sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Javana Spa Cidahu, Tempat Camping Paling Nyaman di Sukabumi

Melihat budaya camping sekarang ini yang semakin digandrungi membuat banyak tempat camping baru bermunculan. Hobi camping atau berkemah bahkan sudah menjadi gaya hidup untuk sebagian kalangan. Kini, bukan hanya anak-anak muda saja yang melakukan hobi tersebut, melainkan orang-orang dewasa bahkan orang tua tidak jarang melakukan aktifitas camping dengan gaya family camp. Media sosial sebagai media promosi nampaknya cukup berhasil mempengaruhi orang-orang untuk melakukan suatu hal yang bahkan belum pernah dilakukan sebelumnya, ya seperti camping ini.

Camping sendiri merupakan bagian dari kegiatan wisata, dan seperti kita rasakan bahwa wisata kini sudah menjadi kebutuhan primer umat manusia. Pergeseran kebutuhan tersebut membuat tempat-tempat wisata selalu menjadi buruan, begitupun dengan tempat camping.

Camping Keluarga Nyaman di Javana Spa Cidahu

Cari tempat camping di Sukabumi? Wuaduh, banyak banget pilihannya. Mau di dataran rendah, pinggir pantai atau di atas bukit dan kaki gunung? Ada semua. Mulai dari tempat camping semi adventure yang pakai jalur treking, camping keluarga sejenis campervan bahkan untuk kalangan menengah ke atas yang mau Glamping? ada juga di Sukabumi. Pokoknya bisa disesuaikan dengan style camping masing-masing.

Cidahu Camping Ground Sukabumi

Ngomongin tempat camping di Sukabumi, ada nih salah satu bumi perkemahan yang cukup terkenal yang bernama Javana Spa Cidahu. Sudah pernah dengar kan? Setidaknya kalau bertanya soal Javana Spa ke warga lokal Sukabumi pasti sudah tau dimana, bahkan Javana Spa ini cukup terkenal bagi sebagian kalangan camper dari kota-kota sebelah seperti Bogor dan Jakarta.

Setiap weekend tempat camping yang berada di kaki Gunung Salak itu selalu dipadati oleh para wisatawan luar kota. Tempatnya yang enak, sejuk dan pengelolaan yang baik membuat pengunjung merasa nyaman bahkan bisa balik lagi untuk camping disana. Termasuk saya, sudah beberapa kali saya datang dan camping di Javana Spa rasanya tidak pernah bosan, bahkan datang dan datang lagi. Selain tidak terlalu jauh dari tempat tinggal, juga karena tempat ini sangat worth it untuk didatangi saat ingin ngadem dan melepas penat.

Bukan hanya kalangan petualangan dan pecinta alam yang memang sering melalukan kegiatan camping, tempat ini sangat cocok untuk menjadi tujuan family camp atau camping keluarga. Jangan heran kalau camping disana pasti banyak menemui lansia dan balita yang ikut camping bersama keluarganya. Faktor lokasi yang sangat strategis yang mana bisa memarkir kendaraan langsung di lokasi camp sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menjangkau tempat camping ini, cocok untuk semua usia. Selain itu, lahan untuk mendirikan tenda sangat luas dan leluasa juga didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet, warung 24 jam dan listrik membuat tempat ini semakin nyaman untuk camping keluarga.

Lokasi dan Cara Menuju ke Javana Spa Camp Cidahu

Nama Javana Spa konon merupakan nama salah satu hotel atau vila yang ada di kawasan TNGHS wilayah Cidahu yang sekarang sudah tidak beroperasi. Untuk nama camping groundnya sendiri sebetulnya bernama Bumi Perkemahan Cangkuang atau Cidahu Camping Ground. Namun nama Javana Spa sangat melekat sehingga lebih sering digunakan untuk menyebut lokasi camping di kawasan TNGHS resort Cidahu ini.

Javana Spa Cidahu atau Cidahu Camping Ground beralamat di Desa Cangkuang, Kec. Cidahu, Kab. Sukabumi. Berada tepat di kaki Gunung Salak atau berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Jika datang dari arah Bogor maupun Sukabumi bisa masuk ke pertigaan Cidahu dari jalan utama Cicurug, lalu lurus saja sekitar 1 jam dari pertigaan sampai ujung jalan Cidahu karena lokasi pintu masuk TNGHS ini tepat di ujung pemukiman di Cidahu. Akses jalan berupa beraspal dengan beberapa bagian rusak namun masih aman dan bisa dilalui semua jenis kendaraan.

