Thursday, November 8, 2018

Hanya di Sukabumi, Ada Niagara Mini di Balik Terasering Sawah

Cara Menuju Curug Cirajeg Sukabumi

Bicara soal air terjun, Sukabumi adalah surganya. Ratusan bahkan mungkin ribuan air terjun tersedia di Sukabumi.

Mau menjelajah air terjun di Sukabumi? Teman-teman harus sediakan waktu yang lebih panjang untuk stay di Sukabumi, agar lebih puas. Karena apa? Karena saking banyaknya.

Bahkan saya pribadi, sebagai warga lokal Sukabumi pun, belum bisa menjelajah seluruh air terjun / curug yang ada di Sukabumi.

Tipe-tipe air terjun di Sukabumi sangat bervariasi. Ada yang debit airnya kecil, ada yang besar. Ada yang tinggi, ada juga yang tidak terlalu tinggi. Semua tidak mengurangi keindahannya. Bahkan salah satu air terjun teindah di Jawa Barat konon ada di Sukabumi. Air terjun Cikaso (?)

Curug Cikaso Sukabumi, Jawa Barat

Nah ada nih, salah satu yang unik menurut saya. Air terjun di tengah pematang sawah. Selama ini sih belum pernah melihat di tempat lain. Hehe.

Kok ada-ada saja. Biasanya kan air terjun posisinya berada di kali tengah-tengah hutan. Tapi yang satu ini berbeda, tempatnya dikelilingi hijaunya pematang sawah yang luas. Curug Cirajeg namanya.

Setiap saat selalu saja bermunculan tempat wisata air terjun yang baru, menambah panjang daftar tempat-tempat wisata di Sukabumi. Bukan tiba-tiba muncul, tapi karena surga tersembunyi sehingga baru diangkat oleh masyarakat sekitar yang baru melek terhadap potensi wisatanya. Seperti Curug Cirajeg ini.

Air terjun ini memang belum lama dijadikan tempat wisata. Awalnya tidak banyak orang yang tau dan datang untuk menikmati Air Terjun indah tengah sawah ini. Paling tidak hanya masyarakat sekitar saja.

Tetapi karena bantuan media sosial, dalam sekejap tempat ini pun mulai diburu oleh para wisatawan. Terutama para curug hunter. Pesonanya yang memang sangat indah, menjadikan Curug Cirajeg menjelma menjadi salah satu air terjun yang sering dijadikan tempat wisata. Khususnya oleh wisatawan lokal dari sekitar Sukabumi.

Untuk pengunjung dari luar Sukabumi sepertinya masih jarang ya. Pamor nya masih kalah dengan tempat-tempat wisata air terjun yang lain, seperti kumpulan air-air terjun di Ciletuh Geopark, dll.

Secara lokasi, air-air terjun di Sukabumi berada lumayan jauh dari pusat kota. Yakni sebagian besar berada di Kabupaten Sukabumi. Sayangnya kebanyakan akses nya masih kurang baik. Mungkin itu juga yang meembuat potensi wisata di Sukabumi yang super melimpah ini menjadi kurang maksimal.

Berbeda dengan lokasi wisata di kota-kota lain, saya contohkah Yogyakarta. Sepelosok apapun lokasinya, akses menuju tempat wisata dipermudah. Salah satunya oleh jalan dan penunjuk arah. Perhatian pemerintah memang sangat diperlukan untuk membantu pemekaran sebuah tempat wisata.

Cara Menuju Curug Cirajeg


Curug Cirajeg berada di Desa Neglasari, Kec. Purabaya, Kabupaten Sukabumi.

Dari pusat kota Sukabumi setidaknya menempuh jarak 50KM. Atau butuh 2 jam perjalanan menuju selatan, yaitu ke arah Sagaranten. Melewati beberapa wilayah diantaranya Baros – Nyalindung - Purabaya.

Setelah sampai di Purabaya yaitu ditandai dengan POM / SPBU dan Pasar, lanjut sekitar 15 menit ke arah Sagaranten. Sampai menemukan persimpangan ke kanan yang ditandai dengan pangkalan ojek (Neglasari).

