Monday, October 29, 2018

Cara Booking Tiket Bus Secara Online

Kini, tidak hanya tiket kereta dan pesawat saja yang bisa pesan secara online. Bus pun sudah bisa lho.

Mungkin diantara teman-teman sudah ada yang tau dan mencobanya. Atau bahkan belum tau sama sekali? Oke, baca artikelnya sampai selesai ya.

Di artikel ini saya akan berbagi informasi bagaiamana cara booking tiket bus secara online.

Cara Booking Tiket Bus OnlineSumber Gambar: id.techinasia.com

Apasih keuntungan booking online dibanding memesan langsung?

Ini tentu pertanyaan retoris, yang sudah pasti tau jawabannya.

Efektifitas waktu. Mungkin alasan paling kuat mengapa orang lebih senang memesan sesuatu via aplikasi / online. Bukan hanya urusan memesan tiket saja ya. Ada yang jauh lebih sering dilakukanan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu seperti memesan barang online di marketplace atau toko-toko online.

Selain itu, sering adanya promo yang ditawarkan oleh masing-masing aplikasi penyedia layanan booking. Sehingga kita bisa saja mendapatkan harga yang lebih hemat. Ini juga salah satu yang jarang (hampir tidak pernah) ditemukan ketika kita memesan tiket secara konvensional.

Untuk yang sering bepergian ke luar kota, baik untuk urusan pekerjaan, atau tamanya untuk tujuan liburan. Promo sangat membantu menekan biaya perjalanan kan, tentunya teman-teman pasti setuju.

Lalu bagaimana langkah-langkah memesan tiket bus online?

Untuk langkah nya sendiri hampir sama saja dengan memesan tiket transportasi lain seperti kereta ataupun pesawat.

Teman-teman bisa mendownload aplikasi penyedia jasa booking online, atau bisa juga langsung via website.

Sebenarnya, PO-PO bus sudah menyediakan pemesanan online via website resmi (tanpa pihak ketiga). Sebut saja PO Pahala Kencana, Rosalia Indah, Gunung Harta, Kramat Djati, Lorena, Budiman dan yang lainnya.

Sejak lama mereka telah menyediakan menu booking di website nya masing-masing, meskipun ada beberapa yang belum berhasil ketika saya mencobanya. Mungkin karena masih kurangnya minat penumpang untuk booking via website resmi, sehingga belum di optimalkan.

Alasannya selain beberapa belum tau, juga karena sudah banyaknya aplikasi penyedia booking online (pihak ketiga), yang lebih familiar untuk para calon penumpang. Sehingga banyak dari mereka melakukan reservasi via aplikasi-aplikasi tersebut.

Ya semua adalah pilihan, selama legal dan tanpa masalah. Apalagi di aplikasi (pihak ketiga) sering ada promo menggiurkan, yang jarang diberikan website resmi PO. Ya pasti pilih sebelah dong.

Tapi itu sama sekali tidak merugikan pihak PO. Mau pesan via apapun, tiket mereka tetep laku. Karena yang memberi promo kan si aplikasi, bukan PO. Lingkaran simbiosis mutualisme lah ya. Panjang kalau diceritain. Haha

Beberapa aplikasi jasa penyedia booking tiket bus online (pihak ketiga) antara lain: Traveloka, Redbus, Bukalapak, Bosbis, Bustiket, Easybook, dll.

Nah, sekarang saya akan jelaskan langkah-langkah memesan tiket online via aplikasi (pihak ketiga).

Kita ambil yang paling familiar di telinga para traveler. Si pelopor marketplace travel, siapa lagi kalo bukan Traveloka.

1. Buka Website Traveloka (www.traveloka.com)

2. Pilih menu “Tiket Bus & Travel” di sebelah atas atau di list menu samping

Cara Booking Tiket Bus Online

3. Ketikan kota/terminal asal, tujuan, tanggal pergi (one way / PP), dan jumlah kursi lalu klik "Cari"

Cara Booking Tiket Bus Online

4. Akan muncul pilihan bus-bus yang tersedia

Cara Booking Tiket Bus Online

Teman-teman bisa sortir sesuai kebutuhan. Misal harga termurah, waktu berangkat ter-pagi, nama PO, dll.

