Thursday, November 8, 2018

Itinerary Cirebon 2D1N ala Zoetami

Cirebon si kota Udang. Di artikel sebelumnya yaitu Panduan Lengkap Berwisata ke Cirebon saya sudah sedikit memberikan gambaran bagaimana cara untuk berlibur ke Cirebon.

Mulai dari transportasi menuju Cirebon, transportasi di Cirebon, hotel atau penginapan di Cirebon, tempat wisata Cirebon, sampai makanan-makanan atau kuliner apa saja yang bisa dijajal ketika teman-teman datang ke Cirebon.

Ternyata Cirebon memiliki pesona yang tidak kalah menarik lho dengan kota lain. Meski saat ini Cirebon seperti belum dijadikan tujuan wisata favorite para pelancong.

Tapi melihat potensi yang dimiliki Cirebon, saya pribadi sih yakin bahwa Cirebon akan masuk menjadi deretan kota wisata yang diminati di Indonesia suatu hari nanti.

Buat teman-teman yang senang melancong, apalagi yang belum pernah menginjakan kaki di Cirebon. Worth to try guys. Jangan dilewat terus. Hehe

Memangnya bisa kemana saja sih di Cirebon?

Di artikel ini saya akan mencoba memberikan referensi Itinerary atau rencana perjalanan 2D1N / 2H1M di Cirebon. Dengan harapan bisa memberikan gambaran untuk teman-teman yang masih gelap tentang lokasi-lokasi wisata di Cirebon.

Saya asumsikan teman-teman datang dari arah Barat menggunakan moda transportasi Kereta Api. Biasanya kereta api akan berhenti di 2 stasiun di pusat kota Cirebon. Yaitu di Stasiun Cirebon Kjaksan dan Stasiun Cirebon Prujakan.

Jarak kedua stasiun tersebut cukup dekat. Hanya sekitar 2KM saja. Bedanya antara kedua stasiun tersebut, mungkin ditentukan oleh kelas Kereta Api atau tipe transit atau bukan. Kalau soal ini saya kurang paham. Mungkin bisa di cek di aplikasi atau web resmi KAI untuk informasi kereta api yang berhenti di masing-masing stasiun tersebut.

Itinerary Cirebon 2D1N by Zoetami

Itinerary Cirebon 2H1N ala ZoetamiSumber gambar : akurat.co

Rencana perjalanan ini saya coba urutkan yang searah supaya memudahkan teman-teman dalam memilih transportasi dan supaya bisa memaksimalkan waktu yang singkat.

Karena seperti pengalaman pribadi, kalau kita memilik lokasi wisata sesuai keinginan saja (random), kadang banyak membuang waktu. Seperti bolak-balik, terkena macet, dan lain sebagainya.

Oh ya, sebenarnya jika menjajal wisata Cirebon biasanya kurang lebih kalau tidak sekalian menjajal juga wisata Kuningan dan Majalengka. Karena lokasi ke-3 kota tersebut berdampingan. Paling tidak hanya 1 jam saja.

Sebelum lanjut ke Itinerary lengkap, saya akan memberikan referensi transportasi dahulu untuk menjajal wisata Cirebon ini. Kalau boleh usul, lebih efektif menggunakan Rental Kendaraan. Karena jika menggunakan kendaraan umum akan kerepotan dan menghabiskan waktu.

Kalau saya pribadi, untuk memaksimalkan waktu explore yang singkat, sangat tidak merekomendasikan kendaraan umum. Ya meskipun bisa saja sih.

Banyak rental mobil di Cirebon. Salah satunya Happy Car Rental.

Rental kendaraan dengan supir yang sudah berpengalaman, dan hapal sekali seluk-beluk kota Cirebon, Kuningan, Majelengka. Sehingga liburan dan waktu menjelajah akan lebih padat.

Selain itu rental mobil di Cirebon ini, menyediakan berbagai macam kendaraan untuk semua keperluan. Bukan hanya mobil keluarga dengan kapasitas standar, tapi juga untuk keperluan rombongan. Rental Hiace di Cirebon sangat recommended untuk menemani liburan teman-teman di Cirebon.

Kontak rental mobil di Cirebon : 08156407913 / 081298476511

Ok, back to itinerary.

Usahakan sampai Cirebon lebih pagi supaya waktu lebih panjang. Caranya pilih jadwal kereta paling pagi dari Jakarta. Dan untuk pulangnya cari jadwal keberangkatan sore. Perjalanan kereta Jakarta – Cirebon cukup singkat, hanya sekitar 3-4 Jam saja.

Hari Pertama
09.00 Tiba di Cirebon
09.30 Menuju Keraton Kasepuhan dan Keraton Hanoman
10.00 – 12.00 Menikmati Wisata Keraton
12.00 Masjid Agung Sang Cipta Rasa (Mesjid Tertua di Cirebon)
12.30 – 13.30 Wisata kuliner atau Makan Siang (Bisa coba Nasi Jamblang Bu Nur)
13.30 Menuju Gua Sunyaragi
14.00 – 15.00 Menikmati Wisata Gua Sunyaragi
15.00 Menuju Hotel (Check in)
16.00 – 18.00 Jalan-jalan mecari oleh-oleh Khas Cirebon (Bisa ke Batik Trusmi, dll)
19.00 Wisata Kuliner / makan malam (Bisa di Bukit Gronggong, atau cari menu Seafood)
20.00 Kembali ke Hotel, Istirahat

Hari Kedua
07.00 Breakfast di Hotel
07.30 Checkout Hotel, Menuju Kuningan
09.00 Sampai di Wisata Pemandian Cibulan, Kuningan
09.00 – 10.00 Menikmati Wisata Ikan Dewa Cibulan, Kuningan
10.00 – 11.30 Menikmati Wisata Gedung Perundingan Linggarjati, Kuningan
11.30 – 14.00 Ishoma, Wisata Kuliner atau Makan Siang (Bisa ke Ayam Palinggihan / Wisata Kuliner Nasi Lengko plus sate kambing muda)
14.00 Kembali ke Cirebon
15.00 Tiba di Cirebon
15.00 – 16.00 Menikmati Wisata Kuliner Cirebon Kembali (Bisa Coba Empal Gentong, dll)
16.00 Menuju Stasiun Untuk Menunggu Kereta Pulang

Barangkali itu itinerary Cirebon 2D1N ala Zoetami. Semoga cocok dan bisa memberikan referensi untuk teman-teman yang akan mengunjungi Cirebon dalam waktu dekat. Masih banyak tempat wisata yang tidak masuk pada list diatas. Bisa disesuaikan saja dengan minat masing-masing.

Budayakan Comment Setelah Membaca :)

Baca Juga