sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68

#3 Explore Jateng, Jogja; Susur Pantai Gunung Kidul

Melanjutkan ulasan dan cerita perjalanan di Jogja sebelumnya. Setelah Explore Taman Sari dan Candi-candi Sleman, saya lanjutkan melancong ke Gunung Kidul. Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Prov. DIY, yang lokasinya cukup jauh dari pusat kota Jogja. Berbatasan dengan Klaten dan Sukoharjo di sebelah utara, Wonogiri di timur, Bantul dan Sleman di sebelah barat nya dan Samudera Hindia di selatan. Maka pantai-pantai di Gunung Kidul termasuk kepada deretan pantai selatan.


Daftar Pantai Gunung Kidul

Gunung Kidul memang terkenal dengan wisata pantai yang eksotis dan cantik-cantik. Bukan cuma satu dua, gugusan wisata pantai di Gunung Kidul sangat banyak sekali. Maka siapkan waktu yang panjang ya jika ingin mengexplore semua wisata pantai disana. Atau untuk efektifitas waktu, kamu bisa memilih untuk menginap di sekitar Gunung Kidul. Ada banyak kok penginapan baik online maupun offline. Karena kalau dari kota Jogja cukup memakan waktu yang lumayan untuk sampai di Gunung Kidul.

Untuk perjalanan saya sendiri saya mulai dari kota Jogja. Karena saya menginap di Jogja, jadi pagi-pagi sekali saya bertolak ke Gunung Kidul. Perjalan lebih kurang 1 setengah jam dengan sepeda motor, itupun dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Kalau santai / menggunakan mobil, mungkin bisa 2 jam atau lebih. Jalanan menuju Gunung Kidul berkelok-kelok dan banyak tanjakan tajam. Siapkan skill berkendara, pastikan sudah terbiasa dengan medan jalan seperti itu.

Saya akan coba share deretan atau daftar pantai-pantai di Gunung Kidul, dari mulai terdekat dan searah. Untuk referensi teman-teman yang akan mengunjungi dan mengexplore Gunung Kidul. List ini sengaja saya siapkan sebelum saya pergi kesana.

Baca Juga: Objek Wisata dan Kuliner Wajib di Jogja

Deretan pantai-pantai di Gunung Kidul yang Recommended

Meskipun kenyataannya, tidak semua pantai-pantai di list yang saya buat berhasil saya kunjungi. Utamanya karena keterbatasan waktu, dan informasi. Terlebih saya harus PP alias pergi pulang (Jogja - Gunung Kidul) dalam sehari, jadinya waktu sangat terbatas. Inginnya sih menginap di Gunung Kidul, apalagi disana banyak pantai yang cocok yang sering digunakan untuk camping. Tapi karena jadwal saya masih banyak saat itu untuk keesokan harinya, akhirnya saya memutuskan untuk pulang pergi saja. Tapi untuk teman-teman, saya menyarankan untuk menginap di Gunung Kidul saja, baik di penginapan atau berkemah. Supaya lebih puas.

Kendala lain mengapa banyak pantai yang terlewat adalah karena lokasinya yang masih sulit di jangkau. FYI, di sekitar pantai-pantai Gunung Kidul masih susah signal, kadang ada kadang tidak. Sehingga tidak bisa memaksimalkan maps untuk penunjuk arah. Kuncinya harus sering-sering bertanya kepada warga.

Berikut daftar pantai-pantai di Gunung Kidul yang wajib dikunjungi, apalagi untuk kalian yang anak pantai banget. Sayang dong kalo gak ke-explore semua.

1. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat Sunset Cantik di Jogja
Sumber gambar: Instagram @antwcksn

Pantai ini sih sudah cukup terkenal dan sering menjadi tujuan wisatawan. Pantai ini terkenal dengan sunset nya yang konon merupakan salah satu terbaik di Jogja. Bukan pantai dengan hamparan pasir luas, Pantai Kesirat ini merupakan tebing-tebing dengan hamparan rumput luas. Biasanya spot di Pantai Kesirat sering dijadikan tempat camping sambil menikmati matahari terbenam.

