Sunday, February 5, 2017

Seberapa Pentingkah Mencari Teman Tertarget Untuk Promosi di Facebook?

Seperti yang sudah saya janjikan di artikel sebelumnya, yaitu artikel yang membahas tips memulai berjualan online untuk pemula. Bahwa saya akan membahas soal teman tertarget lebih jauh di artikel berikutnya ini.

Disana sudah saya singgung bahwa teman tertarget menjadi salah satu point penting agar memudahkan kita memasarkan produk / promosi di Facebook. Sebenarnya bukan hanya untuk onlineshop / pedagang online. Untuk yang hobi sebar link / ingin menaikan visitor website juga biasanya memerlukan list teman tertarget.

Pertanyaannya, seperti apa sih teman tertarget itu? Kenapa penting? Mari kita bahas.

Jasa Pembuatan Akun Facebook Tertarget

Sebelum membahas lebih jauh, kita harus faham dulu apa teman tertarget itu sendiri.
Teman tertarget disini adalah akun Facebook yang akan kita gunakan untuk media promosi yang di sudah di setting (sedemikian rupa) supaya friendlist dari akun tersebut sesuai dengan interest yang kita perlukan.

Sederhananya, teman yang ada di akun tersebut benar-benar sesuai target pasar kita.

Saya kasih contoh, misalnya saya jual suplemen kesehatan / vitamin anak-anak di Facebook, maka saya harus mencari teman tertarget yang memang sesuai dengan kriteria konsumen produk saya. Saya harus mengumpulkan teman wanita-wanita dewasa, sudah menikah & sudah memiliki anak. Kurang lebih begitu.
Agar, ketika saya promosikan produk saya, kemungkinan lakunya juga gede dong. Kenapa? Karena targetnya tepat.

Bandingkan ketika saya asal pilih teman untuk akun jualan saya itu. Saya jualan vitamin untuk anak, tapi friendlistnya kebanyakan anak-anak muda yang masih pecicilan, masih sekolah, belum menikah, boro-boro punya anak, penghasilan saja belum ada. Hmm. Menurut kalian bakal laku gak jualan saya? Begitu kira-kira logikanya ya.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk promosi supaya lebih tepat sasaran, selain mengumpulkan teman-teman tertarget itu sendiri. Diantaranya:

Join & share di grup-grup yang ada kaitannya dengan produk kita / grup-grup jual beli

Seberapa Pentingkah Mencari Teman Tertarget Untuk Promosi di Facebook?

Cara ini mungkin masih banyak digunakan, tetapi menurut saya sudah kurang efektif.
Karena makin kesini, Facebook sudah tidak murni lagi. Banyak oknum-oknum yang mencari keuntungan dengan cara tidak baik di Facebook. Misalnya pembajakan, fishing, dll.

Makanya sekarang-sekarang banyak yang merasa keanehan, kok Facebook nya kerja sendiri, masuk-masuk grup sendiri, di invite ke grup-grup. Ujung-ujungnya bisa share link aneh-aneh ke grup. Ngalamin gak?

Begitupun dengan grup-grup jual beli. Karena semakin marak nya trend jualan online, sekarang grup jual-beli kebanyakan isinya penjual semua. Coba deh cek. Kalo kaya gitu, siapa yang mau jadi pembeli?

Promosi cara ini benar-benar harus ekstra sabar menunggu keberuntungan. Ya siapa tau ada yang kebetulan lihat iklan kita di grup-grup itu. Karena tadi, grup-grup di Facebook sudah tidak meyakinkan, apakah isinya benar orang-orang potensial atau bukan.

Dengan iklan berbayar / FB Ads

Seberapa Pentingkah Mencari Teman Tertarget Untuk Promosi di Facebook?

Sekarang kebijakan-kebijakan Facebook semakin ketat, sampai-sampai terlalu ‘memonitize’ fasilitas-fasilitas yang ada didalamnya.

Salah satunya untuk promosi, kita bisa menggunakan iklan berbayar. Tata cara penggunaan FB Ads / iklan berbayar memang lebih teknis, dan perlu pengetahuan lebih untuk menjalankannya.

Sederhananya, ketika kita menggunakan fasilitas promosi berbayar dari Facebook, kita akan dipersilahkan menentukan target seperti apa yang ingin di jangkau oleh iklan kita. Dengan biaya tertentu, maka Facebook akan menjamin yang melihat iklan kita adalah mereka yang sesuai dengan yang sudah kita tentukan.

Tapi jangan salah sangka, sekilas ini seperti cara instan yang bisa dilakukan untuk menjangkau orang-orang potensial yang sesuai target kita. Padahal proses nya tidak semudah itu.

Sepengalaman saya, ketika kita mencobanya, kita tidak akan langsung berhasil menjangkau target yang diinginkan. Sekalipun sudah merasa benar saat me-setting campaign iklan. Yaiya, apapun tetap butuh usaha ekstra dan kemauan untuk sering mencoba.

Oleh karena kita harus sering melakukan trial error, cara ini butuh modal yang ‘lumayan’ besar, karena kita harus membayar jumlah tertentu setiap kita ingin membuat iklan baru yang ‘belum tentu berhasil’ itu.

Tapi memang sih iklan berbayar ini (jika tepat sasaran & berhasil) sangat besar Pengaruhnya untuk promosi bisnis online. Bayangkan saja, kita bisa menjangkau mereka (target-target) kita yang bahkan kita sendiri tidak pernah tau dan tidak perlu mencari akun-akunnya terlebih dulu. Jangkauannya sungguh sangat luas. Terbukti iklan berbayar / FB Ads banyak digunakan oleh pebisnis-pebisnis berskala besar (kayanya sih budget menentukan hehehe).


