Thursday, December 6, 2018

Kampung Hijau Telaga Murni, Menghijau Berkat Program Astra



Salah satu Kampung Berseri Astra yang berada di daerah Jawa Barat yaitu Kampung Hijau Telaga Murni. Tepatnya berada di Desa Leuwiliang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Melalui program Kampung Berseri Astra, yang salah satunya peningkatan di bidang lingkungan. Kampung Hijau Telaga Murni disulap menjadi kampung indah yang sejuk dan nyaman dihuni.

Seperti sudah kita ketahui bersama, bahwasanya PT. Astra Indonesia dengan serius menggarap program sosial yang dikenal sebutan Kampung Berseri Astra. Program tersebut sudah berjalan sekitar 5 tahun. Sejak tahun 2013, ada di lebih dari 50 wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia .

Rencananya program ini akan terus dikembangkan dan diperluas sampai 100 wilayah dari sabang sampai merauke, dengan menciptakan sekitar 300 Kampung Berseri Astra.

Mudah-mudahan segera terealisasi, demi pengembangan kampung-kampung di Indonesia menjadi lebih baik.

Kampung Berseri Astra sendiri sangat banyak manfaatnya. Khususnya untuk kampung yang dibina. Menggalakan 4 pilar yang menjadi prioritas program ini, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan UMKM.

Setidaknya dengan pembinaan yang baik dari Astra membuat kampung-kampung dipedalaman Indonesia menjadi lebih tertata. Pendidikan dan pendampingan yang baik juga bisa mengubah pemikirkan warga kampung sedikit demi sedikit. Sehingga lebih terbuka terhadap hal-hal yang berdampak baik.

Seperti di Kampung Berseri Astra Telaga Murni ini contohnya. Lokasi yang masih sangat alami, yakni berasa di sekitar Puncak Bogor. Kaya dengan potensi-potensi alam, sehingga pembinaan dalam bidang lingkungan bisa dengan mudjah dijalankan disana. Betapa tidak, daerah yang masih hijau dengan alamnya, jauh dari hiruk pikuk perkotaan ini, sayang jika tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

Ada beberapa agenda rutin warga kampung hijau telaga murni yang juga merupakan program dari Kampung Berseri Astra. Salah satunya dalam bidang lingkungan, yaitu gotong royong atau Jumsih.

Kegiatan bersih-bersih lingkungan yang sudah jarang kita temui di kampung-kampung biasa, masih rutin dilakukan di Kampung Hijau Telaga Murni. Seminggu sekali yaitu tepatnya di hari jumat, warga bergotong royong untuk membersihkan area kampung mereka. Dengan cara bergantian dari lokasi 1 ke lokasi lainnya.

Semangat gotong royong yang indah masih bisa dirasakan oleh Warga Kampung Berseri Astra Telaga Murni. Selain menciptakan lingkungan yang lebih bersih, hal ini juga bisa memperat tali persaudaraan antar warga kampung.

Selain kegiatan Jumsih, atau bersih-bersih lingkungan. Warga juga dianjurkan untuk memanfaatkan pekarangan-pekarangan rumah sebagai tempat bercocok tanam. Ini merupakan bagian dari program Kampung Berseri Astra dalam mencipatakan lingkungan yang lebih baik.

sumber gambar www.evrinasp.com

Ketika mengunjungi Kampung Berseri Astra Telaga Murni pasti akan menemukan pemandangan tidak biasa yang khas, yang jarang ditemui di kampung-kampung biasa. Kita akan menemui rumah-rumah warga yang dengan pekarangan rumahnya yang rimbun ditumbuhi bermacam-macam tanaman.

Hal ini bertujuan untuk memberikan nilai lebih terhadap pekarangan rumahnya masing-masing. Harapannya selain menjadi asri dan hijau, warga juga bisa mendapatkan hasil dengan memanfaatkan tanaman-tanaman miliknya. Baik untuk dijual ataupun untuk dikonsumsi sendiri.

Contoh-contoh program diatas sesuai dengan pilar yang diusung oleh Astra yang ingin menjadikan Kampung Berseri Astra berkembang dalam hal kesehatan, lingkungan, pendidikan dan UMKM. Semua saling berkaitan dan berkesinambungan. Contohnya lingkungan yang bersih akan memberikan dampak kepada kesehatan.

Selanjutnya dari sisi UMKM, di Kampung Hijau Telaga Murni ada yang namanya Bank Sampah. Merupakan upaya kemandirian finansial dari program Kampung Berseri Astra dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang tidak terpakai. Yaitu dengan cara mendaur ulang.


Sumber gambar: www.jurnalsumatra.com

Kesadaran untuk mengelola sampai sudah tertanam di benak para warga, berkat pembinaan dari program Kampung Berseri Astra. Kebiasaan membuang sampai ke sungai sudah mulai ditinggalkan warga. Ini tentu juga berdampak baik terhadap lingkungan sekitar.

Setiap warga dengan rutin menyetor sampah daur ulang ke pengurus yang ada di Kampung Berseri Telaga Murni. Kemudian dibuatkan dalam bentuk tabungan yang bisa ditarik begitu sampah sudah dikonversi menjadi rupiah. Yaitu dengan cara di jual ke pengepul yang sudah bekerjasama.

Nah kan, selain bersih karena tidak membuang sampai ke sungai lagi. Ada nilai dari sampah itu sendiri, yaitu uang hasil menyetor sampah. Warga tentu bahagia dengan program ini, mereka semua bersemangat untuk mengumpulkan barang-barang bekas di rumah atau sampah-sampah untuk disetor ke Bank Sampah.

Pengetahuan yang sedikit membuat warga khususnya warga yang tinggal di kampung-kampung menjadi tidak terbuka. Kesannya warga kampung sulit sekali di atur. Padahal cukup dengan pembinaan dan pendampingan yang baik mereka juga bisa berkembang. Terlebih di kampung-kampung sebenarnya banyak yang bisa dimanfaatkan, jika warganya peka.

Image warga kampung yang kuno dengan pemikiran monoton seharusnya sudah tidak ada lagi. Itu juga salah-satunya yang ingin dicapai oleh program Kampung Berseri Astra.

Kita berharap semakin banyak kampung-kampung di Indonesia yang mendapat kesempatan untuk belajar memajukan kampungnya sendiri.

Baca Juga