Oya, tidak semua PO menjadi mitra traveloka atau penyedia booking online yang lain. Seperti contoh bus ekonomi Sinar Jaya, tidak ada dalam list partner traveloka. Sehingga jika ingin menggunakan bus tersebut, bisa booking via website resminya saja.

Setelah mendapatkan bus yang dimaksud, klik "Pilih".

5. Mengisi data pemesanan dan data penumpang

Bedanya, data pemesanan ini untuk informasi kontak saja, sedangkan data penumpang / detail traveler di isi dengan data si calon penumpang.

Cara Booking Tiket Bus Online

Enaknya, untuk booking bus online, kita tidak perlu memasukan no ID. Cukup nama saja. Berbeda dengan kereta, yang mana mesti menyertakan no ID baik KTP, SIM atau lainnya.

Jika selesai, klik "Lanjutkan".

6. Konfirmasi data dan pilih no kursi

Cara Booking Tiket Bus Online

Memilih no kursi bersifat optional. Banyak diantara PO tidak memberlakukan pemilihan kursi, jadi nanti dapetnya ngacak aja. Siapa cepat.

Tapi tidak ada salahnya untuk di isi sesuai keinginan. Jika tidak di isi, maka no kursi akan di isi secara otomatis oleh sistem.

7. Lanjutkan ke menu pembayaran

Sebelum memilih metode pembayaran, akan dipersilahkan untuk mengecek ulang pesanan (review). Di menu ini kita sudah mendapat no.pesanan.

Jika semua sudah benar bisa klik "Lanjut ke Pembayaran".

Cara Booking Tiket Bus Online

Metode pembayaran di traveloka sangat bervariatif dan lengkap. Belum lagi adanya metode baru yaitu PayLater, dimana kita bisa memesan tanpa harus membayar terlebih dahulu.

Saya asumsikan membayar dengan metode pembayaran transfer saja ya.

Pilih bank yang ingin digunakan. Jika memiliki kode kupon diskon bisa di reedem disini.

Jika sudah, klik "Bayar dengan TRANSFER". Pastikan teman-teman membayar sesuai tenggang waktu yang sudah ditentukan. Jika terlambat, maka pesanan akan otomatis dibatalkan oleh sistem.

8. Ketika sudah menyelesaikan pembayaran, cek e-ticket di "Pesanan saya"

E-ticket biasanya akan muncul di menu Pesanan Saya. E-ticket digunakan untuk keberangkatan nanti. Bedanya dengan tiket kereta atau pesawat adalah e-ticket bus tidak perlu di tukar lagi.

Kalau kereta dan pesawat kan akan ditukar dengan boarding pass di stasiun atau bandara. Sedangkan e-ticket bus cukup disimpan saja, atau boleh juga dicetak. Ketika akan naik, cukup perlihatkan saja buktinya. Naik deh ke bus yang dimaksud.

E-ticket tetap harus dijaga baik-baik ya, jangan sampai hilang atau gak kebawa. Terutama jika bus menyediakan fasilitas makan, barcode di e-ticket akan di scan sebagai tiket makan penumpang. Jangan sampai karena jatuh atau hilang, jadi gak dapet makan deh.

Cara Booking Tiket Bus OnlineContoh E-ticket bus


Itu tadi langkah-langkah memesan tiket bus secara online di aplikasi Traveloka. Cukup mudah bukan?

Untuk reservasi di jasa penyedia lain kurang lebih hampir sama prosesnya.

Semoga informasi tersebut berguna dan sedikit memberikan gambaran untuk teman-teman yang ingin memesan tiket bus secara online.

Saya pribadi sempat ragu saat pertama kali akan melakukan booking online tiket bus. Karena review-review diluaran yang katanya, pemesanan tiket bus belum berjalan efektif. Tidak terdata lah, diskriminasi di terminal lah, dll.

Dan saya sudah buktikan sendiri bahwa itu semua tidak benar. Proses dari mulai pemesanan hingga pemberangkatan berjalan sesuai, tanpa hambatan apapun. Worth to try teman-teman.

Yuk rencanakan liburan kalian dengan booking tiket bus online.

Budayakan Comment Setelah Membaca

Baca Juga