sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

7 Tipe Apartemen Paling Banyak Ditemui di Indonesia

Memilih apartemen sebagai tempat tinggal tidak lagi menajadi sesuatu yang tabu di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Harganya yang cukup terjangkau membuat apartemen sering digunakan sebagai alternatif hunian bagi orang-orang yang ingin memiliki rumah atau tempat tinggal.

Rumah merupakan kebutuhan dasar untuk setiap orang. Terutama bagi yang sudah berkeluarga rumah menjadi kebutuhan mendesak yang pastinya ingin segera diwujudkan. Siapa sih yang tidak ingin punya rumah sendiri. Namun berhubung harga rumah dan tanah semakin mahal dari waktu ke waktu, banyak diantara pasangan muda yang kesulitan untuk mendapatkan rumah pertama. Oleh karena itulah apartemen selalu menjadi pilihan.

Tipe Apartemen di Indonesia

Selain untuk tempat tinggal, apartemen juga biasa dibeli untuk investasi. Apalagi di era yang sudah serba modern ini, permintaan apartemen untuk disewa selalu banyak setiap hari. Bahkan kita bisa menyewakan apartemen melalui online travel agent untuk disewa layaknya hotel. Sungguh peluang yang menggiurkan bukan?

Mengenal Jenis-jenis Apartemen Paling Umum di Indonesia

Untuk kalian yang akan membeli apartemen untuk tempat tinggal ataupun untuk investasi, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui tipe dan jenis apartemen. Ada beberapa macam tipe apartemen yang umum di Indonesia, tentunya setiap jenis mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk harga yang berbeda-beda. Yuk simak ulasannya!

1. Apartemen Tipe Studio

Jenis apartemen ini paling populer di Indonesia. Apartemen tipe ini cocok untuk kalian yang masih single dan belum berkeluarga, karena hanya terdiri dari 1 ruangan yang mencakup untuk semua fungsi, mulai dari ruang tidur, ruang makan dan masak sampai ruang tamu. Hanya satu ruangan saja yang terpisah yaitu kamar mandi.

Tipe Apartemen Studio
Gambar: idtimes.com

Keuntungan dari apartemen tipe ini yaitu simple, hemat biaya perawatan juga ruangan mudah ditata dan dibersihkan. Sedangkan kekurangannya tentu saja ruangan sempit, sulit menerima tamu, sulit mempunyai hewan peliharaan dan sedikit membosankan.

2. Apartemen Tipe Alcove

Apartemen tipe alcove sebenarnya hampir sama dengan tipe studio, yang membedakan adalah bentuk dari apartemen tipe alcove memiliki ukurang yang lebih besar dan membentuk huruf L. Dengan begitu area tidur bisa diposisikan dibagian belokan sehingga sedikit terpisah dari ruangan dengan fungsi lain.

Tipe Apartemen Alcove
Gambar: starhome.co.id

Keuntungan dari apartemen tipe ini selain lebih lega yaitu tersedia lebih banyak opsi penataan karena ada ruang tambahan. Sedangkan kekurangannya tentu saja harga yang lebih mahal dari tipe studio namun dengan penambahan luas yang tidak terlalu besar.

3. Apartemen Tipe Loft

Tipe apartemen yang ketiga ini mungkin masih cukup jarang di Indonesia, namun bukan berarti tidak ada. Biasanya akan ditemukan di kota-kota besar. Tipe apartemen loft atau loteng secara konsep hampir sama dengan tipe studio, namun apartemen jenis ini memiliki ruangan berplafon tinggi yang bisa dijadikan tambahan lantai atau mezzanine.

Tipe Apartemen Loft
Gambar: rukita.co

Keuntungannya tentu saja bisa memanfaatkan loft atau loteng sebagai ruang tambahan, baik untuk ruang penyimpanan atau untuk ruang tidur agar tidak menyatu dengan ruangan lain di bawah. Keuntungan lain dari jenis loft yang memiliki langit-langit tinggi adalah sirkulasi udara dan cahaya yang baik. Sedangkan untuk kekurangannya biasanya polusi suara yang lebih besar dan tentu saja dekorasi yang tidak sederhana alias agak rumit. Bisa jadi harus menggunakan jasa desain interior apartemen untuk mendapatkan desain interior loft yang menarik dan tidak membosankan.

4. Apartemen 1 Bedroom (1BR)

Seperti halnya apartemen studio, apartemen 1BR atau 1 kamar ini paling banyak dijual di Indonesia. Apartemen jenis ini cocok untuk yang masih single ataupun pasangan baru yang sudah berkeluarga, karena terdapat 1 kamar yang terpisah dari ruangan lain.

Tipe Apartemen 1 Kamar
Gambar: dekoruma.com

Dengan adanya kamar tentu saja menjadi keuntungan dari tipe 1BR ini yaitu privasi lebih terjaga dan bisa menjadikan kamar sebagai ruangan kerja.

5. Apartemen 2 Bedroom (2BR)

Tipe Apartemen 2 Kamar
Gambar: desain.id

Jika apartemen 1BR masih kurang, maka apartemen 2BR jawabannya. Sesuai namanya apartemen ini memiliki 2 kamar tidur yang terpisah dari ruangan lain. Apartemen jenis ini cocok untuk keluarga terutama yang sudah memiliki anak.

6. Apartemen Tipe Garden

Jenis aparemen yang ke-6 yaitu apartemen garden. Sesuai namanya apartemen jenis ini memiliki akses ke kebun atau taman. Biasanya apartemen jenis ini berada di lantai dasar atau bahkan basement, sehingga memungkinkan untuk mendapat view taman.

Tipe Apartemen Garden
Gambar: foolcdn.com

Apartemen garden cocok untuk kalian yang suka hehijauan dan senang berkebun. Juga untuk kalian yang ingin merasakan suasana rumah yang memiliki pekarangan layaknya rumah biasa pada umumnya.

7. Penthouse

Yang terakhir dan yang paling wah diantara yang lain adalah penthouse. Apartemen jenis ini mungkin masih cukup jarang di Indonesia dan hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Namun di luar negeri, apartemen jenis ini sangat populer sekali. Apartemen tipe penthouse biasanya dibangun di lantai tertinggi sebuah bangunan apartemen dan memiliki luas yang berbeda dari jenis lain, bisa 1 lantai sendiri! Penthouse juga biasanya dilengkapi dengan fasilitas canggih seperti lift pribadi.

Tipe Apartemen Penthouse
Gambar: pexels.com

Dengan harga yang di banderol fantastis, memiliki apartemen jenis penthouse tentu banyak sekali keuntungannya, yang paling utama adalah kenyamanan yang terjamin, ruangan luas dan mewah. Namun begitu, ada saja kekurangan dari semewah apapun sebuah apartemen termasuk penthouse, antara lain masalah keamanan darurat dan mobilitas karena posisinya yang berada di lantai tinggi.


Itu dia ulasan dari 7 tipe atau jenis apartemen yang paling banyak dipakai di Indonesia. Untuk tipe-tipe apartemen sendiri banyak macamnya, namun tidak semua bisa di temui di Indonesia. Penting sekali mengetahui jenis-jenis apartemen bagi kalian yang akan membeli apartemen, khususnya untuk pertama kali. Tujuannya adalah agar bisa menyesuaikan kebutuhan dan budget atau keuangan.

Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan referensi untuk kalian yang sedang mencari info tentang tipe dan jenis-jenis apartemen.

Kamu Pasti Suka
Zoetami
Sharing while doing // I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Artikel Terkait

Posting Komentar