Saturday, December 23, 2017

Kupas Tuntas Budget Backpacker Murah ke Bali dan Nusa Penida (Bonus Kontak-kontak Penting)

Kupas Tuntas Budget Backpacker Murah ke Bali dan Nusa Penida

Heyho... Lanjut nih.

Agak terlambat karena kesibukan lain, maaf ya.
Pasti sudah tidak sabar kan pengen baca kelanjutan ceritanya?
emmm apa perasaan saya saja ya -_-

Okelah, terlepas dari kalian penasaran atau tidak, saya tetap akan melanjutkannya. Buat yang sudah nyimak dari Part 1 & Part 2, pasti sudah tau kan apa yang akan saya bahas di part ini?

Yes betul! di artikel ini saya akan coba merinci, sekaligus membocorkan pengeluaran atau budget yang dihabiskan dalam rangka backpackeran murah ke Bali dan Nusa Penida beberapa waktu lalu (5D4N).

Saya tidak tau info ini penting atau tidak untuk teman-teman. Tujuannya hanya agar teman-teman yang berencana untuk berlibur ke Bali dan Nusa Penida, ada sedikit gambaran mengenai semua hal yang ada disana (terutama soal budget).

Untuk tipe pejalan perfectionist, yang lebih senang prepare sebelum pergi ke suatu tempat (seperti saya), info-info detail seperti itu cukup penting sih.
Seperti soal penginapan, akomodasi, terutama tempat-tempat yang akan didatangi. Bahkan hal teremeh seperti makanan (yang sebetulnya bisa dapat sambil jalan), saya tetap akan ulik informasinya. Ya setidaknya agar tidak terlalu celingukan di tempat tujuan.

Tapi itu tadi, semua tergantung selera. Kalau teman-teman tipe orang yang gak suka ribet dan lebih suka yang instan-instan, lebih baik berhenti membaca sekarang.

Ya karena... sekarang semua sudah serba gampang. Semua ada di genggaman tangan. Dengan bantuan smartphone saja misalnya, tinggal klik-klik-klik kelar sudah urusan. Kalian bisa pergi kemanapun, tanpa ribet apalagi kalau punya persediaan budget yang banyak. Makanya, info-info disini mungkin tidak perlu-perlu amat. Kecuali, kalau masih penasaran, ya silahkan dilanjut membaca hehehe

Untuk para backpacker, atau kita yang ingin liburan dengan budget pas-pasan. Biaya akan menjadi pertimbangan krusial. Meskipun mahal atau tidak itu adalah relatif ya. Tapi menurut pribadi saya, budget saya kemarin itu sudah paling hemat. Selama yang saya baca, dengar & tau soal biaya kesana. Jadi hemat disini adalah "versi saya". Diluaran mungkin banyak juga pengalaman yang lebih keren, dengan biaya yang lebih murah.

Hemat versi saya tentu dengan tidak mengesampingkan kenyamananan. Jadi antara satu sama lain harus tetap berbanding lurus.
Misalnya begini, si A pergi ke suatu tempat dengan budget 1 juta, dia menginap di hotel. Sedangkan si B tendaan & hanya menghabiskan 200 ribu. Secara budget si B lebih oke, karena lebih murah. Tapi soal kenyamanan masing-masing dari kita belum tentu cocok dengan yang dilakukan si B. Makanya kenapa tadi saya bilang ini 'hemat versi saya'. Sekali lagi semua tergantung selera. Dan barangkali saja selera saya, selera kamu juga.

Well, terlalu banyak basa-basi nih ah (as usual). Langsung saja mari kita hitung-hitungan.

Budget Backpackeran Hemat ke Bali dan Nusa Penida


Seperti sudah saya ceritakan di part sebelumnya, saya pergi bergerombol dengan sahabat-sahabat saya (7 orang). Jadi diantara biaya-biaya yang dikeluarkan, saya sharing dengan mereka. Patungan. Contohnya untuk penginapan, kendaraan, dll.

Yakin lah, pergi sama-sama itu bisa menekan pengeluaran. Jadi saya sarankan lagi, untuk biaya yang lebih hemat pergilah dengan teman.

Untuk gambaran rincian biaya ini sendiri, adalah rincian biaya saya pribadi. Tentu akan berbeda dengan pengeluaran teman-teman saya yang lain. Karena selain biaya yang di sharecost, ada pula biaya yang kami tanggung sendiri. Seperti makan, jajan, oleh-oleh dll. Yang pastinya akan berbeda-beda. Right?

Tapi secara garis besar semua hampir sama, karena kami apa-apa bareng. Kecuali untuk oleh-oleh, salah satu teman saya bahkan ada yang sampai merogoh kocek melebihi harga tiket pesawat untuk oleh-oleh saja hahaha. Maklum personil di rumahnya banyak, karena memang sudah keluarga.

Kalau saya pribadi sih secukupnya saja (selain gak ada uangnya :D).
Sebetulnya kalau backpackeran mah tidak diwajibkan bawa oleh-oleh kan. pergi saja kadang nekat. Tapi demi afdolnya sebuah perjalanan, ya bawa lah. Minimal untuk keluarga inti di rumah.

Oke back to topic. Berikut saya langsung kasih rinciannya.

