Iklan Billboard 970x250

Menikmati Bentang Alam dari Atap Tasikmalaya (Info Gunung Galunggung Terbaru)

Menikmati Bentang Alam dari Atap Tasikmalaya (Info Gunung Galunggung Terbaru)

Bicara soal wisata di Indonesia itu tidak akan ada habisnya.

Jangan ngomongin Indonesia dulu deh, Jawa Barat saja. Sebagai salah satu provinsi dari 34 propinsi di Indonesia, terdapat berjuta potensi wisata yang bisa dinikmati di Jawa Barat.

Wisata Jawa Barat terkenal dengan wisata alam nya yang luas membentang. Dari ujung ke ujung hijau dan memanjakan mata, menyegarkan siapa saja yang menikmatinya. Maka tidak berlebihan ketika ada ungkapan “Bumi pasundan lahir saat tuhan sedang tersenyum” (MAW.Brouwer).

Jawa Barat bukan hanya Bandung, yang juga terkenal dengan wisata-wisata alamnya. Tetapi hampir di tiap daerah di Jawa Barat memiliki wisata alam yang khas dengan keunikannya masing-masing.

Termasuk di Tasikmalaya nih, ada salah satu wisata alam yang sangat keren yang bisa menjadi tujuan wisata teman-teman. Yes, Wisata Gunung Galunggung.

Gunung Galunggung merupakan gunung api yang masih aktif sampai sekarang. Meski aktif, sejauh ini masih relatif aman untuk di daki. Menurut data, terakhir kali erupsi tahun 1982-1983.

Informasi Gunung Galunggung Tasikmalaya Terbaru

Sebenarnya Wisata Gunung Galunggung sudah sangat terkenal dan diminati, setidaknya oleh warga lokal Tasikmalaya, Garut dan sekitarnya.

Meski untuk pengunjung dari luar kota mungkin masih kurang familiar, karena Tasikmalaya sendiri belum dikenal sebagai kota wisata secara keseluruhan. Artinya pelancong dari luar mungkin masih kebingungan ketika akan mengunjungi Tasikmalaya. Mau ngapain ya? Ada wisata apa saja disana?

Masih sedikitnya wisata-wisata andalan serta minimnya penyebaran informasi melalui media-media sosial, mungkin salah satu penyebabnya. Padahal Tasikmalaya memiliki begitu banyak potensi yang bisa di gali dan ditawarkan kepada pengunjung.

Hanya melipir sedikit dari hiruk pikuk dan kemegahan wisata di Bandung. Kita sudah bisa menikmati wisata-wisata yang berbeda di Tasikmalaya. Apalagi sekarang semakin mudah saja, dengan banyaknya pilihan transportasi dari (dan ke) Tasikmalaya.

Salah satunya kereta api. Moda transportasi favorite ini memang disukai oleh banyak orang karena kenyamanan dan ketepatan waktu nya. Ga udah takut ke macetan di Nagreg lagi kalau ke Tasikmalaya.

Kabar gembira nya, baru-baru ini dibuka rute baru kereta Bandung (kiara condong) – Tasikmalaya, dan Jakarta – Bandung – Banjar (transit Tasikmlaya). Sehingga menambah kemudahan untuk menuju Tasikmalaya.

Mungkin itu juga merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah daerah yang bekerjasama dengan pihak terkait untuk memajukan perekonomian dan memperkenalkan wisata-wisata di Tasikmalaya dan sekitarnya (Ciamis, Banjar, Pangandaran, dll).

Oke, kembali ke Galunggung.

Wisata Galunggung bukan hanya wisata bukit / gunung saja. Disana ada juga wisata air panas serta air terjun. Jadi menurut saya sih, lumayan lengkap ya. Patut untuk dicoba jika teman-teman ke Tasikmalaya.

Cara Menuju dan HTM Wisata Gunung Galunggung

Wisata Galunggung terletak di desa Linggajati, Kab. Tasikmalaya. Sekitar 17 KM atau kurang lebih 45-60 menit dari pusat kota Tasikmalaya.

Cara kesana bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi (motor dan mobil) ataupun kendaraan umum.

Rute menggunakan kendaraan pribadi jika dari pusat kota Tasikmalaya yaitu melewati Jl. RAA Wiratanuningrat ke Jl. Dewi Sartika lalu ke Jl. Bantarsari kemudian berakhir di Jl. Cipanas Galunggung.

Sedangkan jika ingin menggunakan kendaraan umum, naiklah angkot dari Terminal Indihiang Tasikmalaya jurusan Cipanas Galunggung (angkot berwarna hijau). Ongkos angkot 15K (per jan 2019).

