sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

Cara Mensiasati Agar Menginap Murah di Hotel (Kumpulan Promo Hotel 2019)

INFO PROMO TERUPDATE MEI 2019!

Sebagai seorang pejalan, hotel sudah menjadi kebutuhan primer yang selalu menjadi buruan. Apalagi para pejalan dengan budget hemat (backpacker), memilih hotel juga butuh banyak sekali pertimbangan.


Yang pertama dan paling utama adalah soal rate atau harga hotel / penginapan itu sendiri. Kalau soal kenyamanan mah, siapapun pasti ingin liburan dengan menginap di hotel mewah nan nyaman, dengan fasilitas yang lengkap. Tapi dibalik itu, ada hal yang selalu menjadi penghalang. Ya itu tadi, ketersediaan biaya.

Tapi sih sebetulnya, kalau untuk saya pribadi, hotel / penginapan itu fungsi nya sebagai tempat singgah dan beristirahat saja. Just it. Jadi, asalkan nyaman, bersih dan bisa beristirahat dengan berkualitas sudah cukup. Mewah atau fasilitas-fasilitas hanyalah bonus.

Lagipula, jika kita pergi ke suatu tempat / kota untuk berwisata. Akan sedikit sekali waktu yang kita habiskan untuk berleyeh-leyeh di hotel / pengiapan bukan? Sebagian besar waktu akan dipakai untuk menjelajah kota itu sendiri.

Tapi ya.. karena standar nyaman orang itu kan beda-beda. Jika kita bisa mendapatkan hotel nyaman atau mewah dengan harga murah. Kenapa tidak?! Hehehe.

Di artikel ini saya akan berbagi info-info promo hotel serta tips dan trik mendapatkan hotel atau penginapan murah, yang bisa digunakan untuk teman-teman berwisata ke suatu tempat.

Saya share sesuai pengalaman pribadi saya selama ini, dalam mencari akomodasi ketika akan mengunjungi suatu tempat / kota. Akan kita kupas tuntas, sampai ke rahasia dapurnya. Hehehe.

Kumpulan Promo Hotel Terbaru dan Terupdate

Di jaman yang super modern ini, mencari hotel bukan perkara sulit. Termasuk mencari hotel murah. Asalkan mau mencari, pasti ada aja celahnya.

Apalagi dengan adanya layanan penyedia booking online yang bermacam-macam dan bervariasi, sangat memudahkan sekali bagi kita untuk menemukan hotel yang di idamkan. Termasuk hotel murah.

Macam-macam Situs atau Aplikasi Booking Hotel Online

Sebelum saya membahas sampai ke macam promo yang sering atau sedang dikeluarkan oleh penyedia-penyedia booking hotel online, yuk kita ulas dulu situs-situs atau aplikasi booking online yang recommended untuk kita hunting hotel murah.

1. Situs Booking Hotel Marketplace (OTV)

OTV (Online Travel Agent) secara sederhana bisa disebut juga marketplace / pihak ketiga. Saya agak bingung nih ngasih istilahnya. Haha.

Maksudnya pihak ketiga disini adalah perusahaan booking yang hanya melayani pemesanan hotel saja. Setiap hotel bebas beriklan di situs tersebut, tanpa pertimbangan atau kerjasama secara pribadi. Sebut saja sang pelopor, Traveloka.

Kebanyakan situs pihak ketiga itu adalah pemain-pemain lama di dunia booking hotel online. Cukup senior, dan lebih dulu eksis di Indonesia.

Antara lain selain Traveloka ada Tiket.com, Pegipegi, Agoda. Dll. Banyak sih, tapi setidaknya ke-empat itu yang sudah sangat familiar ditelinga kita.

Mereka-meraka (para pemain lama) itu jarang sekali ngasih promo sebenernya. Ya buat apa, orang udah laku kok. Sudah tidak butuh dipromosikan. Seperti itu logikanya.

Paling tidak mereka mengeluarkan promo hanya di saat-saat tertentu. Seperti harbolas, promo akhir tahun, promo ulang tahun, dll. Hampir jangan banget kasih promo di luar event.

