Sunday, October 8, 2017

Tips dan Trik Mendapat Hotel / Penginapan Super Murah di Kota Besar (Ala Backpacker)

Artikel ini lanjutan dari artikel sharing saya tentang wisata-wisata di Yogyakarta. Informasi lengkapnya bisa di baca DISINI.

Sesuai janji saya, saya akan share cara mencari penginapan murah. Dalam hal ini pengalaman menginap saya di Jogja hanya dengan budget 15.000,- (lebih tepatnya 12.500,- aja).

Tips dan Trik Penginapan Murah

Without case = Hoax. Untuk itu akan saya lampirkan beberapa bukti transaksi saya untuk meyakinkan bahwa tips ini work 100%.

Langsung saja. Informasi pertama, lakukan pemesanan / booking hotel via aplikasi tiket.com. Dengan DISKON yang akan didapatkan 100K / checkout (tanpa minimum transaksi).

Rate hotel yang ditawarkan di tiket.com kurang lebih sama dengan rate-rate hotel di aplikasi booking / travel agen lain seperti traveloka, pegi pegi, agoda, dll. Pilihan hotel terbilang sama, lengkap dan banyak.
Untuk mendapatkan harga rendah nan ancur, tentu target kita adalah hotel / penginapan low budget ya. Jangan berharap bisa menginap di hotel bintang dengan persedian budget sangat minim.

Tapi menurut saya, menginap di tempat seperti apapun yang penting adalah nyaman. Apalagi seorang backpacker yang pergi ke luar kota dengan tujuan berwisata, akan sangat jarang berdiam diri di penginapan / hotel. Sudah pasti waktu akan banyak dipakai diluar ruangan / tempat-tempat wisata. Maka penginapan / hotel mewah pun hampir sama saja fungsinya, right? (mungkin beberapa tidak sependapat dengan saya hehehe).

Tips dan Trik Mencari Penginapan MurahHotel-hotel di Jogja via tiket.com mulai harga 100K

Capture di atas adalah contoh rate dari deretan hotel murah di Jogja (saya contohkan sesuai pengalaman saya kemarin). Untuk memesan hotel di kota-kota lain langkahnya sama saja ya. Tulis pada bagian pencarian kota yang di inginkan.

Untuk mendapatkan harga yang super murah, sortir hotel dari harga terendah. Range harga kira-kira 100 - 150K. Untuk kota-kota pariwisata seperti Jogja, Bali, Bandung rate dengan harga tersebut lumayan banyak. Bahkan beberapa sudah termasuk sarapan dan fasilias lain. Tinggal dipilih dan dipilah.

Apabila sudah menemukan hotel yang sesuai. Lanjutkan pemesanan ke step berikutnya.

Tips dan Trik Mencari Penginapan Murah
Tampilan dari website (bukan aplikasi)

Pada tampilan tersebut muncul kolom untuk kita memasukan code promo. Untuk code promo yang dapat di gunakan antara lain:
- DAMRI100 (bisa digunakan booking tiket pesawat)
- JABAR100
- DKI100
- DPS100
- DIY100
- JATENG100
- JATIM100


Informasi penting: Code tersebut Insyaa Allah valid (yang sudah saya coba DAMRI100 & JABAR100). Kecuali jika kebetulan gangguan jaringan atau sistem tiket.com yang tidak bisa di prediksi. Hanya saja (kalau tidak salah), ada kuota harian untuk masing-masing code tersebut. Jadi, cobalah satu per satu.

Tips untuk yang masih gagal menggunakan code tersebut, lakukan pemesanan pada tengah malam. Sekitar pukul 00:01 atau ketika sudah berganti hari. Supaya kuota harian sudah terupdate dan bisa digunakan lagi.

Jika berhasil me-redeem codepromo, selanjutnya adalah pembayaran. Lakukan pembayaran sesuai metode pembayaran yang dipilih serta instruksi yang akan dikirim via email.

Tips dan Trik Mencari Penginapan Murah
Harga Hotel 125K Diskon 100K, sisa 25K yang harus di bayar

Tips dan Trik Mencari Penginapan MurahEmail konfrimasi & pembayaran

Apabila sudah selesai melakukan pembayaran. Kita akan mendapat e-ticket dan invoice yang dikirim via email.

Tips dan Trik Mencari Penginapan Murah
Tips dan Trik Mencari Penginapan MurahInvoice

Review singkat tentang penginapan yang saya pilih di Jogja, yaitu Kampoeng Djawa Guest House. Penginapan terbilang nyaman dan bersih. Meskipun toilet berada di luar kamar, toilet terjaga kebersihannya (tersedia air panas). Di dalam kamar tersedia fan, tv led. Air minum, teh & coffe + sarapan tersedia gratis. Fasilitas yang ditawarkan dengan hanya membayar 25.000 (kemudian sharecost dengan teman menginap, artinya masing-masing hanya 12.500,-), sudah lebih dari cukup. Jikapun hanya sendiri, saya rasa 25.000 sudah sangat murah untuk menginap di sebuah kota besar dengan fasilitas yang lumayan (free breakfast). Karena rata-rata penginapan offline di sekitar Jogja saja paling rendah di harga 50.000 / orang, dengan fasilitas biasa-biasa saja (hanya kamar).

Untuk yang ingin menginap lebih dari satu hari, cara mensiasati suapaya tetap mendapatkan harga murah adalah dengan berpindah tempat. Atau bisa juga tetap memesan di hotel yang sama dengan email berbeda (1 email - booking 1 malam). Karena sayangnya code tersebut hanya bisa digunakan 1x / email dan diskon 100.000 itu untuk 1x checkout (bukan / malam). Artinya, apabila anda memilih 3 malam sekaligus dengan total 300.000,- misalnya, diskon yang anda dapat hanya 100.000 saja. Dengan demikian total yang harus dibayarkan masih tetap mahal. Sedikit ribet memang, hanya saja untuk kalian yang suka pergi modis (modal diskon) worth to try.

Informasi Tambahan. Ada tips dan trik mendapatkan penginapan murah di jasa penyedia lain (Airyroom).

Bagi yang belum tau, airyroom ini merupakan salah satu penyedia layanan booking hotel yang bermitra langsung dengan hotel-hotel budget pilihan di Indonesia dan LN. Karena alasan tersebut, tak heran jika hotel-hotel Airyroom masih tidak terlalu banyak dibandingkan di layanan booking hotel lain. Tapi, untuk kenyamanan jangan ditanya. Airyroom hanya bermitra dengan hotel budget yang bisa menjamin 7 fasilitas: Wifi, TV, AC, Air Hangat, Tempat tidur bersih, Perlengkapan mandi & Air minum.

Untuk yang ingin menginap di Airyroom (di berbagai kota). Anda bisa mendapatkan diskon 100.000 dari link refferal (program terbaru airy, sampai 30 oktober 2017).
Silahkan melakukan reservasi / booking hotel melalui link berikut. Klik Disini.
Diskon akan didapat hanya bisa melalui link tersebut ya. Karena jika tidak, maka tidak akan adan kupon diskon yang diberikan.


Cukup sekian sharing dari saya.
Selamat mencoba ya. Segera susun rencana liburan murah anda.
Enjoy your plan~

Update Oktober 2017

Trik untuk pemesanan di tiket.com sementara tidak dapat digunakan. Apabila ada info terbaru / sudah bisa dipakai lagi, akan saya update infonya disini.

Sedangkan untuk dikson AiryRoom Masih bisa digunakan hingga Maret 2018.

Budayakan Comment Setelah Membaca :)

Baca Juga

7 komentar