Angkot tersebut akan mengantarkan kita sampai lokasi Wisata Air Panas Galunggung (loket I). Lokasinya masih di kaki gunung. Jika teman-teman berniat untuk ke Kawah Gunung Galunggung, perlu menyambung ojek dari lokasi tempat turunnya angkot tersebut.

Informasi Gunung Galunggung Tasikmalaya Terbaru
Loket I. Persis di depan loket ada persimpangan antara wisata pemandian air panas (belok) dan wisata kawah (lurus / naik). Sumber gambar: tasikplus

Sebenarnya bisa jalan kaki menuju pintu masuk kawah (loket II) dari persimpangan tersebut, tapi lumayan loh. Sekitar 4KM menyusuri jalan aspal dengan medan menanjak. Saya sih sarankan naik ojek saja, untuk save energi naik tangga ke puncak kawahnya. Ongkos ojek 15-25K, pintar-pintar nawar saja.

Untuk tiket masuk di Kawasan Wisata Gunung Galunggung ada 2 loket. Yang pertama sebelum masuk kawasan (yakni pas persimpangan antara wisata air panas dan kawah) sebesar 5K/orang. Lalu jika kita menuju wisata kawah, akan menemukan loket kembali dan bayar 5K/orang (khusus camping bayarnya 15K/orang). Lokasi loket kedua tersebut berada dekat kebun pinus, masih beberapa ratus meter dari pintu masuk tangga ke kawah.

Menuju Gunung Galunggung

Perjalanan saya ke Gunung Galunggung diawali dari Sukabumi lalu ke Bandung, menaiki KA Pangandaran (Bandung - Banjar) yang sedang promo hanya dengan biaya 1000 rupiah sekali jalan. Haha.

Informasi Gunung Galunggung Tasikmalaya Terbaru
Kereta pangandaran, promo 1000,- rupiah executive class

Sesampai di Tasikmalaya sebenarnya saya tidak langsung menuju Gunung Galunggung, karena hari sudah sore sekitar pukul 3, sedangkan perjalanan ke Galunggung dari kota Tasik masih sekitar 1 jam. Akhirnya kami (saya dan rombongan) menginap terlebih dahulu di kota Tasikmalaya.

Saya merasa perlu merekomendasikan tempat saya menginap, siapa tau berguna untuk teman-teman pembaca. Mengingat di kota Tasikmalaya belum menjamurnya penginapan-penginapan murah apalagi yang berbentuk rumah untuk rombongan. Dan yang paling penting, saya merekomendasikan karena saya puas. Hehe.

Informasi Gunung Galunggung Tasikmalaya Terbaru
Homestay tempat menginap


Kami bermalam di Almeria House Lake And Hill View, 5 menit berjalan kaki dari (dan ke) Wisata Situ Geude Tasikmalaya. Lokasi sangat nyaman dan kawasan nya tenang. Berada di lingkungan Perumahan Andalusia.

Informasi Gunung Galunggung Tasikmalaya Terbaru
Situ Gede Tasikmalaya di pagi hari


Kami booking via Airbnb. Tapi jika teman-teman suatu waktu waktu perlu dan males booking online, bisa langsung hubungi Bu Yeyet sebagai tuan rumah. Bu yeyet host yang sangat baik, informatif serta memfasilitasi kami sangat lengkap selama disana.

Kontak Bu Yeyet: 0812-2220-075

Setelah menginap 1 malam, keesokannya kami baru menuju Gunung Galunggung. Berangkat dari penginapan pukul 10 dan baru sampe lokasi sekitar pukul 12 siang, plus mampir tempat rental dulu.

Nah,bagi teman-teman dari luar kota yang ribet bawa peralatan kemah dari rumah. Bisa sewa di Tasikmalaya langsung. Ada beberapa jasa rental outdoor di Tasikmalaya. Kemarin kami menggunakan jasa Malindo Outdoor. Lokasinya berada di pusat kota, lumayan dekat dengan stasiun.

Kontak Malindo Outdoor: 0813-2014-7000

Sempat istirahat solat dan jajan-jajan dulu di warung sekitar basecamp gunung galunggung. Sebenarnya bukan basecamp sih, hanya titik awal pendakian / naik tangga ke kawahnya. Berupa parkiran dan warung-warung warga. Serta dilengkapi fasilitas WC dan mushola.

Lalu kami kemudian melanjutkan pendakian sekitar pukul 2 siang.