Nah, jika kalian terkendala dengan dua pilihan diatas. Pilihan ketiganya ya ini, inti pembahasan kita, "mengumpulkan teman-teman tertarget". Ini alternatif terbaik ketika merasa kesulitan promosi di grup-grup ataupun kita kekurangan modal untuk iklan berbayar. Makanya kenapa, cara ini sekarang sedang menjadi andalan para penggiat Onlineshop.

Bagaimana caranya?

Untuk metodenya sendiri kita bisa pilih dengan cara manual maupun instan.

Cara manualnya ya seperti yang biasa kita lakukan untuk Facebook pribadi. Kita cari orang-orang dulu, kemudian kita add manual satu persatu. Cara ini butuh waktu yang lama dan ketekunan, jadi pastikan kalian punya banyak waktu untuk melakukan metode ini. Karena untuk mengetahui target kita tepat / tidak pun harus dilakukan secara manual. Misalnya kita cari Fanpage / grup yang satu kriteria dengan target kita. Lalu kita add satu persatu likers / membernya.

Agar sedikit lebih otomatis, banyak sekali di internet tutorial-tutorial berupa tips dan trik untuk mengumpulkan target dan menambahkan teman secara otomatis. Tinggal cari & pelajari. Saya rekomendasikan satu artikel keren milik teman saya, coba cek artikelnya disini.

Di artikel tersebut dijelaskan cara kita menyortir akun dari likers suatu Fanpage untuk mengumpulkan teman tertarget. Diantaranya kita bisa atur berdasarkan jenis kelamin, tempat tinggal, usia, dll. Disana juga diberikan script gratis menambahkan teman yang sudah disortir tersebut secara otomatis, artinya kita tidak perlu klik satu persatu.

Trik itu bisa sedikit memudahkan kita ketika menggunakan cara manual untuk mengumpulkan teman tertarget. Tapi ada yang perlu kita perhatikan, yaitu pembatasan jumlah akun yang di add / ditambahkan.

Karena kalau terlalu banyak, biasanya rentan kena teguran dari security Facebook. meraka akan menganggap aktivitas kita itu sebagai spam. Biasanya akun akan kena penalti (tidak bisa add friend dalam waktu tertentu) atau bahkan akun di nonaktifkan alias banned.

Wah sayang banget kan kalau udah setengah jalan trus akunnya dibanned.

Metode selanjutnya, kalo males berlama-lama mengumpulkan teman tertarget dengan cara manual tadi. Bisa dilakukan dengan cara instan yaitu menggunakan tools. Biasanya tools-tools tersebut premium alias berbayar. Banyak sekali diluaran sana yang menjual tools-tools untuk add friend otomatis, termasuk sortir targetnya dulu. Bisa kalian cari di google atau di grup-grup Facebook untuk penjual tools nya.

Dengan tools pun sebenarnya tidak ada jaminan akun akan aman tidak terbanned. Jika mengundang curiga si Facebook ya pasti kena juga. Oleh karena itu dibutuhkan kecerdikan dan kesabaran khusus. Tidak lupa waktu yang senggang untuk mencobanya. Jadi, jangan terburu-buru atau cepat bosen ya. Supaya berhasil.

Dari yang sudah saya rincikan diatas, sekarang sudah paham kan manfaat teman tertarget untuk kebutuhan promosi jualan online kita?

Kira-kira itu sedikit yang bisa saya share prihal akun tertarget. Berikut dengan metode-metode yang bisa digunakan untuk mengumpulkan teman tertarget baik itu manual / instan.

Eh ada lagi lho yang lebih instan...
Pasti kalian tau dong apa paling instan di dunia ini :D :D

Yap. Beli!

"maksudnya beli teman tertarget"?

Iya betul. Beli akun tertarget yang sudah jadi dan tinggal pakai.

"Emang ada?"

Ya ada lah. Banyakkkk.

Sekarang ini sudah banyak sekali penjual-penjual akun tertarget. Karena peminatnya ternyata memang cukup banyak juga.

Jadi, apabila kalian bingung untuk mencoba tips-tips diatas karena keterbatasan waktu dan biaya, kalian bisa coba beli akun tertarget yang sudah jadi. Ini lebih menghemat biaya daripada mencoba bereksperimen dengan FB Ads tanpa pengetahuan lebih. Modalnya hanya sekali, di awal saja. Kalau istilah MLM nya, sekali seumur hidup! (jadi bawa-bawa bisnis sebelah mulu nih hihi maaf ya, no offense).

Dengan akun tertarget yang sudah jadi, tugas kita selanjutnya hanya tinggal mengelola saja. Enak toh...(dengan bantuan uang, udah paling gampang deh urusan. Hehe)

Sebelum ditutup, ada satu lagi nih informasi yang tidak kalah penting.

kebetulan, saya sendiri terima jasa pembuatan akun tertarget lho *just for your information*.

Untuk info jasa pembuatan akun Facebook tertarget versi saya, bisa dilihat disini.

Mudah-mudahan ilmu tentang pentingnya teman tertarget untuk kebutuhan promosi online ini bisa bermanfaat, sedikit banyak bisa diterapkan pada bisnis kalian.

Tetap semangat para onlineshopers. Maaf ada selingan 'promosi colongan' di artikelnya. ^_^

Semoga kemudahan selalu menyertai kita. Wassalam.

Baca Juga: Saran, Tips & Trik Mendasar Memulai Berjualan Online

Baca Juga