Jika menggunakan kendaraan umum kawan-kawan bisa menaiki angkot berwarna putih trayek Cicurug - Cidahu. Bisa naik dari pasar Cicurug atau pertigaan Cidahu ya, ongkosnya sekitar 5 ribu. Angkot akan berhenti di terminal Cidahu atau tepat di depan kantor desa Cidahu. Untuk menuju pintu masuk TNGHS sebenarnya masih sekitar 3KM lagi. Jadi dari tempat turun angkot itu bisa nyambung dengan ojek yang sudah pada mangkal di sana, ongkos ojek sekitar 10-20 ribu tergantung keahlian nego. Kalau mau jalan kaki juga sebenarnya bisa tapi lumayan ya karena jalanannya menanjak. Kalau datang dengan rombongan bisa lebih simpe lagi, karena bisa langsung carter angkot yang dari Cicurug itu sampai ke pintu masuk TNGHS, biayanya sekitar 10-15 ribu.

HTM dan fasilitas di Cidahu Camping Ground

Seperti sudah saya mention di atas mengenai fasilitas di Cidahu Camping Ground yang sangat lengkap. Ada toilet, mushola, warung 24 jam, listrik dan satu lagi parkir aman dekat perkemahan. Dijamin nyaman pokoknya. Terutama untuk kalian yang belum terbiasa camping di alam bebas.

Untuk fasilitas selengkap itu HTM (Harga Tiket Masuk) campingnya yaitu sebesar 29.500 saja per orang, ditambah tiket masuk kendaraan 5000 (roda 2) 10000 (roda 4). Biaya lain yang mungkin perlu di siapkan yaitu untuk toilet sebesar 5.000 untuk sepuasnya, parkir di lokasi 5-10 ribu. Selanjutnya biaya pribadi lain seperti untuk membeli perbekalan di warung dengan harga yang sedikit berbeda namun masih masuk akal. Disana juga bisa beli kayu bakar untuk api unggun dan bisa tarik listrik ke tempat mendirikan tenda, kalau tidak salah untuk tarik kabel listrik bayar 50.000 semalam.

Daya Tarik Cidahu Camping Ground

  1. Tempat Camping yang Luas
  2. Yang paling utama dari banyaknya daya tarik dari tempat camping paling nyaman di Sukabumi ini tentu saja suasananya. Suasana pegunungan yang dingin dan sejuk cocok untuk pelarian singkat, apalagi untuk yang tinggal di daerah panas dan kota-kota besar.

    Javana Spa Cidahu Camping Ground
    Pagi di Camping Ground Cidahu berbalut kabut

    Selain itu tempat camping yang luas dan aman untuk anak-anak menjadi daya tarik yang khas dari Cidahu Camping Ground atau Javana Spa ini. Disana terdapat beberapa blok yang bisa dijadikan lokasi camping yaitu ada Camp Dam, Lembah Damar, Blok 3A, Lembah Wisma, dll. Lokasinya cukup berdekatan satu sama lain, kecuali Camp Dam lokasinya berada di bawah lembah dekat dengan aliran sungai. Sedangkan untuk blok yang paling ramai biasanya di blok Lembah Damar karena lokasi ini paling strategis dengan view lebih cantik dari blok lain. Bisa dapat sunrise dan pemandangan Gunung Gede lho jika cuaca cerah.

    Harga Cidahu Camping Ground
    Sunrise dari blok damar, Cidahu Camping Ground
    Curug Dekat Cidahu Camping Ground
    Camp Dam (pic: IG @jejaksuhe)
    Camping Ground Batu Tapak Cidahu
    Blok Damar yang paling ramai
  3. Explore Wisata Alam Lain
  4. Daya tarik lain dari Cidahu Camping Ground atau Javana Spa Cidahu ini adalah terdapat tempat wisata lain yang bisa di explore ketika camping disana. Salah satunya sungai yang jernih untuk bermain air langsung dari mata air gunung salak. Disana juga terdapat beberapa air terjun yang bisa di jangkau dengan treking 30-60 menit saja, menurut info sih ada banyak sekali air terjun disana.