BIAYA SHARECOST
biaya yang di sharecost yaitu untuk kendaraan dan akomodasi + penginapan:

1. Jasa Pick Up ke Bandara Kedatangan (oleh pemilik rumah singgah) : 200.000,- (Bonus di drop ke pelabuhan pagi harinya)
2. Penginapan di Nusa Penida : 425.000,- (1 malam, free breakfast)
3. Sewa Motor di Nusa Penida : 280.000.- (4 unit, sudah di isi BBM full. Bahkan kendaraan yang saya pakai tidak sampai reffil bensin selama di Penida, kebetulan sekali dapat yang irit. Kalau yg lain sampai di isi, sekali)
4. Penginapan di Bali : 850.000,- (2 malam, room only)
5. Sewa Motor di Bali : 610.000,- (2 hari + antar jemput unit + asuransi)

TOTAL SHARE COST : 2.365.000,- (dengan anggota 7 orang) kurang lebih @340.000,-

BIAYA PRIBADI

1. Boat dari Bali ke Nusa Penida : 150.000,- (Pergi-Pulang)
2. Makan 6x (selama Full 3 hari + sarapan di hari terakhir) tidak termasuk sarapan gratis di rumsing + penginapan) Total : 150.000,- (25K/1x, dihitung rata-ratanya)
3. Retribusi ke tempat-tempat wisata yang dikunjungi di Bali dan Penida kurleb 100.000,- (Untuk list tempat-tempat mana saja, bisa dibaca di artikel sebelumnya)
4. Bensin untuk menuju tempat-tempat wisata di Bali dan Penida selama 3 hari sebenarnya tidak sampai 50k. Khususnya kendaraan yang digunakan oleh saya pribadi, sangat irit. Saya catat max nya saja (50k). Kemudian sharecost dengan teman : 25.000,-

TOTAL BIAYA PRIBADI : 425.000,-

Jika ditotalkan keseluruhan biaya yang dikeluarkan adalah 765.000,- untuk semua kebutuhan selama di Bali dan Nusa Penida (5hari4malam). Tidak termasuk: tiket pesawat, jajan & oleh-oleh.

# Untuk tiket pesawat, sudah sempat dibahas sedikit di artikel sebelumnya. Alhamdulillah kami mendapatkan promo, sehingga kurang lebih hanya membayar 50% saja dari harga normal. Dan,

# Untuk oleh-oleh (saya pribadi) < 500K. Setelah di hitung keseluruhannya, biaya yang dihabiskan selama backpacker hemat di Bali dan Nusa Penida tidak lebih dari 2 juta rupiah, bahkan masih kembalian loh kayaknya. Itu sudah termasuk tiket pesawat, keperluan selama disana & oleh-oleh.

Cukup hemat lah ya, bahkan sangat hemat. 2 juta itu sebetulnya bisa habis untuk pesawat saja. Tapi ini kita sudah ALL IN. Sudah keliling-keliling sampe lelah dan sudah bisa nyebrang ke pulau cantik Nusa Penida pula. Kalau kalian hanya menargetkan Bali saja, mungkin biaya tidak sampai segitu.

Untuk estimasi biaya backpacker di Bali saja sudah dibahas di artikel pertama, gak sampai 500 ribu. Klik Disini.

Kurang lebih begitu untuk biaya backpacker murah ke Bali dan Nusa Penida. Sharing dari saya ini Insyaa Allah akurat, dan benar adanya. Tidak ada yang dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangi. Kecuali kalau ada yang kelupaan & gak ketulis, ya mohon maaf. Tapi setelah di ingat-ingat sepertinya sudah semua deh.

Tidak lupa untuk menepati janji, saya akan berikan kontak-kontak orang penting. Rekomendasi untuk teman-teman yang akan berlibur ke Bali dan Nusa Penida mungkin bisa menggunakan mereka.

1. Rumah Singgah Selem Manis Bali : 0878-6012-6059 (Bli Ketut)
2. Staff Maruti Express (Boat) Sanur : 0812-4689-2524
3. Penginapan dan Sewa Motor Nusa Penida : 0878-6109-8228 (Bu Siti)
4. Sewa Motor Bali (sedia mobil juga) : 0878-6098-5449 (Mas Bayu)

Untuk pelayanan masing-masing menurut pengalaman saya kemarin, cukup memuaskan. Dan layak saya rekomendasikan.

Semoga sharing ini ada manfaatnya. Ya setidaknya bisa memberikan pencerahan bagi yang masih gelap :).
Meskipun mungkin tidak di praktekan, yang penting sekarang kalian sudah lebih pede. Gak takut kekurangan lagi kan, meski pergi dengan modal pas-pasan.

Ayooo rencanakan liburan murah kalian sekarang guys.

Kalau masih perlu info lain (yang mungkin belum sempat ketulis), feel free to ask me. Dengan senang hati saya akan berbagi pengalaman dengan teman-teman. Hubungi saya via contact blog, atau via Whatsapp, Klik Aja.

Bonus++, biar makin ingin :)))
Kupas Tuntas Budget Backpacker Murah ke Bali dan Nusa Penida
Pura Ulun Danu, Danau Beratan, Bedugul

Kupas Tuntas Budget Backpacker Murah ke Bali dan Nusa PenidaPura Uluwatu

Kupas Tuntas Budget Backpacker Murah ke Bali dan Nusa PenidaPura Tanah Lot

Kupas Tuntas Budget Backpacker Murah ke Bali dan Nusa PenidaPantai Pandawa

Baca Juga

3 komentar

Terima kasih telah berkunjung ke Nusa Penida. Semoga menyenangkan ya. kalau ke Nusa Penida lagi hubungi kontak kami ya +6282341054377. Half day tour Nusa Penida cuma 325K saja. gak usah mahal-mahal dijamin menyenangkan

Sama-sama. Thx sudah mampir mas