sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

Keliling Semarang GRATIS dengan Bus Wisata Mewah "Si Kenang"

Taukah kamu? Ternyata bukan hanya Bandung lho yang punya mobil wisata gratis, di Semarang juga ada! Kalau bus Bandros kebanggaan kota Bandung khas dengan bus terbuka dengan desain klasik. Beda dengan bus Si Kenang kebanggan Jawa Tengah ini, merupakan bus tingkat (Double Decker) yang cukup modern dan mewah, siap mengantar para pelancong yang ingin berkeliling wisata-wisata di jantung kota Semarang.

Keliling Semarang dengan Bus Si Kenang

Pada kunjungan ke Semarang akhir november lalu, saya pun tidak melewatkan kesempatan untuk mencoba bus wisata Si Kenang. Berikut sedikit ulasan dan info-info mengenai Bus Wisata Semarang (Si Kenang), barangkali berguna untuk teman-teman yang akan mencobanya.

Cara untuk naik Bus Wisata Semarang (Si Kenang)

Bus Si Kenang dikelola oleh dinas perhubungan kota Semarang. Tempat mangkal alias tempat start dan finish bus wisata ini tadinya di Museum Mandala Bhakti tepat di depan Tugu Muda. Tetapi, karena bangunan Museum Mandala Bhakti sedang direnovasi saat itu (2018), sehingga untuk sementara waktu dipindahkan ke Museum Ronggo Warsito di Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat.

Sesampainya di lokasi kita pasti akan menemukan bus si Kenang yang khas berwarna merah ini terparkir dihalaman museum. Tepat di pekarangan museum ada boots dinas perhubungan yang siap mendata para penumpang yang ingin menaiki bus. Jadi kita daftar dulu ya.

Keliling Semarang dengan Bus Si Kenang
Konter pendaptaran berupa tenda / boots tepat disamping bus

Syaratnya cukup meminjamkan KTP yang kemudian akan ditukar dengan kartu penumpang sejenis ID Card. Setiap 1 KTP bisa ditukar untuk 2 ID Card atau 2 penumpang. Jika ingin mendapatkan tempat duduk di deck atas atau lantai 2, pastikan datang lebih awal ya. Karena yang duduk di atas adalah penumpang ber-no ID 1 – 66, sedangkan sisanya kebagian deck bawah.

Keliling Semarang dengan Bus Si Kenang
Kartu Penumpang

Jadwal dan Rute Bus Wisata Semarang (Si Kenang)

Bus wisata Si Kenang kebanggaan Semarang ini beroperasi setiap hari (kecuali hari senin). Setiap harinya bus akan jalan 3 kali, yaitu pukul 7 pagi, pukul 11 siang, dan pukul 3 sore. Tapi kalau kebetulan sedang ada penumpang rombongan, bus tidak bisa dinaiki umum. Seperti kemarin ketika saya kesana, untuk keberangkatan pukul 7 pagi dan 11 siang sudah full booked. Katanya sih untuk grup alias rombongan. Sehingga untuk penumpang umum disediakan keberangkatan yang pukul 3 sore.

Sedangkan untuk rutenya sendiri bus start dari Museum Ronggo Warsito yang mana berada tepat di dekat bunderan Kalibanteng, dari sana masuk ke Jl. Jendral Sudirman melewati Taman Madukoro, lalu ke Jl. Mgr Sugiyopranoto. Di bunderan Tugu Muda bus berbelok ke Jl. Imam Bondjol melewati Stasiun Poncol, Titik Nol KM Semarang, kemudian ke Jl. Empu Tantular melewati Stasiun Semarang Tawang. Selanjutnya bus menuju ke Jl. Letjen Suprapto – Jl. Pemuda melewati pusat pemerintahan Semarang (ada kantor Walikota, dll) lurus sampai Lawang Sewu kemudian berbelok ke Jl. Pandanaran dan memutari Simpang Lima. Bus kembali ke Jl. Pandanaran untuk selanjutnya ke Jl. Dr Sutomo – Jl. Kaligarang melewati Sam Poo Kong dan terakhir menuju Jl. Pamularsih untuk kembali ke Museum Ronggo Warsito.

Total waktu berkeliling dengan bus Si Kenang sekitar 2 jam dengan melewati tempat-tempat Populer di Semarang, antara lain: Tugu Muda, Kota Lama (Old City), Lawang Sewu, Simpang Lima, Taman Pelangi dan Sam Poo Kong. Selain itu juga melewati tempat-tempat penting dan bersejarah, Stasiun, Kantor Pos, Titik Nol KM Semarang, Pusat Pemerintahan Daerah, Pasar Traditional, dan bangunan heritage lain (hotel pertama di Semarang, dll).

Bus dipandu oleh petugas dari Dinas Perhubungan dan Duta Wisata Jawa Tengah, sebagai tour guide. Disepanjang jalan mereka akan menjelaskan setiap sudut yang ada di kota Semarang, dengan pengeras suara. Mulai dari sejarahnya maupun info-info berguna lainnya.

Penumpang akan di izinkan turun di 2 lokasi wisata yaitu Taman Sri Gintung (Kota Lama) dan Taman Pelangi. Masing-masing 15 Menit. Tapi karena saat itu kawasan kota lama sedang dalam rekontruksi, jadi bus hanya menurunkan penumpang di 1 lokasi yaitu Taman Pelangi, selama 30 menit. Penumpang bebas turun untuk sekedar melihat-lihat atau bersua poto, ataupun jajan jika lapar karena didalam bus tidak diperkenankan makan dan minum ya.

Oya, Si Kenang sendiri ada kepanjangannya lho, bukan sekedar nama panggilan saja. Katanya Si Kenang merupakan akronim dari Semarang Istimewa Kotanya Enak Dipandang (Si Kenang). Panjang juga ya namanya. Gimana, Tertarik berkeliling Semarang dengan menjajal bus wisata mewah Si Kenang?

Alternatif untuk para pelancong yang memiliki waktu singkat di Semarang. Untuk hanya sekedar ingin tau lokasi-lokasi mana saja sih yang terkenal di Semarang tanpa harus repot cari tempatnya dan keluar uang. Karena bus Si Kenang ini melewati hampir semua lokasi-lokasi populer di wilayah pusat Kota Semarang dan GRATIS.

Enjoy Semarang...

Budayakan Comment Setelah Membaca
Kamu Pasti Suka
Zoetami
Sharing while doing // I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Artikel Terkait

7 komentar

  1. Nice info kak... Jadi pengen ke Semarang...

    BalasHapus
  2. Mau nanya, ini baru kah? Pas September kmrn ksana blm ada.. atau sya yg gatau ya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kok mbak, sdh dari beberapa tahun yang lalu.
      Bisa dicoba nanti kalo ke semarang lagi :)

      Hapus
  3. klo mau rombongan bisa booking g?
    klo bisa caranya bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, malahan waktu itu saya mau naik jam pagi katanya gak bisa karena sudah di booking rombongan. Caranya mungkin lgsg datang utk booking dari hari/jam sebelumnya.

      Hapus