Tapi meski begitu, ada keuntungan yang membuat mereka tetap eksis meski kompetitor bermunculan dimana-mana. Diantaranya, pilihan hotel yang sudah sangat banyak dan bervariatif. Sehingga nyaman dan memudahkan pelanggan ketika ingin memilih hotel.

Dari kesekian banyak dan dari keempat yang terkenal itu saya lebih sering menggunakan Traveloka dan Agoda. Kenapa?

Karena lebih bervariasi dari pilihan hotel dan harganya. Bahkan dari harga termurah. Jadi, meski tanpa diskon atau promo pun, banyak banget hotel-hotel murah disana.

2. Hotel Budget (VHO / Virtual Hotel Operator)

Hotel budget ini terbilang baru yang mulai marak di Indonesia. Dan sedang menjadi favorite saya juga lho, untuk saat ini.

Hotel budget yang pertama kali saya kenal adalah Airyrooms. Kemudian kenal yang lain seperti Reddoorz, Zenrooms, dan si pendatang baru yang mulai eksis di Indonesia ada Oyorooms.

Perusahaan Hotel jenis ini memiliki konsep mitra. Jadi, mereka bermitra dengan berbagai hotel di berbagai daerah yang dikelola sendiri dibawah brand nya masing-masing.

Katanya pelopor konsep ini adalah Oyorooms, yang sukses di Negara asalnya, India. Tapi kalau di Indonesia, Oyo masih baru dan masih sangat terbatas pilihan hotelnya.

Keuntungan dari hotel budget ini, ya sesuai namanya. Budget nya sangat pas di kantong. Selain harganya terjangkau, hotel-hotel yang dipilih untuk bermitra pun cukup baik. Dengan fasilitas yang cukup lengkap. Lengkap dalam artian sangat nyaman untuk dijadikan tempat singgah.

Jadi wajar lah hotel-hotel budget mulai banyak dilirik oleh para traveler untuk dijadikan pilihan akomodasi. Karena sudah murah, kenyamanan terjamin.

Dan yang pasti, karena mereka terbilang baru. Sehingga masih sering kasih-kasih promo lho. Ada beberapa promo yang sampai sekarang masih berjalan, nanti dibahas ya.

3. Situs Booking Rumah / Apartemen

Nah, ini merupakan variasi lain di dunia per-booking-an akomodasi. Booking rumah online. Untuk yang ini cocoknya untuk liburan ramean nih. Misalnya rombongan trip, atau liburan keluarga besar.

Karena saya lumayan sering pergi bergerombol dengan teman-teman, situs booking rumah ini cukup membantu sih. Karena lebih enak dan nyaman daripada pesan banyak kamar. Yang mana rata-ratanya perkamar hanya bisa di isi 2-3 orang.

Awalnya booking rumah ini hanya disediakan situs-situs tertentu saja. Sebut saja Airbnb. Kemudian yang milik lokal ada Travelio, dan mungkin masih ada yang lainnya. Tapi kini di situs-situs booking kamar pun sudah banyak opsi booking rumah. Seperti di Traveloka dan Agoda. Wah semakin lengkap saja ya.

Kumpulan Promo-Promo Hotel Terbaru 2019

Promo hotel itu bermacam-macam bentuknya. Ada potongan langsung, ada cashback, ada kredit yang dikumpulkan melalui berbagai cara.

Jika teman-teman senang menjelajah dan sering menggunakan hotel. Promo-promo berikut ini mungkin bermanfaat.

Insyaa Allah akan saya update terus informasi promo hotel-hotel ini, bilamana saya mendapatkan info-info terbaru. So, kunjungi www.zoetami.com secara berkala yesss..

Untuk saat ini sih kebanyak yang kasih promo adalah hotel-hotel baru yang sedang dalam masa promosi. Antara lain ada:

1. Reddoorz

Reddoorz merupakan salah satu hotel budget. Pilihan hotelnya sudah cukup banyak tersebar di Indonesia maupun luar negeri. Jadi cukup bervariasi ya. Promo-promo yang sedang berjalan di Reddoorz (Update Mei 2019).