    >Bravo Camp Cidahu
    Salah satu air terjun dekat camping ground, Curug Undak 2 (pic: ID @jejaksuhe)

    Selain sungai dan air terjun, tempat lain yang bisa dikunjungi dari Cidahu Camping Ground tentu saja puncak Gunung Salak. Ya, TNGHS resort Cidahu ini merupakan pintu masuk resmi pendakian Gunung Salak. Untuk kalian yang senang berpetualang dan mendaki gunung bisa dicoba nih ke Gunung Salak, ya meskipun jaraknya masih cukup jauh dari tempat camping Cidahu ini dan tentu saja tidak bisa pulang pergi. Tapi jangan berkecil hati, meski belum bisa ke puncak Gunung Salak mungkin bisa coba ke Kawah Ratu-nya dulu. Perjalanan treking dari Cidahu Camping Ground hanya sekitar 2 jam untuk bisa menikmati pemandangan kawah eksotis di perut Gunung Salak. Sangat mungkin dilakukan sambil kawan-kawan camping di Cidahu Camping Ground atau Javana spa Cidahu ini.

    Kawah Ratu Gunung Salak
    Kawah Ratu Gunung Salak
    Kawah Ratu Gunung Salak Berapa mdpl?
    Ketinggian Kawah Ratu Gunung Salak

Kekurangan Camping di Javana Spa Cidahu

Sepengalaman saya selama camping di Cidahu Camping Ground atau Javana Spa, rasanya tempat ini masih menjadi tempat camping paling nyaman di Sukabumi, sejauh ini. Seperti sudah diulas di atas banyak sekali kelebihan-kelebihan dari tempat camping satu ini. Untuk kekurangannya sendiri, apa ya.. Kayaknya belum ada sih selain akses jalan dari Cicurug menuju Cidahu yang tidak terlalu baik. Banyak jalan berlubang dengan jalan yang cukup sempit sehingga tidak banyak pilihan, ya meskipun tidak terlalu parah dan hanya beberapa bagian saja, namun cukup menganggu apalagi jika datang malam hari karena penerangan yang juga minim. Semoga kedepannya bisa lebih diperhatikan lagi oleh aparat setempat.

Oh ya, satu lagi nih. Mungkin ini bukan kekurangan melainkan unek-unek atau ketidaknyamanan selama saya menjadi pengunjung Cidahu Camping Ground, yaitu... b-e-r-i-s-i-k. Iyap, gaduh sekali kalau malam, apalagi saat weekend. Karena kalau akhir pekan tempat ini selalu ramai oleh rombongan family camp atau gathering. Dengan didukung fasilitas listrik yang disediakan disana, biasanya mereka akan leluasa membawa peralatan hiburan seperti mic beserta soundnya, lalu karokean sampe pagi, hehe.

Sebenarnya ini masalah klasik, karena hampir di setiap tempat "camping ceria" yang tempatnya bisa dijangkau oleh semua kalangan akan selalu menemukan pengunjung seperti itu. Dan untuk di Cidahu Camping Ground sendiri sepertinya memang belum ada peraturan dari pihak pengelola mengenai hal itu. Alangkah lebih baiknya jika dibuatkan himbauan oleh pengelola, misal batas menyalakan musik tidak boleh lebih dari jam 12 malam, sehingga tidak mengganggu camper lain yang ingin beristirahat. Semoga kedepannya bisa ya. Jadi, buat yang kurang nyaman dengan kebisingan untuk sementara saya sarankan sebaiknya menghindari weekend untuk camping ke Cidahu Camping Ground. Kalau tidak masalah sih gaskeun!

Mungkin segitu dulu ya ulasan dari saya mengenai Camping Ground Cidahu atau yang lebih akrab disebut Javana Spa. Overall tempat camping ini masih menjadi favorit saya dan akan saya kunjungi lagi dan lagi jika sedang ingin camping dekat rumah. Silahkan dicoba bagi kawan-kawan yang ingin camping santai dan nyaman bersama teman ataupun keluarga. Bisa bawa orang tua dan anak-anak juga lho, dijamin akan menjadi pengalaman yang seru.

Kamu Pasti Suka
Zoetami
Sharing while doing // I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Artikel Terkait

Posting Komentar