2. Pantai Wohkudu

Pantai ini juga menjadi salah satu pantai yang direkomendasikan untuk camping nyaman di Jogja. Sangat strategis dan view nya cantik.
Pantai Wohkudu untuk Camping di Jogja
Sumber gambar: IG @adzusyar

3. Pantai Nguluran atau Teras Kaca

Spot Teras Kaca Pantai Nguluran Gunung Kidul
Sumber gambar: IG @shantie_syifa

Pantai ini terkenal karena keunikannya. Sebuah spot foto yang teebuat dari kaca yang kokoh, berada di sebuah tebing tinggi yang menghadap samudera lepas. Tentu berfoto di spot ini menjadi buruan para wisatawan, termasuk saya dan teman-teman. Pengunjung berdatangan setiap hari, meski spot ini berbayar dan lumayan mahal yakni Rp. 20.000,- / orang (per April 2019). Siap-siap antri ya, pengunjung akan diberikan nomor antrian dan biasanya kalau sedang ramai waktu berfoto pun akan dibatasi. Kurang leluasa sih menurutku.

4. Pantai Gesing

Wisata Pantai Gesing di Gunung Kidul Yogyakarta
View dari tebing di sekitar Pantai Gesing

Lokasinya tidak jauh dari Pantai Nguluran atau teras kaca. Pantai Gesing merupakan sebuah pantai yang cukup menarik. Kita bisa menikmati pantai ini dari bibir pantai, atau dari tebing yang sudah di tata sedemikian rupa. Pantai ini sering dijadikan 'pelarian' para pengunjung yang sedang menunggu giliran untuk berfoto di spot teras kaca. Kalau dapet antrian yang masih jauh, main-main lah dulu ke pantai Gesing.

5. Pantai Mbirit

Pantai Mbirit Surga Tersembunyi Jogja
Sumber gambar: IG @singmetosleepy

6. Pantai Ngobaran

Banyak mitos tentang pantai ini yang saya baca, yang entah benar atau tidak. Tapi memang pantai ini sangat unik dan bisa saya rekomendasikan untuk teman-teman. Daya tarik dari Pantai Ngobaran adalah terdapat bangunan-bangunan prasasti di tepi tebing yang langsung menghadap ke pantai dan samudera lepas. Ada sebuah bangunan pura, lalu kemudian ada bangunan sejenis candi yang berukuran kecil dan sering dijadikan spot foto oleh para pengunjung. Nuansa di objek wisata ini sangat kental dengan alam dan budaya.

Pantai NGobaran yang Cantik di Gunung Kidul
Pura yang ada di sekitar Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran Jogja Pantai Cantik nan Mistis
View langsung ke samudera dari salah satu bangunan

7. Pantai Midodaren

Pantai Midodaren Gunung Kidul Jogja
Sumber gambar: IG @destteatt

8. Pantai Baron

Pantai Baron Gunung Kidul Jogja
Sumber gambar: mytrip123.com

Paduan pasir putih, tebing-tebing batu yang menjulang dan kumpulan perahu nelayan yang bisa menambah cantik foto teman-teman jika berkunjung ke Pantai Baron.

9. Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe Pantai Cantik di Gunung Kidul
Sumber gambar: IG @ardinugros

Pantai Ngrawe punya keindahan yang berbeda dibandingkan dengan pantai lainnya di Gunungkidul. Memiliki hamparan rumput dipadukan dengan pembuatan taman dna pohon-pohon cantik seperti palm, sehingga Pantai Ngrawe memiliki pesona tersendiri.

10. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Jogja

11. Pantai Drini

Keindahan Pantai Drini Selatan Jogja
Sumber gambar: IG @nabielst

12. Pantai Krakal

Pantai Krakal yang Unik di Jogja
Sumber gambar: IG @dhian_hardjodisastro

13. Pantai Sandranan

Pantai Sandranan di Gunung Kidul Jogja
Sumber gambar: IG @sidiq_aw

14. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja
Sumber gambar: IG @mataelangku

Pantai ini salah satu yang paling terkenal di deretan Pantai Gunung Kidul. Tak heran kalau pantai ini juga merupakan salah satu yang teramai. Dari segi fasilitas pun sudah sangat mendukung, efek dari keramaian pendukung tadi. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih yang cantik dan garis pantang yang cukup panjang, sehingga cocok untuk pengunjung bermain air.

