sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

Mencegah Asam Lambung Kambuh Saat Puasa

Asam lambung merupakan salah satu penyakit pencernaan yang saat ini penderitanya cukup meningkat. Penyakit asam lambung adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan rasa ketidaknyamanan atau nyeri pada perut bagian atas yang terjadi setelah makan atau minum. Banyak juga yang menyebut penyakit ini dengan sebutan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Cara Mencegah Asam Lambung Naik
Gambar: pexels.com

Asam lambung yang sering kambuh umumnya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, bisa karena konsumsi makanan dan minuman kurang baik, atau jam makan yang tidak teratur. Saat berpuasa, adalah waktu yang rentan penyakit asam lambung kambuh, karena waktu makan minum yang berubah drastis dan tubuh yang tidak terbiasa.

Meski asam lambung kambuh merupakan mimpi buruk bagi para penderita GERD, namun berpuasa adalah kewajiban yang harus dijalani. Oleh karena itu penting sekali mencegah asam lambung kambuh apalagi saat berpuasa. Apalagi penyakit asam lambung ini bisa kambuh kapan saja yang menyebabkan perut terasa nyeri dan panas. Tentu hal itu akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan ibadah kita di bulan suci. Yuk simak apa saja sih tips mencegah asam lambung agar tidak mudah kambuh.

Asam lambung merupakan cairan dalam lambung yang memiliki kadar keasaman tertentu dan berfungsi mencerna makanan dan membunuh mikroorganisme. Ketika asam lambung kambuh dan naik ke kerongkongan atau esofagus akan menimbulkan rasa nyeri atau panas di ulu hati yang bikin penderitanya nggak nyaman. Tapi sebenarnya hal ini bisa dicegah dengan menghindari berbagai pantangan yang sebabkan asam lambung kambuh dengan melakukan beberapa kebiasaan ini.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang Sebelum Usia 30

1. Konsumsi Makanan yang Baik Saat Sahur dan Buka

Memilih makanan yang baik dan sehat untuk menu sahur dan buka adalah langkah pertama yang perlu dilakukan. Apalagi ketika sedang berpuasa biasanya makanan yang dihidangkan bermacam-macam. Untuk penderita asam lambung, hindari makanan pedas, berminyak dan bersantan karena dapat merangsang produksi asam lambung. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan serta sereal untuk asam lambung.

2. Mengunyah Makanan Perlahan

Salah satu cara mencegah asam lambung kambuh yaitu dengan mengunyah makanan secara perlahan. Saat makanan dikunyah, makanan akan bercampur dengan air liur dan kemudian dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana. Dengan mengunyah makanan secara perlahan maka kerja tubuh dalam menyerap gizi makanan serta sistem pencernaan dalam mengurai makanan bekerja maksimal. Sebaliknya sistem pencernaan tubuh akan bekerja lebih keras apabila makanan yang dicerna tidak cukup lembut.

Maka kamu disarankan untuk membiasakan diri mengunyah makanan kurang lebih 32 kali, agar makanan menjadi lebih lembut saat masuk ke dalam lambung. Penderita asam lambung juga sebaiknya makandengan porsi lebih kecil namun sering agar terhindar dari perut begah dan mual.

3. Menyajikan Makanan dengan Cara Lebih Sehat

Selain memperhatikan pilihan makanan yang baik untuk lambung, kamu juga perlu mempertimbangkan cara memasak makanan yang sehat. Hindari menambahkan terlalu banyak cabai, bawang atau cuka karena bisa memicu asam lambung kambuh.

Mulai lakukan metode memasak dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Hal ini untuk mencegah lemak berlebih yang bisa mempengaruhi kesehatan lambung dan juga menghindari terjadinya obesitas.

4. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Kebiasaan ini adalah yang seringkali dilakukan ketika sedang berpuasa. Yaitu langsung tidur setelah makan. Biasanya setelah makan sahur kebanyakan orang akan langsung tidur lagi. Kebiasaan ini sangat buruk terlebih untuk penderita asam lambung. Begitupun saat berbuka, kebanyakan orang akan terus menyantap berbagai makanan sampai mendekati waktu tidur.

Seperti yang kita ketahui, kalau produksi asam lambung akan meningkat setelah makan. Makanya, seseorang tidak disarankan untuk langsung berbaring atau tidur usai makan karena dapat memicu gejala seperti mual dan heartburn (rasa panas di dada). Sebaiknya tunggu sekitar 2-3 jam sebelum waktu tidur dan berdiri atau duduk dengan posisi tegak selama 30 menit setelah makan guna mencegah asam lambung naik.

5. Kelola Stres dengan Baik

Tidak hanya berkaitan dengan pola makan yang buruk, asam lambung kambuh juga bisa dipicu oleh kondisi mental yang kurang baik seperti stres berlebihan. Oleh karena itu, kamu perlu mengelola stres dengan melakukan aktivitas yang bisa meningkatkan suasana hati seperti berbelanja, menonton film, mendengarkan musik, bermain game, bermeditasi atau yoga, journaling atau hobi lainnya.

6. Hindari Kafein

Produksi kafein membuat esofagus lebih rileks pada bagian bawah, sehingga asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan dan menyebabkan dada atau tenggorokan terasa panas. Apalagi ketika berpuasa perut akan kosong seharian, dan memberinya kafein adalah kesalahan fatal. Kafein dari kopi yang dikonsumsi dalam keadaan perut kosong akan meningkatkan keasaman perut, sehingga memicu munculnya gejala perut mulas dan gangguan pencernaan dan berakhir pada asam lambung kambuh.

Jangan salah, kafein ini nggak hanya terdapat pada kopi, lho. Beberapa jenis teh juga bisa mengandung kafein, sehingga perlu diperhatikan asupan minuman yang dikonsumsi tubuh.

Baca Juga:Pilihan Akomodasi Terbaik di Bali

Penutup

Menjalani ibadah puasa adalah kewajiban umat muslim di seluruh dunia. Karena setiap tahun dilakukan, maka berpuasa sebulan tidak menjadi kendala yang berat, kecuali bagi mereka yang mengidap masalah pencernaan seperti gangguan asam lambung. Ada banyak faktor yang memicu kambuhnya penyakit asam lambung, terlebih saat berpuasa. Mulai dari konsumsi menu sahur dan buka yang tidak sehat, langsung tidur setelah makan hingga masalah mental atau stres. Semoga cara mengatasi asam lambung naik yang dimuat pada artikel ini bermanfaat untuk dilakukan oleh para penderita asam lambung sehingga bisa menjalankan puasa secara nyaman dan maksimal dalam beribadah. Stay Healthy.
Posting Komentar

Posting Komentar