Daftar dan mendapatkan saldo / kredit 100K (melalui referral)

Di reddoorz ini setiap pendaftar baru sebenarnya akan mendapat reward sebesar 50k. Tapi, jika kita daftar sekaligus melalui link referral teman, ada tambahan 50k lagi. So, teman-teman akan mendapatkan 100k.

Saldo atau kredit tersebut bisa digunakan untuk potongan harga ketika memesan kamar di Reddoorz.

Syaratnya agar mendapatkan 100K, harus daftar melalui aplikasi. Tapi jangan download manual di playstore ya, ikuti caranya dibawah ini.

Caranya:

teman-teman klik link di dalam kotak dibawah ini ya. Bukanya harus dari HP!

Daftar Reddoorz dapat Reward 100k (klik)

Setelah di-klik akan mengalihkan langsung ke playstore untuk men-download aplikasi Reddoorz. Lalu klik download aplikasi seperti biasa. Usahakan jangan di close sampai selesai ya, dan bila sudah selesai buka aplikasi dari halaman playstore nya langsung (tidak dari shortcut di HP).

Setelah selesai dan dibuka, teman-teman silahkan sign-up atau mendaftar seperti biasa. Pilih Daftar ya, bukan daftar melalui FB ataupun Google+.

Kumpulan Promo Hotel Terbaru dan Terupdate

Lengkapi data diri dengan nomer telepon yang benar dan bisa digunakan. Karena dihalaman berikutnya akan diminta verifikasi no HP atau memasukan OTP (One Time Pasword) yang dikirim ke no HP.

Kumpulan Promo Hotel Terbaru dan Terupdate

Jika sudah selesai sampai proses verifikasi, daftar pun selesai. Cek menu wallet atau redcash, maka teman-teman akan menemukan saldo otomatis 50K.

Mana 50K lagi?

Tunggu dulu. Perlu beberapa saat supaya terverifikasi kalau teman-teman mendaftar melalui link referral. Biasanya sih gak lama, sampai kemudian akan ada SMS yang menyatakan bahwa teman-teman mendapatkan redcash 50K lagi. Jika tidak ada SMS, cek aja secara berkala ke menu wallet nya.

Kumpulan Promo Hotel Terbaru dan Terupdate

Jika teman-teman melakukan tahapan secara benar, seharusnya saldo bertambah. Kecuali jika melakukan kesalahan, semisal me-download manual dari play store (tanpa klik link), atau membuka aplikasi manual dari tampilan home HP. Jadi, pastikan cara yang digunakan benar ya, supaya redcash di akun teman-teman bertambah menjadi 100K.


Diskon 20% Untuk Pemesanan Pertama di Reddoorz

Nah, setelah mendapatkan saldo 100K yang bisa dijadikan potongan harga. Terus bisa juga nih ditambah potongan lain. Yaitu untuk pemesanan pertama ada diskon 20%.

kode: NEW20

Bisa dimasukan di menu kupon saat teman-teman checkout.

Lumayan kan, bisa double diskon nya. Dengan harga yang sudah terjangkau ditambahi dengan diskon. Makin murah saja deh jadinya.

Selain kedua yang diatas di Reddoorz juga sering ada promo lain, salah satu bonus referral. Bisa teman-teman otak-atik di aplikasinya ya.

2. Airbnb

Mungkin ada yang sudah sering menggunakan situs booking online yang satu ini. Atau malah belum?

Jujur saja saya pun pakai baru-baru ini. Meski namanya sudah familiar sejak lama, tapi masih cukup membingungkan. Salah satunya karena metode pembayaran yang belum bervariasi. Harus dengan kartu kredit.

Airbnb merupakan salah satu tempat booking rumah online. Tidak hanya rumah, ada juga apartemen dan kamar hotel. Perusahaan milik luar negeri ini sudah lama eksis di Indonesia, sehingga pilihan properti nya sudah cukup lengkap dan tersebar di Indonesia.

