkan untuk bertanya jika tidak yakin. Atau pergi dengan warga lokal akan lebih baik.

Akses jalan menyusuri perkampungan dan perkebunan, dengan medan jalan aspal. Menjelang tiba di lokasi medan berganti menjadi bebatuan dengan jalan kecil dan sedikit curam. Disarankan menggunakan kendaraan roda dua supaya bisa sampai hingga lokasi camp. Jika menggunakan roda empat sepertinya akan sedikit kesulitan. Mungkin harus diparkir dirumah warga dan lanjut trekking ringan menuju lokasi camp.

HTM dan Fasilitas

Puncak peuyeum ini hanya lahan kosong di disebuah bukit samping perkebunan sayur warga. Tidak ada pengurus yang mengelola secara resmi, hanya dijaga seorang bapak, warga setempat yang kebetulan berkebun dan tinggal disana.

Untuk tiket masuk dan camping hanya Rp. 10.000/orang dan parkir motor Rp. 5000/motor. Kalau weekday malah kadang tidak dijaga dan bisa camping cuma-cuma alias gratis. Untuk parkir motor aman karena bisa diparkir disamping tenda.

Dengan membayar biaya semurah itu, jangan berharap soal fasilitas ya. Disana belum ada fasilitas pendukung yang memadai. Hanya ada toilet milik abah yang bisa digunakan sekadar buang air atau ambil air.

Baca Juga: 3 Kampung Adat di Sukabumi yang Masih Melestarikan Budaya Sunda Leluhur

Daya Tarik Puncak Peuyeum Sukabumi

Wisata perbukitan identik dengan keindahan alamnya yang memukau, wajar kalau wisata alam perbukitan menjual pemandangan atau view sebagai daya tariknya. Biasanya kalau engga view pegunungan, citylight, sunset, atau pemandangan pagi seperti sunrise dan lautan alam. Percaya atau tidak, kalau di Puncak Peuyeum pengunjung bisa mendapatkan semua itu.

Lautan Awan

Lautan Awan di Puncak Peuyeum Sukabumi
Lautan Awan di Puncak Peuyeum Sukabumi

Penomena lautan awan seringkali menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi buruan para wisatawan. Tidak banyak lokasi wisata yang bisa menyuguhkan pemandangan lautan awan. Kondisi cuaca juga sangan menentukan. Faktor-faktor seperti pola angin dan kelembaban udara dapat memengaruhi seberapa tebal dan seberapa luas Lautan Awan tersebut. Jika beruntung kamu bisa melihat lautan awan dari atas Puncak Peuyeum. Biasanya di pagi cerah sehabis hujan lautan awan akan lebih tebal.

Citylight

Dataran tinggi seringkali menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan kota di malam hari. Saat matahari tenggelam dan langit memudar menjadi kegelapan, citylights yang gemerlap di kejauhan menciptakan panorama yang memukau.

Citylights di Puncak Peuyeum Sukabumi
Citylights di Puncak Peuyeum Sukabumi

Jika malam tiba dan cuaca cerah, dari Puncak Peuyeum bisa melihat pemandangan citylights (lebih ke villagelights sih) yang sangat indah. Cahaya dari jalan raya, bangunan, dan lampu-lampu kota dan perkampungan sekitar membentuk lanskap urban yang berkilauan.

Baca Juga: Info Lengkap Pantai Ujung Genteng: Lokasi, Fasilitas, Tiket, Penginapan

Sunrise dan Sunset

Sunrise di Puncak Peuyeum Sukabumi
Sunrise di Puncak Peuyeum Sukabumi

Jika beberapa tempat wisata hanya bisa menyuguhkan sunrise atau sunset saja, di Puncak Peuyeum pengunjung bisa mendapatkan semuanya. Pemandangan lanskap yang hampir 360 derajar membuat kita bisa melihat pemandangan dari sudut mana saja. Sehingga mahatari terbit maupun tenggelam bisa dilihat dari sana. Menarik bukan?

Explore Wisata Sekitar

Seperti sudah ditulis di atas, bahwa wisata Puncak Peuyeum ini searah dengan wisata Goa Buni Ayu. Sehingga bisa dijadikan paket perjalanan. Mengunjungi destinasi lain yang berdekatan bisa memberikan pengalaman wisata yang lebih lengkap. Wisata lain yang searah atau berdekatan dengan Wisata Alam Puncak Peuyeum antara lain: Goa Buni Ayu, Curug Bibijilan, Puncak Amador Pasir Salam dan lain-lain.

Penutup

Puncak Peuyeum menjadi salah destinasi wisata camping di Sukabumi yang menjadi surga tersembunyi dan menawarkan keindahan alam yang memesona lengkap. Dengan panorama alam yang menakjubkan, beragam aktivitas yang menarik, dan suasana yang tenang, destinasi ini layak untuk dikunjungi bagi kalian yang ingin camping santai dan menyegarkan pikiran di tengah alam.

Kesimpulan dan Tips Wisata

Berikut beberapa catatan yang juga merupakan kesimpulan berikut tips berwisata ke Puncak Peuyeum Sukabumi.

  • Akses menuju Puncak Peuyeum masih sangat minim petunjuk, sehingga jangan sungkan untuk bertanya jika ragu-ragu "malu bertanya sesat di jalan".
  • Dianjurkan menggunakan roda dua supaya bisa parkir dekat camp ground.
  • HTM Rp. 10.000 dan parkir motor Rp. 5000,-.
  • Fasilitas hanya ada lahan camping dan toilet sederhana.
  • Siapkan perlengkapan camping yang tepat dan lengkap. Dekitar lokasi tidak akan menemukan pesewaan.
  • Siapkan perbekalan yang tepat dan lengkap. Disekitar lokasi tidak ada warung, terakhir bisa ditemui diperkampungan sebelum lokasi camping.
  • Datang di musim yang tepat. Musim kemarau adalah waktu yang ideal untuk mengunjungi Puncak Peuyeum, karena cuaca cenderung cerah saat malam maupun pagi hari.
  • Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam saat mengunjungi Puncak Peuyeum. Jangan meninggalkan sampah di tempat-tempat yang tidak semestinya dan hargai keindahan alam dengan tidak merusak lingkungan sekitar.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga selesai. Senang bisa berbagi info dengan teman-teman semua. Semoga informasi tentang camping di Puncak Peuyeum ini bisa menjadi referensi khususnya bagi teman-teman yang ingin camping di sekitar Sukabumi. Selamat mencoba dan rasakan pengalaman camping seru dan memuaskan.

Posting Komentar

Posting Komentar