Thursday, January 21, 2016

Tips Agar Menulis Lebih Mudah dan Terbiasa

Tips Agar Menulis Lebih Mudah dan Terbiasa

Menulis itu susah! Ya, bagi saya menulis itu tidak mudah, bagaimana agar tulisan kita bisa menarik perhatian dan minat orang untuk membacanya adalah bagian tersulit dalam menulis. Mungkin tidak menurut anda yang sudah terbiasa melakukannya, apalagi anda yang memang berbakat dalam hal ini.

Mending sambil cerita sambil saya kasih tips gimana caranya biar enak menulis, lebih tepatnya agar kita terbiasa menulis. Dalam hal ini saya contohkan menulis blog alias ngeblog ya, tetapi tips ini bisa juga anda praktikan ketika akan menulis hal lain seperti menulis buku, atau yang lainnya. Langsung saja.

Cari Lingkungan Yang Mendukung Minat Menulis Anda

Saya simpan paling atas karena ini pengalaman pribadi saya, ini juga satu alasan kenapa saya ingin mencoba menulis lagi. Lingkungan. Dalam hal menulis, lingkungan akan berpengaruh pada pertumbuhan minat menulis anda.

Tips Agar Menulis Lebih Mudah dan Terbiasa

Biar saya cerita sedikit. Akhir tahun 2015 lalu saya dipertemukan dengan sebuah komunitas blogger di tempat tinggal saya, Sukabumi. Cukup excited karena didalamnya banyak orang-orang keren yang sudah jago-jago dalam hal blogging. Mereka ngeblog untuk berbagai kepentingan, dari mulai diary yang berisi pengalaman pribadi, urusan pekerjaan, sharing ilmu, sampai yang bisa menghasilkan uang seperti Adsense. Wah, pengen icip semua jadinya.

Bagi saya lingkungan baru saya itu berpengaruh sekali untuk minat menulis saya, tentunya karena saya mendapatkan ilmu-ilmu baru disana. Tapi memang benar, lingkungan yang baik bisa memotivasi kita untuk bisa lebih baik lagi. Mungkin anda sudah sering mendengar pernyataan bahwa lingkungan berpengaruh pada kepribadian seseorang. Semakin kita dewasa kita akan menyadarinya, bahwa benar lingkungan baik disadari atau tidak sangat berpengaruh pada berbagai hal yang terjadi pada diri kita.

Jadi, mulai sekarang carilah tempat sharing seputar tulis-menulis, itu akan sangat membantu perkembangan minat anda agar lebih asik melakukannya. Bisa teman pribadi alias perorangan atau sebuah komunitas. Oya, sebenernya sejak 2011 saya punya teman yang jago juga dalam hal ngeblog. Cukup famous di zamannya, tulisannya asik dan khas menurut banyak orang. Tapi sayang beliau vacum karena kesibukan lain, jadi saya tidak sempet sharing banyak soal blogging kala itu. Kabar baiknya sekarang beliau mulai ngeblog lagi dengan wajah baru, silahkan mampir Igniel

Tentukan Tema Tulisan Anda

Tips Agar Menulis Lebih Mudah dan TerbiasaLakukan apa yang anda suka

Ketika kita akan melakukan sesuatu atau menekuninya, yang pertama harus kita lakukan adalah menyukainya. Apapun itu, saya sangat setuju bahwa kita harus menyukainya. Begitupun dalam menulis content blog. Pastikan tema yang akan anda bahas dalam blog anda adalah tema yang anda sukai, kenapa?
Tentu, karena itu akan sangat memudahkan anda dalam menulis. Ketika anda akan menulis mengenai hal-hal yang anda sukai, anda tidak perlu terlalu mencari referensi dari sumber lain secara berlebihan.

Sebagai contoh, anda senang dalam hal repair android atau anda mahir di programming. Buatlah blog seputar hal-hal tersebut, tips dan trik, tutorial atau lainnnya. Karena anda sudah mempunyai pengalaman sendiri, anda tinggal menuangkannya dalam bentuk tulisan. Selain lebih mudah, info yang anda bagikan akan lebih akurat. Untuk niece atau tema blog saya sendiri untuk saat ini belum saya tentukan, tapi sudah ada beberapa yang menjadi pertimbangan saya.
Yang pertama, karena saya seneng main-main, saya ingin sharing tentang wisata di blog ini. Kemudian karena saya cinta kampung halaman, saya ingin sharing tentang kesukabumian. Jadi biar adil mungkin di blog ini saya akan sering share tentang wisata-wisata di Sukabumi. Selain itu, saya juga seneng dagang. Jadi nanti sekali-kali kita harus sharing tentang Jualan Online ya. Ikuti terus. hehehe.

Mulai menulis! dan Biasakan

Tips Agar Menulis Lebih Mudah dan Terbiasa

Menulis bisa dikategorikan sebagai seni, karena konon ketika kita menulis otak kanan berperan sangat besar. Merangkai kata menjadi semua kalimat yang indah dan membuat si pembaca suka itu sangat butuh kepiawaian. Tidak semua orang dapat melakukannya, apalagi untuk orang yang belum terbiasa tentu akan kesusahan.
Dan ya, itu yang saya sendiri rasakan. Kadang untuk menemukan kata yang pas dalam menyusun kalimat perlu "tulis-hapus-tulis-hapus" berulang-ulang dan hasil nya masih begitu-begitu aja. But this is progress, mari menikmatinya.

Agar anda terbiasa menulis, hal yang harus anda lakukan adalah mulai menulis. Sekarang juga mulailah menulis! Bahkan ketika anda tidak tau harus nulis apa. Loh kok?
Saya pernah mendengar dari seorang pakar copywriting, bahwa yang dia lakukan agar mendapatkan ide copywriting yang harus super kreatif itu adalah mulai menulis. Apa yang kita pikirkan kala itu maka tulislah.

Misal saat kita bingung, maka mulai tuliskan tentang kebingungan kita. Seiring bertambahnya fokus saat menulis, ide bisa muncul dengan sendirinya. Ide menulis akan jauh lebih mudah datang ketika kita mempunyai bahasan yang kita sukai, seperti yang sudah disinggung di point 2. Kita tidak perlu mencari-cari ide bahasan, karena pada dasarnya semua bahasan yang akan kita tuangkan adalah dari pengalama-pengalaman pribadi kita.

Dan untuk membiasakannya, anda harus punya kedisiplinan dan komitmen dalam menulis. Jadwalkan minimal 2 – 3 jam perhari untuk menulis, misalnya sebelum tidur atau saat jam istirahat siang. Berjanjilah kepada diri sendiri untuk melakukannya secara teratur dan tepati. Apalagi ketika anda tidak mempunyai kesibukan yang menyita waktu, bisa menjadwalkan waktu lebih lama untuk belajar menulis dan membiasakannya. Jika anda memiliki motivasi yang kuat dalam hal menulis, pasti anda tidak akan terlalu kesulitan untuk mulai berkomitmen.

Mungkin itu beberapa tips dasar untuk memcoba membiasakan menulis dari saya. Tips ini saya rangkum dari berbagai sumber yang saya dengar, baca dan dari pengalaman pribadi. Sebenernya ini pun belum sepenuhnya saya terapkan, hanya sharing saja karena beberapa diantaranya menurut saya cukup ampuh.

Baca Juga

2 komentar

Ini yang nulisnya sendiri udah semangat nulis belum? Apdet dong mb semangatttttt