Kalau saya pribadi hanya menggunakan Airbnb untuk booking rumah, karena banyak pilihan dan cukup murah hitungannya. Sedangkan kalau hanya untuk kamar hotel, masih banyak yang lebih murah di situs-situs lain. Hehehe.

Promo-promo yang sedang berjalan di Airbnb saat ini (Update Mei 2019) adalah:

Daftar dan dapatkan kredit 460K dari link referral

Sama hal nya dengan Reddoorz. Promo yang satu ini adalah ketika kita mendaftar melalui link referral teman, maka kita akan mendapatkan saldo 460.000 yang bisa digunakan untuk potongan saat booking rumah.

Wow besar sekali ya, hampir setengah juta. Makanya daftar sekarang yuk, pastikan tahapannya benar ya. Ikuti cara dibawah ini:

Teman-teman klik link di dalam kotak dibawah ini. Bisa dari HP atau dari PC / Laptop.

Daftar Airbnb dapat Reward 460K. (klik)

Kalau di Airbnb tidak perlu download aplikasi seperti Reddoorz ya. Tinggal sign up atau daftar saja melalui website.

Setelah di-klik link tadi akan mengalihkan ke halaman invite seperti dibawah ini.

Kumpulan Promo Hotel Terbaru dan Terupdate

Klik Sign up to claim your credit. Lalu di tampilan berikutnya pilih Sign up with Email. Lalu akan muncul form pendaftaran seperti biasa, isi semuanya, setelah selesai klik Sign Up.

Setelah berhasil maka saldo akan langsung muncul di menu credit.

Kumpulan Promo Hotel Terbaru dan Terupdate

Saldo sudah bisa digunakan untuk mendapatkan potongan ketika memesan di Airbnb. Ada minimal ordernya ya. Tapi kalau dipakai untuk menyewa rumah untuk ramean Insyaa Allah sangat berguna.

3. OYO Rooms

Sudah pernah dengar operator hotel yang satu ini? Mungkin ada yan sudah, dan ada juga yang belum.

Memang OYO Rooms masih terbilang baru di kancah perhotelan di Indonesia. Hotel budget asal negeri bollywood India ini kini bersanding dengan beberapa brand hotel budget yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia, seperti Airyroom, Reddoorz, Zen Rooms, dll.

Seperti layaknya brand baru, selalu ada promo-promo yang ditawarkan untuk menarik perhatian dan membuat gagal fokus para pelanggan. Promo dari OYO yang boombastis saat awal mula kemunculannya yaitu free stay alias nginap gratis. Tapi hanya bertahan beberapa waktu saja, kini promo nya sudah dicabut lagi.

Belum lagi pemberian benefit berupa saldo credit dari referral yang besar yaitu sebesar 250K dan bisa digunakan tanpa limit, membuat banyak orang berlomba-lomba mengumpulkan saldo untuk menginap gratis.

Tapi ya namanya percobaan, sambil mereka mengevaluasi kebijakan-kebijakan nya. Ketika mereka merasa agak dirugikan, akhirnya menarik lagi semua promo itu. Sedih. Padahal saya pribadi pun belum sempat menggunakannya. Disaat sudah berhasil mengumpulkan kredit sampai dengan 3 juta lebih, hangus deh. Hahaha.

Setelah promo-promo cetar itu pun, OYO masih sering memberikan promo yang lain. Meski tidak se-wow yang awal-awal itu. Lumayan lah. Kode-kode promo biasanya ada di menu utama applikasi OYO Rooms. Ada diskon 20%, 40%, 50%, flat 88.000, dll.

Beberapa kode promo OYO yang masih aktif hingga mei 2019 antara lain:
OYOICNJ149 (flat 149.000, max harga awal 1.100)
OYOIDPR150 (Flat 150.000, max harga awal 1.100)

*dengan kode flat, potongan akan menyesuaikan besaran harga. Pokonya sisa nya akan menjadi 150 / 149 ribu. Jadi misal harga 1jt, maka akan di potong 850ribu. Begitupun jika harga awal hanya 500, potongan nya cuma 350.000 sehingga harga akhir flat 150K. Paham ya.
Untuk yang promo ini lebih baik pilih lah kamar mahal dan bagus sekalian ya, yg jenis suite family misalnya.