Pendakian ke Puncak Gunung Galunggung melewati tangga yang 620 anak tangga itu. Tapi untuk yang males capek, sekarang gak usah khawatir lagi, karena ada jasa ojek sampai ke puncak. Cukup membayar 35K saja.

Loh iyakah? Ojek naik tangga???

Gak dong. Ada jalur khusus untuk sepeda motor. Jalur nya berada di pojok dekat tower dan mushola. Jalur itu juga boleh dipakai untuk pejalan kaki. Seperti kemarin pun, saat perjalanan naik, kami mencoba jalur itu. Katanya lebih landai dan gak capek. Tapiii.. capek ah. Haha.

Jalur nya memang cukup landai. Hanya awal-awal saja kemiringannya hampir 90 derajat, setelah itu enak. Berupa jalan setapak, beberapa bagian di tembok, dan sebagian lagi berupa jalan pasir / bebatuan. Dan plus nya, pemandangan melalui jalur ini uhhh uhhh ..

Informasi Gunung Galunggung Tasikmalaya Terbaru
Medan dan pemandangan jalur setapak


Sebenarnya dari lokasi parkiran sudah keliatan kerennya tempat ini. Bahkan dari pas memasuki kawasan saja, dari kendaraan sudah bisa menikmati sekeliling yang ijo-ijo.

Semakin naik, semakin terpampang nyata. Dikelilingi luasnya bentang alam yang hijau sangat memanjakan mata. Masyaa Allah.

Jika melalui jalur setapak, kita bisa melihat air terjun dari kejauhan. Ditengah-tengah lembah, beberapa air terjun terlihat dan rincikan suara airnya terdengar. Menambah luar biasa pemandangan.

Ujung dari jalur setapak ini tepat di lokasi turun ke danau / kawah. Berbeda dengan jalur tangga, finishnya berada jauh di dekat warung-warung warga. Tapi sayangnya sekarang tidak bisa turun sampai ke kawah / danaunya ya, dikarenakan bahaya longsor. Hanya bisa melihat dari puncak / punggungan gunung saja.

Begitupun untuk camping. Kalau dulu bisa dibawah, sekarang dilarang mendirikan tenda di kawah / danau.

Informasi Gunung Galunggung Tasikmalaya Terbaru
Punggungan gunung, sangat luas melingkar


Fasilitas di atas Gunung Galunggung cukup lengkap. Banyak warung-warung warga, yang kalau weekend akan buka 24 jam. Ada toilet, bahkan sedang dibangun mushola juga yang akan menambah lengkap fasilitas.

Dan tidak lupa yang menjadi hajat hidup manusia zaman now, internet. jaringan seluler diatas 4G lho, meski hanya provider tertentu. Cocok lah mendapat predikat Gunung Bintang 5 nya Jawa Barat. Hehehe.

Beruntungnya kami saat itu tidak hujan, padahal januari kemarin cuaca sedang tidak karuan. Hujan terus menerus sepanjang Januari, termasuk di Tasikmalaya juga. Seperti kata warga sana, biasanya tasik hujan wae.

Tapi hari itu 28 Januari Alhamdulillah cerah, camping pun nyaman meski kesepian. Haha. Iya, karena bukan weekend, sehingga tidak banyak yang berkemah di atas. Cuma kami dong! Bahkan warung-warung warga pun tidak ada yang buka. Tapi tiba-tiba ada 1 rombongan yang datang untuk gelar tenda saat malam hari, jadi ada temen deh.

Sebenarnya untuk pengunjung yang naik turun selalu ada tiap hari, paling tidak sampai jam 7 malam. Biasanya pengunjung lokal, sehingga dia pergi-pulang tanpa menginap. Alasan mengapa datang sore – malam karena pemandangan diatas saat malam ternyata tidak kalah keren.

Pemandangan alam yang hijau diganti dengan pemandangan lampu-lampu kota (city light) Tasikmalaya. Keren abis. Diatas ada fasilitas skydeck untuk menikmati pemandangan malam dari puncak Gunung Galunggung. Katanya sih ada air terjun warna-warni juga. Tapi saya tidak tau persisnya dimana.

Informasi Gunung Galunggung Tasikmalaya Terbaru
Air Terjun agung Galunggung. SUmber: wisatajabar.com


Curug Agung namanya. Air Terjun yang dilengkapi lampu-lampu, sehingga kalau malam terlihat kelap-kelip berwarna-warni. Hampir mirip dengan Air Terjun Pelangi yang ada di Bandung.

