sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Game Edukasi Anak Online yang Gratis dan Mendidik

Dengan semakin berkembang pesatnya teknologi, kebutuhan akan smartphone menjadi sangat penting dan tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Tidak hanya orang dewasa, smartphone pun kian banyak dikonsumsi anak-anak.

Hal itu diperkuat sejak terjadinya pandemi di seluruh dunia. Kegiatan sekolah dari rumah (school from home) menjadi hal yang lumrah dilakukan dengan smartphone sebagai media pengantarnya. Ini menjadikan pengaruh smartphone semakin kuat dan mengakar di keseharian anak-anak.

Memilih Game Online Anak

Tidak hanya urusan sekolah, smartphone pun sudah umum dijadikan sebagai alat bermain bagi anak. Tak terhitung banyaknya game online anak yang tersebar di dunia maya yang bisa diakses dengan mudah. Aktivitas ini perlu dibimbing oleh orang tua agar game yang dipilih tidak sekedar menghibur, melainkan bisa menjadi sarana belajar anak yang baik dan mendidik.

Orang tua pun perlu menerapkan beberapa peraturan dengan tegas tentang penggunaan smartphone agar anak tidak lupa waktu dan tetap mendapatkan faedah dari bermain game online anak. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Membatasi durasi pemakaian
    Menentukan durasi penggunaan smartphone sangat penting untuk menghindarkan anak dari kecanduan. Tentukanlah durasi yang dirasa cukup, misalnya 2 jam (diluar kegiatan school from home).
  2. Tentukan kapan boleh bermain
    Game pada hakikatnya adalah sebuah hiburan, oleh karena itu tidak boleh sampai mengganggu kegiatan utama. Buatlah jadwal untuk menentukan jam berapa anak boleh memegang smartphone. Misalnya setelah selesai sekolah, setelah tidur siang, atau 2 jam sebelum waktu tidur.
  3. Memilih game yang mendidik
    Selain mendapatkan hiburan, ada manfaat hal lain yang bisa didapatkan dari bermain game yaitu pendidikan. Jika orang tua memilih game yang tepat, metode permainan dari game tersebut dapat membantu menstimulasi otak anak untuk lebih berkembang.

Kumpulan Game Online Anak yang Bermanfaat

Saat ini terdapat ratusan bahkan ribuan game online anak. Anda sebagai orang tua mungkin akan sedikit bingung untuk memilih game yang cocok. Karena itulah saya akan memberikan contoh-contoh game online anak yang bermanfaat dan mendidik. Bisa Anda jadikan sebagai percobaan awal sebelum memilih game edukasi anak lainnya.

Game anak online yang saya sebutkan berikut bersifat GRATIS. Selain itu, game ini hanya perlu dimainkan di browser saja. Anda dapat menghemat memori penyimpanan smartphone karena game dapat langsung dijalankan tanpa perlu meng-install-nya terlebih dulu.

1. Aliens Vs Math

Alien Vs Math

Alamat:

https://plays.org/aliens-vs-math

Dari judulnya saja bisa diketahui bahwa ini adalah permainan yang berhubungan dengan angka. Anda bisa mengasah kemampuan matematika dasar anak seperti pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sederhana.

Karakter seekor sapi dan kapal alien lucu yang digunakan akan membuat anak lebih tertarik untuk memainkannya. Anda diberikan waktu beberapa detik untuk menjawab soal yang diberikan. Anda pun memiliki 3 kali kesempatan untuk menjawab salah sebelum akhirnya kuis selesai.

2. Garfield Coloring Book

Garfield Coloring Book

Alamat:

https://plays.org/garfield-coloring-book

Garfield adalah tokoh kartun yang sangat terkenal baik di kalangan dewasa maupun anak-anak. Permainan yang menggunakan Garfield sebagai karakter pasti akan membuat anak senang. Termasuk game yang satu ini dimana Anda akan diminta untuk mewarnai buku gambar yang berisi sketsa si kucing lucu ini.

Terdapat beberapa palet warna dan Anda hanya perlu memilih mana yang akan digunakan untuk mewarnai. Akan lebih baik jika warna yang dipilih sesuai dengan warna asli dari tokoh Garfield.

3. Alphabet Bubble Letter Match

Alphabet Bubble Letter Match

Alamat:

https://plays.org/alphabet-bubble-letter-match

Permainannya adalah untuk mencocokan huruf sesuai ejaannya. Misalnya ada sebuah kata "CAT", maka Anda harus menjatuhkan sebuah gelembung yang berisi huruf "C", "A", dan "T" ke dalam kotak yang sesuai. Selain melatih membaca, permainan ini juga melatih ketangkasan karena anak harus mengukur dengan cepat titik jatuh gelembung.

4. Amazing World of Gumball: How to Draw Darwin

Amazing World of Gumball How to Draw Darwin

Alamat:

https://plays.org/amazing-world-of-gumball-how-to-draw-darwin

Yang satu ini adalah permainan menggambar. Meski bukan secara harfiah mencorat-coret kertas, namun anak akan tetap dilatih kecermatannya karena akan diminta membuat sketsa sesuai pola yang disediakan dan tidak keluar garis.

Anda bisa sambil mengajari anak membuat berbagai macam bentuk seperti lingkaran, kotak, dan lainnya.

5. Find The Number

Find The Number

Alamat:

https://plays.org/find-the-number

Permainannya cukup sederhana, yakni mencari angka yang ditentukan di antara tampilan angka lain. Game ini dapat melatih ketelitian, konsentrasi, dan pengenalan angka.

6. Game Lainnya

Jika Anda tertarik untuk mencoba game lain, kunjungi saja langsung situs https://plays.org yang merupakan pelopor game edukasi anak online. Daftar game-nya diperbarui setiap hari, jadi tidak perlu cemas akan kehabisan jenis permainan atau bosan isi game-nya hanya itu-itu saja.

Menjadi orang tua memang berat. Kita harus memastikan anak mendapatkan yang terbaik termasuk urusan game. Game tidaklah selalu buruk selama kita mampu mengarahkan anak untuk memilih mana yang tepat dan bermanfaat. Selain membuat anak senang, game pun dapat menjadi sarana edukasi yang baik.

Mudah-mudahan artikel pilihan game online anak yang bermanfaat di atas dapat membantu Anda dalam memilih permainan yang cocok untuk diberikan pada si kecil.

Kamu Pasti Suka
Zoetami
Sharing while doing // I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Artikel Terkait

Posting Komentar