Untuk yang belum punya akun dan mau mendaftar, jangan lupa masukan kode : RATNCBSH7 untuk mendapatkan benefit berupa saldo credit.

4. Booking Lokal

Yang terakhir, promo yang lumayan asik yang bisa teman-teman coba yaitu di situs Booking Lokal (www.bookinglokal.com).

Situs ini masih cukup baru, sehingga memang pilihan hotel masih terbatas. Tapi, untuk kota-kota besar sudah tersedia lumayan lengkap.

Promo yang sedang berjalan per Januari ini yaitu Diskon Darurat dan Cashback Saldo Gopay. Diskon langsung sebesar 100K di kota-kota dan hotel tertentu, tanpa kode ya.

Misal harga hotel 150.000 berarti tinggal bayar 50.000 saja. Lumayan bukan? Promo dimulai jam 10 siang – 10 malam, setiap harinya.

Selain promo diskon darurat itu, bisa juga ditambah kode promo untuk mendapat cashback saldo gopay. Kode-kodenya sebagai berikut:

TEBARPULSA (Cashback pulsa 50K)
TEBARGOPAY (Cashback saldo gopay 50K)
JUMATBERKAH (Diskon 50% + pulsa 50K)
CASHBACK100K (Cashback saldo gopat 100K)
UNTUNG100K (Cashback saldo gopay 100K)

Silahkan coba satu-per-satu. Jika berhasil akan muncul keterangan saat berhasil melakukan pemesanan, seperti ini.

Kumpulan Promo Hotel Terbaru dan Terupdate

Cashback akan diberikan saat selesai menginap ya.

Menurut saya sih lumayan gurih promonya. Misal Cuma bayar hotel 50K (hasil diskon darurat). Dapat cashback pula 50K = GRATIS dong ya!


Nah, itulah beberapa promo hotel yang sedang berjalan saat ini (Update Mei 2019)

Tips mendapatkan promo hotel murah:

Selain situs-situs atau aplikasi diatas, yang sedang mengadakan promo. Banyak juga situs-situs atau aplikasi booking online yang lain yang kadang memberikan promo-promo. Saran saya:

1. Download banyak aplikasi nya di handphone masing-masing, supaya dapat notification begitu ada promo baru.

2. Jika HP sudah kepenuhan, cek manual saja secara berkala ke website atau media sosialnya. Biasanya terupdate juga.

3. Berlangganan Newslatter ke email.

4. Nantikan event-event besar, seperti hari belanja online nasional (harbolnas) yang kesini-sini hampir setiap bulan di tanggal cantik. Event ulang tahun perusahaan yang bersangkutan. Event akhir tahun. Tapi biasanya di akhir bulan atau weekend juga kadang ada promo-promo meski tidak terlalu cetar.

Bagi teman-teman yang sudah tau prihal info-info dan promo-promo yang saya ulas diatas, mohon maaf jika artikel nya kepanjangan. Basi. Hehehe.

Tapi semoga saja ada manfaatnya, setidaknya bagi yang belum tau.

Atau jika ada yang mau menambahkan atau ada info baru, boleh banget. Silahkan tulis di kolom komentar ya, supaya bisa dibagi dengan teman-teman yang lain.

Feel free to share jika info yang disajikan di artikel ini dirasa bermanfaat :)

Budayakan Comment Setelah Membaca :)
4 komentar

4 komentar

  • Erhan
    Erhan
    24 November, 2019
    Terima kasih untuk informasinya.
    • Erhan
      zoetami
      10 Desember, 2019
      Kembali kasih, semoga bermanfaat.
    Reply
  • Igniel
    Igniel
    13 Februari, 2019
    Mantap sudah. Liburan murah terus.
    • Igniel
      zoetami
      03 Maret, 2019
      Kemon, kita kemana lagi
    Reply