Punggungan gunung galunggung sendiri sangat luas, melingkar mengitari kawah / danau di bawah sana. Punggungan ini bisa dikatakan juga puncak nya Gunung Galunggung, karena tempat finish pendakian serta tempat berkemah pengunjung.

Saking luasnya, kami pun tidak sempat mengitarinya. Belum lagi disana banyak ditemukan monyet-monyet liar sehingga nyali menciut untuk explore lebih jauh dari camping ground yang lokasinya disekitar warung-warung warga.

Tapi monyet-monyet tidak mengganggu kok. Sangat aman diatas.

Tidak banyak aktifitas yang dilakukan saat malam di Gunung Galunggung. Hanya menikmati pemandangan sekitar yang disuguhkan, sambil masak-masak dan ngobrol, hingga akhirnya terlelap dibalik tenda.

Semakin malam angin semakin besar. Saya pribadi sempat beberapa kali terbangun dari tidur karena terpaan angin yang mengoyangkan tenda tempat kami tidur. Tapi tidak panik sih, karena sebelumnya pun sudah diberitahu oleh pemilik warung sebelum beliau pulang, bahwa anginnya sedang besar, jadi jangan kaget katanya.

Cuma masalahnya suhu jadi lebih dingin. Sebenarnya di Gunung Galunggung itu sangat normal, tidak terlalu dingin bila dibandingkan gunung-gunung lain yang lebih tinggi. Jadi tidak perlu bawa perlatan yang ribet-ribet ya untuk camping disana. Kami pun tidur tanpa sleeping, hanya dengan jaket seadanya saja dan nyaman-nyaman saja.

Angin besar kembali datang pagi hari saat kami sedang packing untuk turun. Bahkan lebih besar dari semalam kayaknya. Tenda saja hampir terbang. Haha. Tapi aman.

Kami turun sekitar pukul 9 pagi, melalui jalur tangga. Enak banget nih kalau untuk perjalanan turun, tidak akan menguras keringat. Hanya sekitar 10 menit saja, kami sudah melewati 620 anak tangga sampe bawah.

Informasi Gunung Galunggung Tasikmalaya Terbaru

Informasi Gunung Galunggung Tasikmalaya Terbaru

Sebelum melanjutkan perjalanan pulang, kami beres-beres dulu di mushola sekitar basecamp. Mandi, dll. Air nya dingin, seger banget.

Menurut info di kaki Gunung Galunggung banyak terdapat air terjun. Hanya lokasinya cukup berjauhan dengan tempat pendakian Gunung Galunggung. Sehingga saya dan teman-teman tidak bisa sekalian pergi kesana, karena keterbatasan waktu. Kayaknya sih kudu naik kendaraan pribadi juga.

Wisata Gunung Galunggung sangat recommended tempatnya. Harusnya sih bisa bersaing dengan wisata-wisata gunung di daerah sekitarnya seperti garut. Tapi saya yakin, suatu saat nanti akan semakin banyak tujuan-tujuan wisata di Tasikmalaya sehingga menarik perhatian banyak wisatawan untuk berkunjung kesana.

Akhir kata semoga informasi tentang Gunung Galunggung ini berguna dan bisa memberikan referensi untuk teman-teman yang ingin atau berkesempatan mengunjungi Tasikmalaya.

Informasi Gunung Galunggung Tasikmalaya Terbaru

Informasi Gunung Galunggung Tasikmalaya Terbaru
Kawah Gunung Galunggung

Rangkuman Informasi Seputar Biaya di Gunung Galunggung Terupdate 2019
1. Tarif angkot dari Terminal Indihiang Tasikmalaya 15K tujuan Cipanas Galunggung
2. Ojek dari Cipanas sampai pintu pendakian 15-25K, kalau jalan kaki kurang lebih 4KM (jauuuuh)
3. Ojek menuju kawah dari start point pendakian 35K. Medan menanjak, kalau naik ojek mungkin sekitar 5 menit sudah sampai ke puncak. Yang senang petualang lebih enak jalan kaki.
4. Tarif masuk 5K+5K (ada 2 loket), kalau camping 5K+15K. Parkir sudah termasuk, atau bayar lagi seikhlasnya.
5. Toilet di puncak 3K/1x.
6. Harga makanan dan minuman di warung-warung sekitar puncak standar tempat wisata (Aqua 600ml 5K, 1500ml 10K).

Barangkali ada yang belum di infokan atau kurang jelas. Silahkan ditanyakan saja :)

Budayakan Comment Setelah Membaca :)
Baca Juga
SHARE
Zoetami
Sharing while doing.

Related Posts

Subscribe to get free updates

6 comments

Post a Comment

Iklan Tengah Post