Dari persimpangan itu masih sekitar 7KM lagi, dengan jalanan yang mulai rusak. Dibeberapa titik jalanan berupa hutan, yaitu tidak ada rumah penduduk di kanan kiri. Tapi pada akhirnya akan menemukan lagi pemukiman warga, kalau tidak salah namanya kampung Ciakar.

Oh ya, pastikan menggunakan kendaraan pribadi karena tidak tersedianya kendaraan umum untuk menuju kesana.

Ada sih bus trayek Baros – Sagaranten, atau angkot Baros – Purabaya. Tapi tidak bisa menjangkau lokasi Curug Cirajeg karena berada jauh masuk kedalam.

Jika teman-teman datang kesana, manfaatkan warga sekitar untuk bertanya. Karena minimnya bahkan belum ada penunjuk arah. Warga akan dengan senang hati memberitahu arah menuju Curug Cirajeg.

Ketika sudah hampir sampai, jalanan akan lebih susah. Jalanan kecil layaknya gang, dengan tipe koral. Atau hanya bebatuan tanpa aspal.

Jika hujan, perjalanan akan lebih sulit karena tipe jalan seperti itu. Licin... Harus extra berhati-hati.

Jalanan koral cukup panjang, melewati pekarangan-pekarangan rumah warga. Suasananya perkampungan yang masih sangat asri, jauh dari hiruk pikuk kota.

Jika bingung, jangan sungkan untuk bertanya lagi. Jangan sampai, sudah susah-susah jalan eh salah. Hahaha. Saya saja 3x kesana tapi masih selalu nanya, karena cukup membingungkan.

Semua kesusahan diperjalanan akan terbayar ketika sudah sampai disana. Baru sampai parkiran, teman-teman akan disuguhkan hijaunya hamparan sawah yang membentang luas.

Yes, seperti sudah dibilang tadi. Lokasi air terjun ini berada dibalik terasering sawah.

Dari parkiran kita tidak langsung sampai ke lokasi Air terjun, melainkan harus jalan turun dahulu melewati pematang sawah.

Cara Menuju Curug Cirajeg SukabumiTidak perlu ke ubud, di Sukabumi juga ada

Lumayan jauh kita harus berjalan kaki. Dan mungkin untuk yang tidak terbiasa berjalan ditempat seperti itu akan sedikit kesulitan. Kalau saya sih dari kecil mainnya di sawah :D

Tapi jangan khawatir. Suasana yang syahdu akan meredakan sedikit rasa cape.


Secara fasilitas masih sangat terbatas. Mungkin karena lokasinya juga yang berada di pesawahan, membuat para pengurus sulit membenahi lokasi ini.

Pengunjung hanya bisa menikmati panorama air terjun dengan keasrian alam sekitarnya. Cukup lah untuk merefresh otak. Konon kalau melihat yang hijau-hijau mata dan pikiran akan lebih segar. Benarkah begitu?

Disekitar parkiran (yang berada di atas curug) terdapat bale-bale dan warung-warung untuk istirahat.

Cara Menuju Curug Cirajeg SukabumiLokasi parkiran

Oya untuk tiket masuk masih GRATIS. Hanya membayar parkir dan retribusi kebersihan sebesar 5K. Jangan nyampah ya...

Cocoknya sih datang kesana ketika musim penghujan, supaya debit air besar. Tapi tentu perjuangan di jalan akan sangat besar jika musim hujan. Karena inspaktuktur yang kurang baik.

Semoga ada perhatian dari pemerintah, baik pusat atau pemerintah daerah supaya bisa membantu membenahi tempat wisata potensional ini.

Cara Menuju Curug Cirajeg Sukabumi

Informasi tentang cara menuju Niagara Mini Dibalik Pematang Sawah, Curug Cirajeg ini mudah-mudahan bermanfaat. Dan bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang sedang berada di Sukabumi, ketika ingin menikmati wisata Air Terjun yang baru dan tidak biasa serta masih alami. Mungkin bisa dicoba ke Curug Cirajeg.

Oh ya, di Sukabumi, selain Cirejeg ini masih ada juga air terjun yang ada ditengah terasering sawah. Namanya Curug Cikurutug, lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi Curug Cirajeg. Masih di daerah Jampang Tengah. Nanti kapan-kapan dibuat ulasannya ya. Kebetulan saya pun belum pernah kesana. Hehe.

Baca Juga