Wednesday, October 3, 2018

Panduan Lengkap Berwisata ke Cirebon


Cirebon, salah satu kota yang ada di ujung timur provinsi Jawa Barat. Kota yang dikenal dengan sebutan Kota Udang dan Kota Wali ini berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang dikenal dengan jalur Pantura.

Sesuai julukannya sebagai kota para wali, konon Cirebon merupakan pusat keagamaan sejak jaman dahulu, khususnya di Jawa Barat. Sehingga untuk tempat-tempat wisata di Cirebon lebih terkenal dengan wisata-wisata sejarah dan religi.

Tapi siapa sangka, sesuai perkembangan pariwisata di Cirebon. Kini mulai bermunculan juga wisata-wisata lain. Wisata alam, wisata modern yang tidak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia.

Tempat-tempat Wisata Andalan Cirebon

Meski sudah bermunculan wisata-wisata baru di Cirebon, tetapi tidak menggeser posisi wisata-wisata khas Cirebon seperti wisata sejarah dan Religi.

Wisata sejarah dan religi ini masih selalu menjadi tujuan utama para pelancong ketika mengunjungi Cirebon. Sebut saja Kraton Kasepuhan dan Kraton Kanoman, kedua bangunan bersejarah ini selalu ramai dikunjungi, baik ketika musim liburan tiba atau sekedar weekend.

Selain kedua kraton tadi, wisata-wisata populer yang bisa dikunjungi di Cirebon antara lain:
- Masjid Agung Sang Cipta Rasa (Mesjid Tertua di Cirebon)
- Makam Sunan Gunung Djati
- Gua Sunyaragi
- Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani
- Bukit Gronggong
- Alun-Alun Kjaksan
- Pantai Kejawanan
- Banyu Panas Palimanan
- Sentra Batik Trusmi, dll

Masih sangat banyak tempat-tempat bagus di Cirebon selain yang disebutkan diatas. Jika memiliki banyak waktu jangan lupa untuk mampir di kota-kota tetangga Cirebon seperti Majalengka dan Kuningan.

Ketiga kota tersebut akan menjadi paket yang pas dan untuk dikunjungi. Tempat-tempat yang alami di kedua kota lain tersebut akan melengkapi liburan teman-teman di Cirebon,

Transportasi (ke & di) Cirebon

Untuk menuju Cirebon sangat banyak sekali pilihannya. Letak kotanya yang strategis, menjadi titik bertemunya jalur 3 kota besar di Pulau Jawa. Yaitu Jakarta, Bandung dan Semarang. Sehingga hampir semua jenis transportasi baik itu darat, laut dan udara saling berintegrasi di Kota Cirebon.

Kota Cirebon memiliki 2 stasiun yakni Stasiun Cirebon Kejaksan dan Stasiun Cirebon Prujakan yang biasa menjadi pemberhentian kereta api yang mengangkut penumpang dari ujung barat Pulau Jawa sampai ujung timurnya.

Untuk terminal angkutan darat di Cirebon yaitu Terminal Besar Harjamukti yang melayani angkutan-angkutan umum baik lokal, AKDP, ataupun AKAP.

Sedangkan untuk Pelabuahan dan Bandar Udara masih belum dikomersilkan, hanya untuk keperluan intansi-intansi terkait. Seperti pelabuhan yang digunakan untuk pengangkutan batu bara, dan Bandara Cakrabuana sebagai sekolah khusus penerbangan dan militer.

Nah, untuk berwisatanya sendiri sangat banyak pilih alternatif transportasi disana. Yang unik di Cirebon masih ada becak sebagai alat transportasi yang masih banyak digunakan oleh masyarakat. Jika teman-teman hanya city tour di lokasi-lokasi yang berdekatan, boleh tuh mencoba becak Cirebon.

Tapi jika tujuannya adalah keliling menjelajah wisata di setiap sudut Cirebon, atau bahkan sambil menjajal kota terdekatnya (Kuningan / Majalengka / Indramayu). Sewa kendaraan adalah solusi yang tepat.

Banyak sekali tersedia jasa sewa mobil Cirebon. Salah satunya Happy Car Rental.

Salah satu Rental mobil Cirebon yang sudah pofesional melayani tamu dari berbagai kalangan dan berbagai kota. Sehingga sudah tau seluk-beluk wisata di Cirebon dan Sekitar.

Keuntungan menggunakan rental selain simple dan tidak ribet, sang driver bisa sekalian dijadikan guide juga. Sehingga liburan di Cirebon akan tertata rapi, padat dan puas.

Berikut kontak Sewa mobil murah cirebon.
08156407913 / 081298476511 (SMS/Telp)
082120982211 (WhatsApp)

Hotel / Penginapan di Cirebon

Point ini bukan masalah besar untuk para pelancong. Karena semakin mudahnya teknologi, semua masalah beres hanya di genggaman tangan. Yes booking online.

Di Cirebon sendiri tidak akan kesulitan mendapatkan penginapan untuk tempat melepas lelah setelah seharian beraktifitas menjajal wisata Cirebon.
Hotel-hotel dari mulai hotel melati sampai hotel bintang bisa ditemui dengan mudah di kota Cirebon.

Referensi Kuliner Cirebon

Nah ini juga yang biasanya menjadi daya tarik Cirebon si kota udang. Makanan-makanan atau kuliner Cirebon terkenal enak-enak dan beragam. Bila teman-teman mengunjungi Cirebon jangan lupa icip-icip kuliner khas Cirebon ya.

Misalnya saja ada Nasi Jamblang, Empal Gentong, Nasi Lengko, Mie Koclok, Ketan Lani, Tahu Gejrot dll.


Meski belum menjadi kota andalan yang dijadikan tempat tujuan wisata banyak orang, tetapi ternyata cirebon menyimpan pesona yang tidak kalah menarik. Destinasi yang lengkap, akses yang mudah, transportasi dan hotel yang bervariatif, kuliner yang enak, akan menjadi daya tarik Cirebon dikemudian hari.

Bagaimana, berminat berwisata di Cirebon?

Baca Juga