sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Bookmark

Hunting Poto Instagenic di Pasir Datar Sukabumi

Wisata Sukabumi identik dengan wisata alam yang asri dan hijau. Dikelilingi 2 gunung yaitu di Gunung Gede-Pangrango dan Gunung Salak membuat wisata Sukabumi di dominasi wisata khas pegunungan. Sebut saja wisata paling terkenal disana yakni Wana Wisata Situ Gunung, tempat yang kini menjadi icon wisata Sukabumi. Selain Situ Gunung, masih banyak lho tempat wisata Sukabumi yang recommended dan anti mainstream.

Info Tentang Wisata Pasir Datar Sukabumi

Bagi kalian yang ingin menyegarkan mata dan pikiran adalah pilihan yang tepat untuk datang ke Sukabumi. Selain lokasinya yang tidak begitu jauh dari ibukota, banyak alternatif transportasi serta pilihan wisata yang menarik disana. Salah satunya ada Pasir Datar.

Daya Tarik Pasir Datar Sukabumi

Apakah kamu pernah mendengar tentang wisata pasir datar? Saya yakin sebagian besar belum. Memang, tempat ini masih terbilang baru dikalangan wisatawan, termasuk wisatawan lokal Sukabumi saja. Meski begitu ada juga kok wisatawan luar kota yang datang kesana, berkat informasi dari mulut ke mulut tentang tempat tersebut.

Merupakan lokasi agrowisata, yang makin kesini semakin menarik banyak pengunjung. Awalnya disana hanya perkebunan warga saja. Namun karena panorama alamnya yang mempesona sehingga banyak yang datang untuk menikmati sejuk dan indahnya alam disana. Pasir Datar sendiri adalah nama desa. Lokasinya yang tepat berada di kaki gunung menjadikan lokasi ini merupakan lokasi perbukitan yang subur. Daya tarik dari tempat ini adalah wisata bukit dengan hamparan luas ladang perkebunan serta hijaunya hutan pinus dan cemara sebagai latar. Panorama di Pasir Datar bisa dilihat hampir 360 derajat, keren banget. Mau mirip-mirip Panyaweyannya Majalengka lah.

Daya Tarik Pasir Datar Sukabumi
Lokasi Wisata Pasir Datar Sukabumi

Biasanya orang-orang datang ke Pasir Datar untuk hunting foto, meyepi, masak-masak (ngaliwet), hingga camping. Hutan pinus menjadi lokasi camping yang asik untuk teman-teman yang senang berkemah. Kalau kamu potografer handal dijamin dapat poto instagenic deh di tempat ini, karena setiap sudutnya sangat mendukung sekali.

Transportasi Menuju Pasir Datar Sukabumi
Hutan Pinus untuk lokasi camping


Lokasi Camping di Pasir Datar Sukabumi


Informasi Lengkap Tentang Wisata Pasir Datar

Berikut beberapa informasi penting tentang pasir datar yang mungkin bisa menjadi tambahan referensi untuk teman-teman yang berencana berkunjung kesana.

  1. Rute dan Lokasi
  2. Pasir datar bisa dijangkau dengan berkendara sekitar 1 jam dari pusat kota Sukabumi. Lokasinya berjarak sekitar 17KM dari pusat kota atau 12KM dari Cisaat. Berada di Desa Pasir Datar, Kec. Caringin, Kab. Sukabumi.

    Tempat Hunting Poto Menarik di Sukabumi
    Rute menuju Pasir Datar menurut Google Maps

    Dari pusat kota Sukabumi menuju ke arah Cisaat. Lewat alun-alun sedikit, belok tepat di pertigaan Cibaraja (pasar ikan). Dari sana lanjut saja melewati perkampungan sampai desa Pasir Datar.

  3. Transportasi Menuju Pasir Datar
  4. Menuju Pasir Datar diharuskan menggunakan kendaraan pribadi ya, karena tidak terdapatnya kendaraan umum yang sampai lokasi. Rutenya melewati perkampungan-perkampungan jadi lebih enak kalau pakai kendaraan roda dua. Karena lumayan jauh dari jalan raya utama, sehingga untuk yang awam tentang daerah sekitar mungkin akan sedikit kebingungan. Tapi tidak usah khawatir, teman-teman bisa menggunakan maps atau bertanya kepada warga sekitar.

  5. Fasilitas dan Tiket Masuk
  6. Tidak terdapat fasilitas-fasilitas layaknya tempat wisata disana. Karena memang tempat itu bukan tempat khusus untuk berwisata. Hanya pengunjung diperbolehkan untuk datang dan menikmati tempat itu. Tidak ada tiket masuk untuk datang kesana, free (sopan). Tetap harus menjaga prilaku seperti izin kepada pemilik kebun jika kebetulan sedang ada di lokasi.


Mungkin itu saja informasi tentang Pasir Datar Indah, tempat agrowisata baru di Sukabumi yang bisa saya berikan. Tempat tersebut dijamin anti mainstream dan belum banyak diketahui terlalu banyak wisatawan. Semoga informasi yang singkat ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari informasi mengenai wisata Pasir Datar Indah. Feel Free to share kepada teman-teman yang lain ya.


Budayakan Komentar Setelah Membaca :)

4 komentar

4 komentar

  • Muhammad Reza
    Muhammad Reza
    28 April, 2021
    Sudah pernah main ke solo?
    • Muhammad Reza
      zoetami
      06 Mei, 2021
      Sempat tahun 2019, tapi baru keliling di pusat kotanya.
    Reply
  • Faizall TM
    Faizall TM
    20 Agustus, 2020
    sekali-sekali main ke daerah cianjur teh :)
    • Faizall TM
      zoetami
      27 Agustus, 2020
      Hayu, ajakin kemana dong di Cianjur hehe
    Reply