sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Jelang Imlek 2021, Akankah Perayaan Cap Go Meh Digelar Tahun ini?

Tahun baru imlek 2021 jatuh pada hari jumat, 12 Februari 2021. Setiap tahun imlek selalu menjadi moment yang ditunggu-tunggu khususnya oleh para keturunan tionghoa. Selain itu warga biasa pun tidak kalah menunggu moment imlek karena ada salah satu perayaan yang menarik setiap kali imlek yaitu Cap Go Meh.

Festival Cap Go Meh memang sangat identik dengan tahun baru imlek. Biasanya festival Cap Go Meh akan dirayakan secara meriah dan selalu berhasil menarik perhatian masyarakat dan wisatawan. Namun akankah perayaan Cap Go Meh bisa di gelar tahun ini?

Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh
Gambar: pexels.com

Perayaan Cap Go Meh di Tengah Pandemi?

Tahun lalu tepatnya februari 2020, Cap Go Meh masih terselenggara dengan meriah di berbagai daerah. Salah satunya di tempat tinggal saya di Sukabumi. Acara festival Cap Go Meh di isi dengan pawai barongsai, pertunjukan-pertunjukan, bazar dan lain-lain. Masyarakatpun sangat antusias, bukan hanya warga keturunan tionghoa yang memang merayakan imlek melainkan semua lapisan masyarakat.

Selang sebulan setelahnya tepatnya mulai bulan maret, kita semua dihadapkan pada musibah yaitu datangnya wabah virus corona yang menggemparkan dunia termasuk di Indonesia. Wabah Covid-19 atau virus corona masih berlangsung hingga kini dan harus diakui sangat menghambat mobilitas kita sebagai mahluk yang biasa bersosial. Kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan diluar rumah terpaksa harus di minimalisir, bahkan tidak dilakukan jika memungkinkan. Hal ini juga berpengaruh para agenda kegiatan tahunan diberbagai daerah yang batal terselenggara, mungkin festival Cap Go Meh adalah salah satunya.

Ya, kegiatan-kegiatan yang membuat kerumunan sangat sulit dilakukan sekarang ini. Apalagi festival Cap Go Meh sendiri sudah biasa menarik perhatian masyarakat dan pasti menimbulkan orang berkerumun. Oleh alasan itu, besar kemungkinan festival cap go meh 2021 tidak akan digelar di berbagai daerah.

Mengenal Sejarah dan Fakta Cap Go Meh

Meskipun perayaan festival Cap Go Meh kemungkinan tidak bisa digelar tahun ini, namun tidak ada salahnya jika kita mengetahui sejarah dan fakta-fakta tentang Cap Go Meh. Apalagi Cap Go Meh sendiri sudah menjadi satu dari sekian banyak tradisi dan budaya di Indonesia.

Cap Go Meh berasal dari dialek Hokkien, Cap Go artinya limabelas, sedangkan Meh artinya malam. Jadi secara harfiah Cap Go Meh bisa diartikan sebagai malam ke 15. Dan memang, Cap Go Meh selalu dirayakan 15 hari setelah imlek sebagai penutup rangkaian tahun baru imlek.

Perayaan Cap Go Meh sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu di Tiongkok. Meskipun istilahnya tidak sama karena Cap Go Meh hanya populer di Indonesia dan Malaysia saja, sedangkan di Tiongkok sendiri memiliki nama yang lain yaitu festival lampion (Pinyin: yuánxiāo jié).

Perayaan ini awalnya ditujukan untuk penghormatan kepada dewa tertinggi yaitu Thai Yi pada masa dinasti Han (206 SM - 221 M). Dikarenakan upacara ini dilakukan pada malam hari maka diperlukan percahayaan yang kemudian dibuatlah lampion imlek untuk dipasang sepanjang acara.

Tradisi Perayaan Imlek di Indonesia
Gambar: pexels.com

Di Indonesia sendiri perayaan Cap Go Meh berpusat di Singkawang, Kalimantan Barat. Bahkan sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dan tradisi yang patut dilestarikan. Biasanya perayaan dilakukan dengan pawai atau arak-arakan, dimeriahkan pula oleh pertunjukan barongsai, replika naga dan festival lampion. Pertunjukan barongsai merupakan lambang dari masyarakat tionghoa yang dipercaya turun-temurun sebagai pertanda keberuntungan, kesuksesan dan mengusir hal buruk.

Satu lagi tradisi masyarakat tionghoa yang hanya ada saat imlek adalah makan onde-onde. Namun onde yang satu ini agak berbeda dari onde-onde pada umumnya. Berbentuk kecil dan berisi wijen hitam lalu direndam dalam kuah jahe. Sejenis wedang ronde kalau jaman sekarang. Hidangan tersebut disebut dengan Yuan Xiao atau Tang Yuan.

Mungkin itu saja sekelumit sejarah dan fakta-fakta yang berhubungan dengan Imlek dan Cap Go Meh. Semoga bisa menambah pengetahuan kita semua meskipun tidak ikut merayakannya.

Cap Go Meh tahun ini seharusnya berlangsung sekitar tanggal 26 Februari, namun kemungkinan tidak akan terselenggara demi meminimalisir penyebaran virus covid-19. Meski begitu semoga rangkaian kegiatan tahun baru imlek tetap bisa berjalan dengan lancar dan nyaman ya.

Budayakan Komentar Setelah Membaca :)

Kamu Pasti Suka
Zoetami
Travelogger // sharing while doing.

Artikel Terkait

Posting Komentar