15. Pantai Sundak

Pantai Sundak Gunung Kidul Jogja
Sumber gambar: IG @panjiaoyama

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Indrayanti, sehingga memiliki tipe pantai yang hampir mirip. Pantai ini lebih cocok untuk kalian yang senang menyepi, karena tidak terlalu ramai seperti di Pantai Indrayanti.

16. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Jogja
Sumber gambar: IG @explorealamjogja

17. Pantai Timang

Yang satu ini juga tidak kalah terkenal diantara deretan pantai Gunung Kidul. Pantai Timang, destinasi wajib para pelancong yang ke Gunung Kidul. Daya tarik dari Pantai Timang adalah jembatan penyebrangan dan gondola untuk menyebrang ke pulau di sebrangnya. Memang terbilang ekstrim sih, tapi sangat cocok untuk kalian penikmat aktifitas yang memacu adrenalin. Bagaimana tidak, gondola tersebut beroperasi di atas tebing curam yang langsung menganga ke lautan lepas setinggi kurang lebih 10 meter. Untuk jarak menyebrangnya pun cukup jauh, yaitu sekitar 100 meter. Uh merinding yo.

Pantai Timang yang Menarik di Gunung Kidul
Sumber gambar: IG @pantai_timang_gunungkiduljogja
Tarif Gondola Penyebrangan Pantai Timang
Sumber gambar: IG @monicaflaviana05

Tarif menyebrang dengan jembatan yaitu Rp. 100.000 sedangkan dengan gondola di bandrol dengan harga yang tidak jauh beda yaitu Rp. 150.000,-. Mending mana?

Baca Juga: Panduan Lengkap Wisata di Pulau Nusa Penida

18. Pantai Siung

Pantai Siung Gunung Kodil Yogyakarta
Sumber gambar: IG @valitaclaudya

19. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wediombo Sunset Terbaik di Jogja
Sumber gambar: IG @adi_mrizal

Pantai ini merupakan salah pantai sunset di Gunung Kidul. View matahari terbenam di pantai ini sangat cantik dan jelas. Sehingga direkomendasikan untuk mengunjunginya di sore hari.

20. Pantai Nglambor

Snorkeling di Pantai Nglambor Gunung Kidul
Sumber gambar: IG @emiliyanashinta

Yang khas dari pantai ini adalah taman bawah lautnya yang cantik. Snorkeling merupakan salah satu aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai Nglambor dan menjadi daya tariknya.

Menjelajah satu demi satu lokasi pantai diatas tidak akan cukup dalam waktu sehari. Percaya deh. Saran saya jangan datang ke Gunung Kidul dalam rangka 'sekalian', kalau kalian ingin menjelajah dengan puas. Siapkan waktu khusus memang untuk menjelajah wisata di Gunung Kidul karena sayang bannget kan kalau gak dapet semua. Sipakan minimal 2 hari 1 malam atau bisa juga lebih, soalnya selain pantai-pantai banyak juga destinasi wisata lain di Gunung Kidul.

Barangkali itu dulu daftar pantai-pantai di Gunung Kidul yang bisa saya rekomendasikan. Sebenarnya itu tidak semua dan masih banyak juga daftar pantai Gunung Kidul yang lain yang tidak dimasukan ke dalam list. Tapi paling tidak di atas adalah yang paling terkenal dan menarik. Semoga bisa menambah referensi dan berguna untuk teman-teman yang akan berwisata ke Gunung Kidul dan mencari informasi pantai-pantai selatan Jogja.

Budayakan Komentar Setelah Membaca :)

Petualangan Terkait
Zoetami
Travelogger // sharing while doing.
SHARE
Terbaru Lebih lama

Petualangan Lainnya

Subscribe untuk mendapatkan update gratis!

Posting Komentar